Hindari asupan ini agar Anda tidak mengalami insomnia

Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, juga dapat menyebabkan perut mulas yang akhirnya membuat tidur makin sulit dilakukan.

405 views   |   2 shares
  • Tidur nyenyak di malam hari minimal 8 jam menjadi dambaan setiap orang, sebab di pagi hari badan akan terasa lebih segar dan tentunya kesehatan tubuh tetap terjaga. Oleh karena itu, supaya bisa memiliki kualitas tidur yang baik, maka harus memperhatikan beberapa hal penting seperti tempat tidur yang nyaman, pencahayaan redup, waktu tidur yang tepat dan tentunya jangan membawa masalah ke tempat tidur.

  • Namun demikian, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Salah satunya, yaitu berkaitan dengan jenis makanan serta minuman yang dikonsumsi. Ya, ternyata beberapa jenis makanan dan minuman jika dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan insomnia. Apa sajakah makanan dan minuman tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Makanan yang dapat menghasilkan gas

  • Mengutip penjelasan di laman http://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/makanan-yang-mengandung-gas-tinggi, beberapa jenis sayuran dan kacang-kacangan, seperti: brokoli, kacang polong, kembang kol, sawi, kubis, dan kacang panjang dapat menghasilkan gas di dalam perut. Gas di dalam perut inilah yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang karena dapat membuat perut terasa mulas. Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi membuat tubuh membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencernanya dan hal ini akhirnya membuat tidur makin sulit dilakukan.

  • Kafein

  • Makanan dan minuman berkafein tinggi seperti coklat, kopi, teh dan minuman berenergi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Imbas dari jantung yang berdetak lebih cepat akan membuat seseorang tetap terjaga dan secara otomatis membuat sulit tidur di malam hari.

  • Makanan mengandung gula tinggi

  • Sama seperti kafein, makanan manis memiliki kandungan energi yang tinggi. Energi yang berlebih di dalam tubuh akan membuat seseorang mengalami ketidakseimbangan pola tidur. Kurangi mengonsumsi makanan manis sebelum tidur, jika Anda mengharapkan tidur berkualitas.

  • Makanan pedas

  • Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, selain itu mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan perut mulas yang akhirnya membuat tidur makin sulit dilakukan.

  • Makanan asam

  • Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, makanan asam atau kecut dapat meningkatkan produksi asam lambung. Tentu Anda bisa membayangkan, jika tiba-tiba maag Anda kambuh di malam hari, dipastikan Anda tidak akan bisa tidur hingga dini hari.

  • Advertisement
  • Air putih

  • Terlalu banyak mengonsumsi cairan sebelum tidur akan membuat Anda harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Buang air kecil secara terus-terusan secara otomatis akan membuat waktu tidur Anda terganggu, hasilnya di pagi hari tubuh Anda akan terasa lesu akibat kurang tidur.

  • Daging

  • Daging adalah salah satu jenis makanan berprotein tinggi yang sulit dicerna oleh tubuh. Ketika Anda mengonsumsi daging sebelum tidur, maka tubuh membutuhkan energi lebih banyak untuk mencerna dan hal ini dapat membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak.

  • # Bagaimana agar memiliki tidur berkualitas?

  • Sebuah penelitian mengatakan bahwa rata-rata orang sehat membutuhkan waktu kurang dari 30 menit supaya tertidur lelap. Namun, pada kasus insomnia perlu diselidiki terlebih dahulu apa yang menyebabkan tidur menjadi terganggu.

  • Jika ada di antara Anda sedang mengalami kesulitan tidur, semoga beberapa tips di bawah ini dapat membantu.

    1. Hindari cahaya terang saat ingin tidur, sebaliknya tidurlah di tempat dengan pencahayaan redup atau gelap supaya tubuh Anda tidak tegang.

    2. Latih kebiasaan tidur yang baik. Tidurlah lebih awal di jam yang sama setiap hari dan hindari begadang untuk hal-hal yang tidak perlu.

    3. Bersihkan tempat tidur Anda dari barang-barang yang mengganggu, jauhkan pula dari suara-suara berisik yang dapat mengganggu kegiatan tidur Anda.

    4. Konsumsi susu sebelum tidur, susu dapat membuat suasana hati Anda bahagia.

    5. Sebisa mungkin hindari tidur siang secara berlebihan.

    6. Jangan melakukan aktivitas berat sebelum tidur, olahraga sebaiknya lakukan di pagi hari atau sore hari.

    7. Pastikan sudah menyelesaikan segala persoalan, jika tidak tidur berkualitas mustahil bisa Anda miliki.

    8. Jangan mengonsumsi alkohol dan rokok.

    9. Jika perlu mandilah dengan air hangat sebelum tidur, air hangat dapat membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

    10. Jauhkan segala perangkat gadget yang Anda miliki, matikan telepon genggam Anda agar tidak terganggu oleh suara panggilan atau notifikasi-notifikasi tidak penting.

    11. Cobalah berlatih pernapasan, yoga atau apapun jenisnya dapat membantu tubuh Anda rileks.

    12. Jangan pernah mengonsumsi obat tidur, jika tidak Anda akan menjadi ketergantungan.

    13. Berdoalah sebelum tidur agar hati, jiwa dan pikiran Anda menjadi tenang.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Hindari asupan ini agar Anda tidak mengalami insomnia

Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, juga dapat menyebabkan perut mulas yang akhirnya membuat tidur makin sulit dilakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr