MPASI instan atau katering bayi? Ini plus minusnya

Semakin marak pilihan yang ditawarkan bagi para ibu yang kesulitan menyiapkan makanan setiap hari bagi buah hatinya. Pilih catering bayi atau MPASI instan, ya? Ini pertimbangannya

271 views   |   2 shares
  • Setelah anak Anda lulus ASI ekslusif 6 bulan tiba saatnya memberikan makanan pendamping ASI. Bagi stay at home mom, mungkin hal ini bukan masalah karena Anda bisa mempersiapkan semuanya sendiri. Tetapi bagi working mom hal ini dapat menjadi permasalahan tersendiri. Menyiapkan makanan mpasi bagi bayi merupakan sebuah 'tantangan' karena ada kesibukan bekerja yang mengharuskan ibu untuk berangkat pagi dan pulang petang. Bagaimana mempersiapkan, mengolah dan memberikan makanan untuk anak? Ini tantangannya.

  • Di luar sana banyak pilihan yang ditawarkan, mulai dari makanan instant bayi yang mudah didapatkan di supermarket dengan berbagai jenis pilihan merk dan rasa, atau jika ingin makanan rumahan namun tidak sempat memasak maka catering bayi bisa menjadi pilihan. Namun ternyata ada plus minusnya di balik pilihan Anda ini. Yuk cari tahu apa saja itu:

  • Catering Bayi

  • Bagi sebagian ibu, catering bayi dianggap sangat praktis dan menyerupai makanan MPASI rumahan. Cocok bagi ibu yang menyukai menyukai makanan olahan alami namun tidak sempat masak sendiri. Praktis kan! Anda bahkan bisa mengetahui menu-menunya dalam 1 bulan, mengetahui kandungannya untuk meminimalisir kemungkinan alergi dan lain sebagainya.

  • Namun tentu ada kelemahan di balik kepraktisan catering bayi ini. Beberapa di antaranya adalah:

    1. Proses memasaknya belum tentu higienis. Anda tidak tahu bagaimana proses dan mengolah catering bayi tersebut dari bahan mentah sampai menjadi makanan siap saji. Apalagi saat ini banyak yang homemade catering bayi yang belum ada yang pengawasnya tertutama dalam hal kebersihannya.

    2. Nutrisinya harus diperiksa lebih lanjut. Anda perlu memeriksa lebih lanjut kandungan nutrisinya. Karena kebanyakan belum ada ijin BPOM, maka ada beberapa yang belum menerapkan standard kesehatan yang sesuai untuk bayi dan anak.

    3. Karena belum terdaftar, kebanyakan catering rumahan bayi dipopulerkan dari mulut ke mulut. Padahal tidak semua bayi cocok dengan kandungan di dalamnya, apalagi bayi-bayi sensitif yang rentang alergi dan diare.

  • Di balik kekurangannya, catering bayi juga memiliki banyak kelebihannya. Antara lain:

    1. Makanan rumahan. Catering bayi biasanya mengusung tema makanan rumahan sehingga banyak orang tua yang cocok karena menunya pun familiar dan menu rumahan.

    2. Makanan bayi banyak yang diproses langsung sendiri dan tidak melalui proses pengolahan yang lama seperti pengolahan pabrik sehingga kebanyakan bebas dari bahan pengawet.

    3. Menu makanan bayi adalah menu rumahan sehingga memudahkan si kecil untuk beradaptasi terhadap menu rumah kelak setelah tidak lagi menggunakan makanan catering.

  • Advertisement
  • Makanan instant bayi

  • Makanan instant bayi banyak bertebaran di supermarket. Berbagai macam merk, jenis rasa dan kandungan yang membuat seringkali membuat kita kebingungan memilihnya. Tiap produk mengklaim produknya paling unggul dibanding lainnya, namun berikut ini kesamaan plus dan minusnya.

  • Kekurangannya:

    1. Melalui proses pengolahan yang panjang dari makanan jadi hingga berbentuk bubuk siap saji. Tidak jarang juga diberikan perasa dan bahan-bahan makanan artifisial.

    2. Menunya adalah menu rumahan yang dibuat menjadi instant siap saji seperti sop, rasa ayam dan lainnya Walau menunya sederhana layaknya menu rumahan, namun anak dapat memerlukan adaptasi saat nantinya harus disapih dari bubur instant ke menu makanan rumah.

  • Kelebihannya

    1. Mengandung zat zat tambahan yang sesuai dengan standard gizi karena sudah terstandarisasi BPOM. Zat zat vitamin dan gizi yang ditambahkan juga disesuaikan dengan kebutuhan anak usia tersebut.

    2. Mempunyai no BPOM. Makanan instant yang beredar di supermarket hampir semuanya mempunyai no BPOM sehingga tidak perlu khawatir soal keamanan dan kebersihannya.

  • Nah, pilih mana? Semua berbalik pada kondisi dan kebutuhan Anda masing-masing, dan bagaimana anak menerimanya. Jangan memaksakan bayi makan jika tidak menyukainya atau menghasilkan reaksi tertentu pada mereka.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

MPASI instan atau katering bayi? Ini plus minusnya

Semakin marak pilihan yang ditawarkan bagi para ibu yang kesulitan menyiapkan makanan setiap hari bagi buah hatinya. Pilih catering bayi atau MPASI instan, ya? Ini pertimbangannya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr