Menerima dan Merayakan Budaya Lain

Memperkenalkan anak-anak tradisi dan budaya daerah atau bangsa lain membuat mereka mencintainya dan membuka pikiran mereka untuk menyadari akan adanya beragam budaya yang berlainan.

657 views   |   shares
  • Negeri kita kaya akan tradisi dan budaya dari ke-34 provinsi yang tersebar di seluruh Nusantara. Bila Anda sekeluarga kebetulan tinggal di daerah yang bukan tempat asal Anda, selain mengamati apakah Anda pernah menjalankan tradisi daerah di tempat Anda tinggal? Lebih dari itu, pernahkah Anda merayakan tradisi dan budaya bangsa lain? Anda sekeluarga dapat memetik banyak manfaat dari beragam tradisi dan budaya yang ada di sekitar Anda. Kata seorang dosen antropologi, "Tidak ada budaya yang aneh, yang ada hanyalah budaya yang berbeda."

  • Hari Besar

  • Tidak ada salahnya merayakan hari besar bangsa lain sekadar untuk lebih mengenal budaya mereka. Anak-anak juga dapat belajar banyak hal, menyukai kebudayaan lain dan dengan demikian mengajar mereka untuk menghargai dan menyukai bangsa lain. Keluarga kami beragama Kristen, namun kami juga merayakan Lebaran dalam arti kami menghormati hari puasa di bulan Ramadhan, memasak ketupat sayur dan kue-kue untuk dibagikan kepada tetangga yang beragama Islam dan untuk dinikmati sendiri. Di hari Lebaran kami bersitulahmi ke rumah para tetangga. Sebaliknya tetangga kami juga merayakan Natal dengan mengunjungi kami dan membuat kue-kue untuk kami. Sesudah kami tinggal di negeri Paman Sam kami merayakan budaya Thanksgiving setiap hari Kamis ke-4 di bulan November untuk mensyukuri segala berkat yang dilimpahkan Tuhan YME. Teman-teman kami mengundang untuk merayakan hari syukuran itu di rumah mereka. Kami juga menjadi relawan dengan memberi makan di tempat penampungan tunawisma.

  • Tarian

  • Tarian dari daerah atau negara lain tidak hanya menarik untuk ditonton, tetapi juga untuk dipelajari. Tapi kalau Anda ingin mencoba menari lilin tanpa bimbingan seorang ahli, janganlah memakai lilin yang menyala, salah-salah Anda harus memanggil pemadam kebakaran. Juga hati-hati kalau menari balet, jika belum benar-benar menguasainya jangan mencoba "split" (merentangkan kaki ke kanan dan ke kiri sampai paha menyentuh lantai), bisa-bisa Anda mesti ke tukang urut karena tidak mampu berdiri.

  • Makanan

  • "Tak kenal maka tak sayang," pepatah ini tidak hanya berlaku untuk orang, tetapi juga untuk makanan. Janganlah mengernyitkan hidung mencium bau masakan dari daerah atau negara lain. Ketika pindah ke Jawa Barat dari Jawa Tengah, Anda akan melihat betapa banyaknya macam soto. Soto Bandung, lain dari soto Betawi, lain dengan soto Jawa dan berbeda dari soto Madura. Begitu pun gado-gado, yang di Jawa disebut janganan dan di Jawa Barat dikenal dengan nama pecel. Sebaiknya singkirkan perasaan kedaerahan Anda dan bukalah mulut Anda lebar-lebar untuk mencoba setiap resep yang berbeda dari yang biasa Anda masak, ditanggung Anda akan menikmatinya. Tidak ada salahnya memperkaya kumpulan resep Anda dan memperkenalkan keluarga Anda dengan masakan yang beraneka ragam.

  • Advertisement
  • Pakaian

  • Betapa indahnya pakaian daerah atau nasional dari setiap provinsi atau negara. Sari dari India tidak kalah menariknya dengan kimono dari Jepang. Kebaya Jawa yang anggun dengan kain batik tulisnya yang bercorak indah juga sangat mempesona dan memberi keluwesan kepada pemakainya. Demikian pun kemben Bali yang dipadu dengan bunga-bunga penghias rambut hitam legam yang bak mayang terurai menambah cantik pemiliknya. Kaum pria pun tampak lebih keren memakai blangkon dan surjan serta sarung. Saya ingat anak-anak memakai baju daerah setiap hari Kartini untuk berparade di sekitar lingkungan perumahan maupun di sekolah.

  • Memperkenalkan anak-anak tradisi dan budaya daerah atau bangsa lain membuat mereka mencintainya dan membuka pikiran mereka untuk menyadari akan adanya beragam budaya yang berlainan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menerima dan Merayakan Budaya Lain

Memperkenalkan anak-anak tradisi dan budaya daerah atau bangsa lain membuat mereka mencintainya dan membuka pikiran mereka untuk menyadari akan adanya beragam budaya yang berlainan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr