Sudahkah Anda puas dengan pekerjaan Anda?

Bagaimana cara Anda menentukan titik kepuasaan Anda dalam bekerja? Apakah Anda sudah puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang?

484 views   |   shares
  • Kebutuhan hidup manusia sangat kompleks. Untuk bertahan hidup, manusia butuh makan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, hiburan dan hidup bersosialisasi. Untuk itu setiap orang dewasa harus bekerja agar bisa memenuhi setiap kebutuhan-kebutuhannya. Pekerjaan setiap orang beragam, ada yang berprofesi sebagai pengusaha, karyawan, pedagang, dan lain-lain.

  • Apa pun pekerjaan Anda, Anda harus menikmati dan bekerja dengan sepenuh hati. Meskipun dalam bekerja kadang kala Anda menemukan kendala, tekanan dan rasa ketidaknyamanan, Anda harus tetap ikhlas dan bersyukur menjalani pekerjaan Anda. Wujud rasa syukur dapat Anda rasakan dari seberapa puas Anda dengan pekerjaan yang Anda telah lakukan. Terkadang saat masalah datang menghampiri, Anda akan merasa tidak puas dengan pekerjaan Anda.

  • Lalu, bagaimana cara Anda menentukan titik kepuasaan Anda dalam bekerja? Apakah Anda sudah puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang? Ketika Anda tidak puas dengan hasil pekerjaan Anda, tindakan apa yang Anda lakukan selanjutnya?

  • "Ketika kita mengawali pekerjaan dengan doa dan ucapan syukur, masalah apa pun yang datang saat kita bekerja niscaya tidak membuat kita kehilangan semangat untuk terus bekerja menyelesaikan setiap tanggung jawab kita. Kepuasaan dalam bekerja tergantung bagaimana kenyamanan yang kita terima di lingkungan tempat kita bekerja. Seberat apa pun pekerjaan kita, jika lingkungan dari dalam dan lingkungan di luarnya adem-ayem saja, saya rasa kita akan dapat bekerja dengan santai tanpa beban. Hasilnya, kita tentu akan merasa puas dengan pekerjaan yang telah kita lakukan." (Elen, 26 tahun, Kasir )

  • "Kepuasan pelanggan, rekan kerja dan pimpinan adalah tolak ukur kepuasaan saya dalam bekerja. Selama tidak ada kritikan dari rekan kerja, komplain dari pelanggan atau teguran dari pimpinan, saya merasa sudah cukup puas dengan pekerjaan saya. Artinya, saya telah bekerja sesuai prosedur yang telah ditentukan dan saya tidak melakukan kesalahan. Namun, bukan berarti saya menjadi cepat berpuas diri dengan tidak adanya penilaian negatif berhubungan dengan pekerjaan saya. Setiap hari merupakan proses belajar bagi saya untuk bisa menjadi karyawan yang berkompetensi." (Ginung, 27 tahun, Customer Service Officer )

  • "Hal ini yang sedang dialami oleh suami saya. Sebenarnya selama setahun dia bekerja, dia tidak puas dengan pekerjaannya. Dalam hal ini berhubungan dengan ketidakpuasan terhadap kebijakan perusahaan memberikan gaji. Sebenarnya penghasilan yang diterimanya setiap bulan tidak sebanding dengan beban pekerjaan yang diberikan kepadanya. Tanggung jawab yang besar, namun dihargai dengan imbalan yang tidak sebanding. Jika imbalan yang diberikan sesuai dengan tanggung jawab pekerjaannya, saya rasa suami saya akan lebih semangat lagi bekerja dan ia akan puas dengan apa yang dikerjakannya." (Fenda, 28 tahun, Ibu Rumah Tangga)

  • Advertisement
  • Kepuasan seseorang bekerja mencakup banyak faktor. Setiap orang berada pada titik kepuasan yang berbeda. Ada orang yang merasa puas saat target dalam sehari dapat direalisasikan, namun ada juga orang yang baru merasa puas jika sudah mencapai target dalam seminggu ke depan. Intinya, jangan cepat puas diri. Lakukanlah yang terbaik selama Anda bekerja. Motivasilah diri Anda sendiri untuk dapat menjadi pekerja yang unggul. Bebaskan semua pikiran negatif. Jangan cepat berpuas diri, karena hal tersebut hanya membuat Anda diam di tempat.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Sudahkah Anda puas dengan pekerjaan Anda?

Bagaimana cara Anda menentukan titik kepuasaan Anda dalam bekerja? Apakah Anda sudah puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr