'Mindful eating', tren baru turunkan berat badan

Berikan perhatian penuh pada makanan di depan Anda dan rasakan manfaatnya.

368 views   |   2 shares
  • Kapan terakhir Anda benar-benar memberi perhatian penuh pada makanan yang masuk ke dalam mulut Anda? Mencium aromanya, mengagumi bentuknya dan menikmati setiap kunyahannya, bagaimana makanan tersebut membangkitkan indera Anda yang lain.

  • Tahukah, ketika dengan kesadaran penuh menikmati seluruh proses makan, Anda akan mendapatkan kepuasan yang berbeda pada setiap rasa, aroma dan tekstur yang ada pada makanan. Bukan sekedar hanya makan kemudian habis lalu kenyang. Proses ini dikenal juga dengan 'mindful eating'.

  • Namun bukan sekedar menikmati saja, mindful eating juga memiliki manfaat lebih yaitu berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Dengan menerapkan mindful eating, tidak hanya sekedar menikmati sensasi dari setiap makanan tetapi Anda juga dengan mudah dapat mengontrol makanan yang masuk. Anda akan mengenali kapan tubuh merasa cukup kenyang, bukan makan sampai kekenyangan. Secara tidak langsung, Anda membantu tubuh mengontrol berat badan berlebih.

  • Mindful eating mudah Anda praktekkan sehari-hari. Yang terpenting Anda memiliki niat kuat untuk memulainya dan berdisiplin menjalaninya. Berikut 5 cara terbaik memulai mindful eating :

  • 1. Makan sambil duduk

  • Seakbrek kegiatan dan padatnya rutinitas seringkali membuat orang menyepelekan waktu untuk makan. Bahkan Anda tidak peduli lagi untuk benar-benar duduk menikmati hidangan di depan Anda. Pemandangan orang yang makan sambil berjalan atau tidur-tiduran sudah terlihat biasa. Padahal untuk mewujudkan mindful eating, Anda harus pada posisi duduk yang baik dan memberikan perhatian penuh pada santapan Anda.

  • 2. Mengunyah dengan baik

  • Proses mengunyah atau menghancurkan makanan menjadi bagian yang lebih kecil juga bagian mindful eatingdan berkaitan juga dengan sistem pencernaan. Anda harus mengunyah makanan yang masuk kurang lebih 20 kali setiap suapan sebelum menelannya. Proses mengunyah dan penguraian yang terjadi di mulut merangsang pembentukan air liur untuk membantu kinerja usus dalam menyerap energi dan nutrisi. Jadi jangan terburu-buru untuk makan.

  • 3. Makan tanpa gangguan

  • Artinya Anda tidak melakukan aktivitas lain selain makan. Saat ini seringkali aktivitas makan dibarengi dengan melakukan kegiatan lain seperti bermain gadget, menonton, berbicara dengan orang lain atau kegiata lainnya yang membuat Anda tidak fokus terhadap apa yang masuk ke dalam mulut Anda. Akibatnya, Anda kehilangan kenikmatan dari makanan yang disantap. Kadang-kadang, Anda tidak sadar bahwa makanan telah habis karena asik menikmati aktivitas lain. Mulai sekarang, cobalah mengubah kebiasaan ini dengan makan tanpa gangguan dari hal lain.

  • Advertisement
  • 4. Makan ketika mulai lapar

  • Sebisa mungkin makanlah tepat waktu. Disiplin terhadap jam makan, juga bagian dari mindful eating. Jangan menunggu saat sudah kelaparan baru makan. Makanlah saat ada sinyal bahwa Anda sudah mulai merasa lapar. Makan saat kelaparan atau kondisi yang sangat lapar, akan memicu Anda untuk melahap makanan secara cepat dan dengan porsi yang berlebih.

  • 5. Makan sesuai kapasitas lambung

  • Mindful eating membuat Anda tahu cara mengendalikan porsi makan. Makan banyak dengan porsi yang besar, bukan cara yang tepat untuk menikmati kepuasan dari makanan. Makanlah tidak melebihi kapasitas lambung Anda.

  • Mindful eating dapat berfungsi sebagai alarm bagi Anda karena ada keselarasan yang tercipta antara pikiran dan tubuh. Dengan metode ini Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional tanpa harus melakukan diet ketat. Perlu diingat bahwa makanan yang Anda konsumsi juga sebaiknya sehat dan bergizi, karena itu pun dari mindful eating. Anda secara sadar memasukkan makanan yang baik ke dalam tubuh, dengan cara yang baik pula.

Bantu kami menyebarkan

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

'Mindful eating', tren baru turunkan berat badan

Berikan perhatian penuh pada makanan di depan Anda dan rasakan manfaatnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr