Kenali jenis kulit Anda sebelum memilih sabun pencuci wajah

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu memilih pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

673 views   |   4 shares
  • Saat ini pembersih wajah dari berbagai merk banyak dijual di pasaran. Setiap produk ini, memiliki kandungan zat kimia yang tentu memiliki reaksi berbeda-beda bagi setiap jenis kulit. Itulah mengapa sebelum membeli produk perawatan kulit, terlebih dahulu kenali jenis kulit muka Anda agar mendapatkan produk yang tepat merawat tanpa merusak kulit Anda. Ya! Salah pilih produk dapat berakibat merugikan kulit Anda loh!

  • Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda mengenali jenis kulit Anda dengan lebih baik agar dapat memilih pembersih muka yang sesuai:

  • 1. Kulit normal

  • Jenis kulit ini memiliki kadar minyak dan kadar air yang seimbang pada wajah. Ini adalah kulit idaman setiap orang. Pori-pori yang terdapat pada jenis kulit normal berukuran kecil dan ketika disentuh terasa halus. Untuk jenis kulit yang satu ini, Anda perlu menggunakan pembersih yang soft-free atau pembersih yang ber-pH netral.

  • 2. Kulit berminyak

  • Kulit disebut berminyak karena memiliki kadar minyak yang berlebih. Pada umumnya jenis kulit ini mudah menimbulkan jerawat. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan? Untuk itu gunakan facial wash khusus bagi kulit berjerawat (meskipun Anda tidak berjerawat). Hindari juga pemakaian scrub karena dapat membuat kulit wajah Anda menjadi iritasi. Kurangi atau mungkin hindari pemakaian pelembab wajah, karena dapat membuat kulit Anda semakin berminyak.

  • 3. Kulit kering

  • Pada orang dengan jenis kulit kering, sering kali terlihat permukaan kulitnya bersisik dan kasar. Ini disebabkan kadar minyak dan air pada kulit sedikit. Pada Anda yang memiliki jenis kulit ini disarankan menggunakan pembersih wajah yang memiliki kadar busa rendah dan dapat menjaga kelembaban pada kulit. Agar kulit wajah Anda selalu kenyal dan lembut, hindari pemakaian sabun yang mengandung banyak busa.

  • 4. Kulit sensitif

  • Kulit sensitif rentan terhadap beberapa faktor, internal maupun eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi seperti stres dan banyak pikiran, sedangkan faktor eksternal terpengaruh pada paparan lingkungan seperti cuaca, polusi, dan sebagainya. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, disarankan menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan alami atau hanya mengandung sedikit zat kimia. Karena jika salah menggunakan pembersih, justru akan memperburuk kondisi kulit Anda. Konsultasi ke dokter kulit juga sangat disarankan bagi Anda yang kerap memiliki masalah mengganggu seputar kulit.

  • Gunakanlah pembersih wajah sesuai dengan jenis muka Anda secara teratur, agar wajah selalu terawat dan tampak semakin berseri. Jangan bingung memilih pembersih wajah sesuai jenis muka Anda, karena biasanya petunjuk tersebut jelas terpampang pada produk. Semoga informasi ini bermanfaat membantu Anda menjadi semakin percaya diri dengan kulit wajah yang menawan ya.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Kenali jenis kulit Anda sebelum memilih sabun pencuci wajah

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu memilih pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr