Bagaimanakah hubungan antara olahraga dengan kesehatan jantung?

Perubahan kinerja jantung dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang dilakukan manusia. Oleh sebab itu, kesehatan jantung juga dipengaruhi oleh olahraga yang Anda lakukan. Lalu, sejauh mana hubungannya?

1,523 views   |   4 shares
  • Seperti yang Anda ketahui olahraga mempunyai sejuta manfaat. Olahraga adalah bagian dari gaya hidup sehat. Olahraga yang teratur dan tepat akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tubuh menjadi kuat, sehat dan risiko timbulnya penyakit menjadi minim. Aktivitas fisik seperti olahraga akan memengaruhi sistem kerja organ-organ tubuh Anda. Salah satunya adalah jantung.

  • Jantung merupakan organ vital yang memasok kebutuhan darah ke seluruh tubuh manusia melalui pembuluh darah. Jantung yang normal dan sehat akan berdetak 100 ribu kali setiap hari. Perubahan kinerja jantung dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang dilakukan manusia. Oleh sebab itu, kesehatan jantung juga dipengaruhi oleh olahraga yang Anda lakukan. Lalu, sejauh mana hubungannya?

  • "Sangat berhubungan antara olahraga dengan kesehatan jantung, olahraga yang teratur akan meningkatkan kinerja jantung. Meningkatnya kerja jantung akan ditandai dengan meningkatnya distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Saat kebutuhan darah yang mengandung oksigen telah terpenuhi, artinya jantung telah bekerja sesuai fungsinya. Meskipun olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda harus memperhatikan usia, riwayat penyakit dan daya tahan tubuh Anda juga. Jangan memaksakan olahraga jika kenyataannya kondisi tubuh Anda sedang tidak fit. Yang ada jantung Anda tidak siap menerima aktivitas olahraga yang Anda lakukan. Kerja jantung yang berlebihan hanya akan menimbulkan rasa sakit. Jika kondisi Anda demikian, sebaiknya pilih olahraga yang ringan-ringan saja " (Lilik, 52 tahun, Kediri)

  • "Karena olahraga adalah aktivitas fisik yang dilakukan tubuh dan jantung adalah bagian dari tubuh, maka keduanya sangat berhubungan. Pada umumnya, orang berolahraga supaya badan sehat, rileks, bugar atau untuk mencapai bentuk tubuh ideal. Intinya semuanya bertujuan untuk mendapatkan pola hidup sehat. Saat pola hidup kita tidak sehat, kita berisiko mengalami sakit jantung. Orang yang malas atau jarang berolahraga berisiko tinggi terkena penyakit jantung koroner dan stroke. Menjaga kesehatan jantung sangat penting kita perhatikan, salah satunya melalui olahraga yang teratur. Contoh olahraga yang dapat meningkatkan kualitas jantung kita adalah lari, jalan santai, bersepeda atau berenang. Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung kita, olahraga tersebut sangat mudah dilakukan dan sangat menyenangkan untuk dilakukan." (Dedy, 42 tahun, Kediri)

  • "Kesehatan jantung dan olahraga memiliki hubungan yang sangat erat. Penyakit jantung sangat beragam, ada serangan jantung, stroke, hipertensi, penyakit jantung koroner, atau nyeri pada dada. Semua penyakit tersebut bisa berakhir pada kematian. Sungguh menakutkan bukan? Semuanya itu bisa Anda antisipasi dengan berolahraga. Anda yang aktif dengan latihan-latihan olahraga terbukti lebih sehat dibanding orang yang tidak aktif. Sehingga olahraga merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya sakit jantung ataupun untuk mengobati penyakit jantung. Perlu diingat juga, kesehatan jantung dipengaruhi oleh pola hidup sehat lain selain olahraga. Pola makan tidak sehat, pola tidur yang tidak teratur, stres atau tekanan, kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol. Semuanya memengaruhi kesehatan jantung Anda." (Anjar, 35 tahun, Kediri)

  • Advertisement
  • Pada intinya, hiduplah sehat maka jantung Anda juga sehat. Hidup sehat perlu usaha, salah satunya adalah berolahraga. Jadi, sudahkah Anda berolahraga hari ini?

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Bagaimanakah hubungan antara olahraga dengan kesehatan jantung?

Perubahan kinerja jantung dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang dilakukan manusia. Oleh sebab itu, kesehatan jantung juga dipengaruhi oleh olahraga yang Anda lakukan. Lalu, sejauh mana hubungannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr