5 asupan makanan yang efektif meningkatkan daya kerja otak pada anak

Menghadapi pola makan anak yang kerap berubah-ubah memang sering membuat sakit kepala. Namun jangan menyerah, karena asupan makanan yang baik akan berbuah baik pula untuk tubuh mereka kelak.

390 views   |   6 shares
  • Membesarkan anak di sela kesibukan tentu penuh dengan tantangan. Termasuk dalam hal mempersiapkan asupan makanan yang sehat dan dapat mengoptimalkan kinerja tubuh dan perkembangannya.

  • Walau sering mengalami kesulitan, namun jangan menyerah menyediakan berbagai jenis makanan sehat yang memiliki kandungan-kandungan penting bagi perkembangannya. Mungkin saja beberapa produk makanan yang ada di bawah ini tidak digemari anak Anda, namun ajarkan kepada mereka secara perlahan betapa pentingnya manfaat-manfaat makanan tersebut bagi tubuh mereka.

  • 1. Sayuran hijau dan buah-buahan

  • Kita beruntung hidup di alam tropis, di mana sayur-sayuran hijau seperti bayam, sawi dan lainnya dapat kita nikmati sepanjang tahun. Anda sudah mengenal manfaat bayam yang penuh dengan vitamin C dan E, penelitian menunjukkan manfaatnya dengan adanya peningkatan kemampuan kognitif pada tubuh seorang anak. Selain sayur, buah memiliki peranan penting dalam pertumbuhan otak anak. Berdasarkan penelitian, kandungan stroberi dan bluberi berfungsi untuk perkembangan kognitif dalam jangka panjang sekaligus berguna untuk melindungi stres pada anak.

  • 2. Susu dan produk olahannya

  • Susu dan produk olahannya kaya akan vitamin B-kompleks dan protein. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat berkontribusi membangun sel-sel otak dan mempertajam kinerja neurotransmitter yang berguna meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan pada anak-anak.

  • 3. Telur

  • Choline banyak didapat dari telur dan juga kacang. Kandungan ini penting untuk membentuk sistem sel daya ingat yang ada di otak. Semakin banyak sel yang dimiliki dari kandungan kholin akan membuat daya ingat anak lebih baik. Para peneliti gizi sejak lama mengetahui pentingnya bagi wanita hamil untuk mengonsumsi telur guna perkembangan otak bayi, begitu pula dengan pada anak-anak.

  • 4. Ikan tuna, sarden dan salmon

  • Sarapan pagi dengan sarden dan ikan tuna sangat baik untuk anak, selain harganya terjangkau, kandungan gizinya tidak kalah dengan salmon. Ketiga jenis ikan ini adalah sumber terbaik akan vitamin D dan Omega-3 yang melindungi otak dari kehilangan daya ingat dan penurunan kemampuan mental.

  • 5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

  • Memiliki kandungan protein tinggi asam lemak sehat, vitamin dan mineral. Berdasarkan banyak penelitian yang dilakukan, kacang-kacang dan biji-bijian dapat memperbaiki mood seorang anak sehingga mampu menjaga dan merawat sistem saraf agar tubuh tetap terkendali. Beberapa jenis kacang-kacangan yang berprotein tinggi antara lain: Almon, kenari, walnut. Sedangkan biji-bijian yang baik dikonsumsi antara lain chia seed, biji bunga matahari, biji labu kuning.

  • Advertisement
  • Berikan anak asupan makanan sehat setiap hari secara teratur. Konsisten dan bersabarlah dengan suasana makan anak yang kerap berubah. Berkreasilah dengan jenis makanan tersebut agar anak tertarik untuk mencoba dan memakannya. Jenis-jenis makanan di atas, baik dikonsumsi sebagai sarapan, makan siang dan malam, demikian pula sebagai camilan.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

5 asupan makanan yang efektif meningkatkan daya kerja otak pada anak

Menghadapi pola makan anak yang kerap berubah-ubah memang sering membuat sakit kepala. Namun jangan menyerah, karena asupan makanan yang baik akan berbuah baik pula untuk tubuh mereka kelak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr