Menghindari diri dari jebakan rasa bosan

Bagaimana mengatasi rasa bosan yang timbul dari kehidupan monoton dan kurang bervariasi?

468 views   |   5 shares
  • Setiap hari Anda bangun pagi, menyiapkan anak-anak ke sekolah, makan pagi dan pergi belanja. Begitulah kehidupan Anda setiap hari. Atau bagi yang masih lajang, Anda bangun pagi, sarapan, pergi bekerja, pulang sore hari dan nonton televisi. Begitu setiap hari, lama-lama Anda bosan dan berpikir alangkah menjemukannya hidup ini! Lalu apa yang harus Anda kerjakan untuk mengatasi rasa bosan ini? Kreativitas! Itulah kuncinya, jawaban bagi Anda.

  • Melakukan sesuatu yang berbeda

  • Misalnya Anda dapat mencari jalan lain untuk pergi ke tempat kerja, mungkin agak lebih jauh sedikit, tetapi Anda menemukan pemandangan yang berbeda sehingga mengurangi kejenuhan Anda. Masaklah sesuatu yang berbeda, mungkin dari resep negara lain yang Anda lihat di siaran televisi atau majalah. Pergilah ke taman, jangan hanya duduk menonton televisi di rumah, selain membuat Anda melihat sesuatu yang lain, Anda juga menikmati olahraga jalan kaki yang dapat membuat Anda lebih sehat. Teleponlah seorang teman untuk menanyakan kabarnya dan buat janji untuk nonton bioskop bersama atau makan bersama.

  • Pergilah tamasya

  • Melakukan perjalanan merupakan cara untuk belajar banyak hal. Anda tidak usah pergi terlalu jauh, tergantung dari waktu dan dana yang Anda miliki. Jika Anda belum berkeluarga, Anda dapat mengajak satu atau dua orang teman untuk pergi bersama. Bahkan jika Anda harus pergi sendirian, hal itu tetaplah menyenangkan karena Anda dapat menikmati pemandangan, makanan dan rekreasi yang berbeda. Rencanakanlah semua ini jauh sebelum waktunya, karena dalam melakukan ini Anda merasakan kegembiraan dari pengharapan yang ada. Selain itu tentu saja perjalanan Anda menjadi lebih lancar karena persiapan yang matang.

  • Carilah hobi baru

  • Jika Anda semula tidak suka main golf atau merajut, cobalah melakukannya, atau carilah sesuatu yang dapat Anda gemari. Hobi yang menyenangkan dapat mematikan kebosanan. Jika Anda bukan ahlinya tetapi Anda tertarik untuk menanam anggrek/bonsai, Anda dapat selalu mencari tahu caranya melalui internet atau YouTube. Dari situ Anda bahkan dapat menghubungi orang-orang lain yang mempunyai minat sama, sehingga menambah wawasan pergaulan Anda.

  • Bentuklah kebiasaan baru

  • Anda tidak perlu berhenti dari pekerjaan Anda, namun cari tahu apa yang dapat Anda perbuat untuk mengganti jadwal Anda. Mungkin Anda dapat mengambil jadwal baru yang membuat Anda pergi bekerja lebih siang atau lebih awal. Dengan jadwal yang berbeda Anda dapat membentuk kebiasaan baru yang mengubah kehidupan Anda. Dengan bekerja lebih awal, Anda mempunyai lebih banyak waktu di sore hari yang dapat Anda manfaatkan untuk membentuk grup kecil di antara ibu-ibu tetangga guna merajut bersama atau sekedar mengadakan arisan. Begitu pula dengan bekerja lebih siang, Anda mempunyai waktu di pagi hari untuk merapikan rumah atau melakukan kegiatan lain seperti olahraga pagi.

  • Advertisement
  • Variasi dalam kehidupan inilah yang dapat membuat hidup Anda lebih menarik dan menjauhkan kebosanan. Tantangan-tantangan yang timbul dari perubahan hidup ini akan mengalahkan rasa jenuh. Anda tidak perlu merasa bosan baik karena Anda masih lajang atau sudah berumah tangga. Kreativitas Anda akan membuat Anda terbiasa mencari jalan keluar dalam keadaan apapun. Jika Anda masih juga merasa jenuh, ikutlah kegiatan sosial atau jadilah relawan di sekolah, rumah sakit dan tempat-tempat lain yang membutuhkan tenaga dan bantuan Anda. Hati-hatilah, kebosanan dapat membuat Anda jatuh ke kegiatan yang mengundang masalah, karena itu pastikan bahwa Anda memilih kegiatan yang sehat dan bermanfaat.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menghindari diri dari jebakan rasa bosan

Bagaimana mengatasi rasa bosan yang timbul dari kehidupan monoton dan kurang bervariasi?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr