Inseminasi buatan dan IVF, salah satu solusi untuk Anda yang masih berjuang untuk memiliki keturunan

Anda sudah menikah bertahun-tahun namun belum juga dikaruniai momongan? Tenang, di zaman modern ini, sudah ada berbagai teknologi untuk membantu Anda dan pasangan mendapatkan solusi dari kegundahan itu.

583 views   |   5 shares
  • Kehadiran buah hati adalah dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Namun takdir kadang berkata lain, entah masalah fisik atau psikis, kadang menjadi alasan-alasan sulitnya pasangan memiliki anak. Jika sudah begini, mungkin Anda butuh bantuan untuk melakukan proses pembuahan yang lain, seperti inseminasi dan IVF. Apa sih inseminasi dan In Vitro Fertilization (IVF)?

  • Kepala Morula IVF Indonesia Ivan Sini menjelaskan, prinsip inseminasi adalah dengan mengambil sperma dari suami. Kemudian, sperma yang berkualitas terbaik tersebut dibantu dengan alat untuk dapat masuk ke dalam liang vagina hingga dapat membuahi sel telur sang istri.

  • Selain mudah, metode ini tidak sakit dan lebih murah ketimbang program bayi tabung. Untuk prosesnya, biasanya 4-6 minggu sebelum jadwal inseminasi dilakukan, istri akan diberikan pil hormonal yang akan menstimulasi ovulasi. Kemudian pada hari inseminasi dilakukan, suami akan diminta mengeluarkan sperma dengan cara masturbasi. Lalu dokter akan mencuci dan memilih sperma terbaik. Kemudian dengan bantuan kateter sperma terbaik ini dimasukkan ke dalam rahim istri. Teknik ini dinamakan IUI (Intra Uterine Insemination).

  • Selanjutnya, 17 hari setelah proses inseminasi dilakukan dokter akan memeriksa apakah pembuahan sudah terjadi apa tidak. Jika gagal, maka Anda dan pasangan akan dianjurkan untuk melakukannya lagi sampai kesempatan ke empat.

  • Sementara itu, lanjut Ivan, prinsip bayi tabung merupakan proses pembuahan telur dan sperma yang dilakukan di luar tubuh sang Ibu. Untuk melakukan proses bayi tabung, sel telur matang akan diambil dari indung telur, kemudian akan dibuahi oleh sperma pasangan dengan medium cairan. Setelah embrio berhasil terbentuk, maka calon bakal janin ini akan dikembalikan ke rahim sang Ibu dengan harapan dapat berkembang menjadi bayi.

  • "Prinsip yang berbeda itu akhirnya menghasilkan tingkat keberhasilan yang berbeda pula. Secara umum, tingkat keberhasilan bayi tabung lebih besar daripada inseminasi," papar dokter spesialis kebidanan di RS Bunda ini.

  • Meskipun demikian, program bayi tabung merupakan sebuah proses yang panjang. Ada seleksi kelayakan mengikuti program bayi tabung; secara finansial, emosi dan kondisi kesehatan Anda serta pasangan secara keseluruhan. Usai uji kelayakan selesai, Anda akan distimulasi untuk memiliki telur lebih dari satu. Mengapa? Sebab untuk program bayi tabung diperlukan lebih dari satu sel telur untuk mendapatkan embrio.

  • Advertisement
  • Langkah selanjutnya, dokter akan memantau pertumbuhan folikel (cairan berisi sel telur) melalui USG, untuk mengetahui apakah sel telur sudah cukup matang untuk dipanen. Terkadang butuh obat untuk bisa memastikan telur matang dan siap diambil. Setelah matang, telur akan dipanen dan diproses di laboratorium.

  • Pada hari yang sama, sperma pasangan juga akan diambil dengan cara mastrubasi. Selanjutnya proses fertilasi pun dilakukan. Ketika embrio sudah jadi, maka dokter akan mentransfer embrio kembali ke dalam rahim.

  • Ivan mengatakan, untuk istri yang berusia di bawah 35 tahun, peluang keberhasilan inseminasi sekitar 10-15 persen. Sementara metode bayi tabung memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi yaitu sekitar 40-45 persen. Di sisi lain, biaya yang perlu dikeluarkan untuk inseminasi secara umum jauh lebih murah dibandingkan bayi tabung. Inseminasi memakan biaya sekitar Rp 5-7 juta, dan bayi tabung bisa mencapai puluhan juta rupiah.

  • Memang banyak keberhasilan pasangan akhirnya memiliki anak dengan kedua cara tersebut. Namun, ada hal lain juga yang patut jadi pertimbangan jika ingin melakukan IVF, ya. Selain kontroversi atau perdebatan seputar keabsahan prosedur buatan ini dari sisi agama, sisi moral juga memiliki tantangan yang tidak sedikit. Menurut dr. Tan Shot Yen dalam bukunya, Sehat Sejati yang Kodrati, karena mahalnya biaya, maka teknisi lab tidak mau ambil risiko dengan 'hanya' mempersiapkan 1 butir telur aja. Istri akan dipersiapkan secara hormonal untuk mampu mematangkan beberapa sel telurnya sekaligus yang tentu akan dibuahi oleh beberapa sperma terpilih.

  • Nah, bagaimana bila terdapat 3-4 pembuahan sempurna yang terjadi? Membahas kembar 2 mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana dengan sisa telur ke 3 dan ke 4 tadi yang sudah dibuahi, sudah menjadi calon embrio hidup, calon manusia. Para peneliti dari Cadence Minge Adelaide University Research Centre for Reproductive Health, Australia, pun mengatakan bahwa kini ilmu kedokteran masih tertantang dengan penelitian berkelanjutan terhadap tumbuh kembang anak yang berasal dari pembuahan buatan. Apakah mempunyai kecenderungan penyakit tertentu dan bagamana saat nanti mereka merencanakan keturunan juga?

  • Satu hal lagi yang penting diingat, proses menghasilkan keturunan, bagaimanapun caranya, tetap membutuhkan kelengkapan syarat utama, yakni: sel sperma dan sel telur yang sehat secara alamiah. Jadi, gaya hidup sehat dan pola makan seimbang tetap harus dilakukan. Menghindari polusi, asap rokok, rajin bergerak, banyak terpapar vitamin D dari matahari, mengonsumsi sayur dan buah alami, serta merawat cinta serta kasih sayang dalam kehidupan pernikahan tak bisa disepelekan. Justru merupakan poin utama, meski sudah ada inseminasi buatan maupun IVF sebagai solusi.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Inseminasi buatan dan IVF, salah satu solusi untuk Anda yang masih berjuang untuk memiliki keturunan

Anda sudah menikah bertahun-tahun namun belum juga dikaruniai momongan? Tenang, di zaman modern ini, sudah ada berbagai teknologi untuk membantu Anda dan pasangan mendapatkan solusi dari kegundahan itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr