Selingkuh dan garis batas yang tidak boleh dilanggar

Masih mungkinkah kesetiaan dijunjung tinggi dalam sebuah hubungan seiring dengan perkembangan zaman?

5,007 views   |   67 shares
  • Ketika berhadapan dengan perselingkuhan, orang-orang cenderung mencari alasan untuk selingkuh seperti, "Aku tidak lagi mencintaimu", "Sudah tidak romantis lagi", "Dia mengabaikan saya", "Saya tidak lagi tergetar", "Rumah selalu berantakan". Daftar alasan tentu saja tidak ada ujungnya. Namun jika kita lihat lebih dekat, ada 2 hal umum dari beribu-ribu alasan untuk selingkuh: Pertama, membenarkan perselingkuhan dan kedua, menyalahkan pasangan.

  • Cinta menuntut komitmen yang harus berada jauh di atas perasaan, karena perasaan dapat pudar atau kehilangan nilai. Jelas bahwa seseorang tidak akan selingkuh jika ia bersedia untuk tetap berada di jalur yang semestinya, yaitu berkomunikasi untuk memulai kembali hubungan jika hubungan tersebut menjadi monoton, dan terus tumbuh baik secara individu maupun sebagai pasangan.

  • Saya heran betapa banyak orang selingkuh bahkan tanpa alasan: Di kantor atau di jalan, tiba-tiba ada yang menatap mereka, memuji mereka, tersenyum kepada mereka, ramah kepada mereka dan perselingkuhan pun terjadi tanpa alasan. Beberapa orang rela kehilangan keluarga mereka, pekerjaan dan bahkan teman. Beberapa menyesal atas konsekuensinya tetapi setelah semua terlambat.

  • Sudah banyak yang dikatakan tentang selingkuh, tetapi jauh melampaui berbagai alasan atau cara untuk mengatasi perselingkuhan, saya ingin menyoroti panduan sederhana berikut tentang bagaimana untuk menjadi dapat dipercaya. Karena mungkin saja untuk mengingat untuk mencintai meskipun ada godaan, dan godaan ini tidak boleh melebihi nilai-nilai, kebijakan dan cinta keluarga Anda.

  • Ada cara untuk menjadi sangat rasional dan tidak terbujuk oleh godaan. Berikut beberapa kiatnya:

  • Hindari godaan

  • Jika Anda tiba-tiba tertarik kepada orang selain suami atau istri Anda, segera hindari. Jangan mencari-cari alasan untuk dengan sengaja bertemu dengan orang ini; ingatlah selalu bahwa Anda memiliki komitmen kepada keluarga Anda dan pasangan Anda menunggu Anda di rumah.

  • Pikirkan konsekuensinya

  • Ini adalah nasihat bijak dan praktis yang kita semua tahu tetapi perlu untuk lebih sering diterapkan. Meskipun demikian, akan sangatlah berguna jika Anda memikirkan tentang mengambil langkah yang salah di dalam hubungan Anda. Berhentilah dan berpikir apa yang akan terjadi jika pasangan Anda mengetahui bahwa Anda tidak setia.

  • Jangan berpikir bahwa pasangan Anda tidak akan tahu; mereka akan tahu, maka jangan remehkan pasangan Anda. Tanyakan diri Anda jika Anda rela kehilangan kepercayaan dan cinta suami atau istri Anda; pikirkan rasa sakit yang akan anak-anak Anda rasakan serta citra diri Anda di mata mereka. Apakah Anda bersedia untuk mempertaruhkan apa yang telah Anda dan pasangan Anda buat selama bertahun-tahun penuh dengan cinta, upaya dan dedikasi?

  • Advertisement
  • Pikirkan perasaan mereka

  • Tempatkan diri Anda di posisi pasangan Anda dan tanyakan kepada diri Anda: apa yang akan Anda rasakan jika Anda mengetahui Anda sedang diperdaya?

  • Cari tahu apa yang gagal dalam hubungan Anda

  • Tanyakan kepada diri Anda: apa yang benar-benar membuat saya tertarik dengan orang ini? Mungkin saja ketertarikan ini menyingkap sesuatu yang salah di dalam pernikahan Anda atau dengan pasangan Anda.

  • Jangan penasaran

  • Bagi Anda dengan motivasi penuh hasrat untuk merasakan hal-hal baru, ingatlah bahwa merasakan sesuatu yang "baru" tidak sepadan dengan mengorbankan apa yang Anda miliki. Jika Anda benar-benar butuh sebuah perubahan dan sesuatu yang baru di dalam kehidupan emosional Anda, bicarakan dengan pasangan Anda.

  • Perselingkuhan menciptakan luka mendalam yang hampir mustahil untuk sembuh; meskipun sudah dimaafkan dan diberikan kesempatan kembali, semua tidak akan sama. Begitu kepercayaan telah dirusak, begitu komitmen dalam sebuah hubungan hilang, hampir tidak mungkin untuk pulih kembali. Berpikirlah kembali lain kali Anda merasakan hubungan Anda terasa salah, dan Anda merasa bahwa satu-satunya solusi adalah dengan selingkuh.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Yasmina Hasni dari artikel asli https://familyshare.com/23651/marriage/infidelity-a-fine-line-that-should-never-be-crossed karya Diana Cantor Martinez

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah Psikolog. Setelah 15 tahun bekerja di bidang organisasi saya merasa perlu perubahan. Karena itulah saat ini saya akan segera memimpin sebuah yayasan untuk membantu banyak wanita menemukan arti sebenarnya dalam hidup mereka. Menulis adalah salah satu passion utama saya.

Situs: http://elartedeamaryolvidar.blogspot.com/

Selingkuh dan garis batas yang tidak boleh dilanggar

Masih mungkinkah kesetiaan dijunjung tinggi dalam sebuah hubungan seiring dengan perkembangan zaman?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr