Sudah lengkapkah rutinitas perawatan gigi Anda setiap hari?

Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup untuk menghindari gigi kita dari segala risiko kerusakan. Lalu, apa sajakah yang masih perlu dilakukan?

157 views   |   shares
  • Apakah Anda menganggap sikat gigi saja sudah cukup untuk memelihara kesehatan gigi Anda? Lalu apa gunanya obat kumur? Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan gigi, salah satu yang terpenting ialah menyikat gigi. Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menyikat gigi paling tidak dua kali sehari. Sehabis bangun tidur dan sebelum pergi tidur. Apakah ada lagi hal-hal yang perlu kita lakukan selain sikat gigi?

  • Benang flos

  • Benang flos diperlukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Gigi kita yang terlalu rapat satu sama lain sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi saja. Karena itu diperlukan benang flos untuk lebih bersih lagi. Benang flos sekarang dijual dalam bentuk bertangkai juga. Anda tinggal memegang tangkainya dan menyelipkannya di antara gigi-gigi Anda. Lebih praktis karena Anda dapat menggunakan satu tangan saja, dibanding bila Anda memakai benang flos Anda harus memakai dua tangan untuk memegang setiap ujung benang itu. Tetapi bagi para pencinta lingkungan benang flos bertangkai mengakibatkan lebih banyak sampah.

  • Sikat gigi berbaterai

  • Sikat gigi yang memakai baterai lebih mahal harganya, namun banyak orang yang lebih suka memakainya karena pusarannya lebih kuat daripada memakai sikat biasa. Sikat seperti ini juga memiliki beberapa tingkat harga dan bentuk. Semua ini terserah pemakainya, mana yang lebih disukai dan dianggap lebih bermanfaat. Berapa lama kita hendaknya menyikat gigi? Dokter menganjurkan 2 menit setiap kali menyikat gigi cukup untuk merawat gigi kita. Selain gigi kita juga dianjurkan untuk menyikat lidah dan area di sekitar gigi kita sebentar untuk menghilangkan bakteri dan bau yang melekat.

  • Obat kumur

  • Ada orang yang terbiasa memakai obat kumur sehabis sikat gigi. Obat kumur memang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang bersarang di mulut. Ada baiknya menyimpan obat kumur di tempat kerja sehingga sehabis makan siang, bila Anda merasa terlalu repot untuk menyikat gigi, Anda dapat berkumur dengan obat kumur saja. Dengan demikian Anda menghilangkan bau mulut Anda karena habis menyantap sambal terasi atau kare pedas. Ada orang yang lebih suka mengunyah permen karet namun bagi yang mempunyai banyak tambalan gigi, permen karet dapat membuat tambalan itu lepas.

  • Selain menghilangkan bau mulut dan membunuh bakteri, obat kumur membantu melenyapkan sakit gigi. Gigi Anda yang berlubang cenderung mengakibatkan sakit gigi, bila Anda rajin berkumur dengan obat kumur sakit gigi dapat berkurang. Ini akibat dari matinya bakteri yang bersarang di lubang gigi. Untuk ini obat kumur yang original lebih bermanfaat daripada yang memiliki rasa bermacam-macam seperti orange, mint dan sebagainya.

  • Advertisement
  • Dokter gigi

  • Tentu saja sesudah semua itu Anda lakukan, masih ada satu lagi yang dapat memelihara kesehatan gigi Anda. Pergilah ke dokter gigi paling tidak setahun sekali, sehingga kerusakan gigi Anda dapat diperbaiki. Begitu juga hal-hal yang sulit dihilangkan dengan sekedar sikat gigi dan berkumur, misalnya karang gigi. Dokter memiliki peralatan lengkap untuk memelihara kesehatan gigi Anda. Baik untuk karang gigi, menambal gigi berlubang, memulihkan mahkota gigi dan lain sebagainya. Tetapi janganlah karena mengandalkan pemeliharaan gigi kepada dokter gigi, Anda melalaikan pemeliharaan gigi setiap hari. Sikat gigilah setiap hari dua kali paling sedikit dan bila dikehendaki bisa memanfaatkan obat kumur juga.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sudah lengkapkah rutinitas perawatan gigi Anda setiap hari?

Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup untuk menghindari gigi kita dari segala risiko kerusakan. Lalu, apa sajakah yang masih perlu dilakukan?
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr