Sudahkah Anda mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain?

Mengenal cinta dengan terlebih dahulu mencintai diri Anda sendiri. Sudahkah Anda menerima segala kelebihan dan kekurangan diri Anda?

779 views   |   11 shares
  • Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Indah dan membuat kita mabuk kepayang. Tapi tahukah, menjalin cinta dan menjalaninya tidak semudah dan secepat jatuh cinta? Bahkan seringkali dipenuhi drama naik turun layaknya serial telenovela. Tidak semuanya berjalan mulus seindah novel yang di baca. Banyak hal-hal tidak terduga yang dapat menjadi bom waktu yang mampu meledak sewaktu-waktu tanpa disadari.

  • Perlu Anda ketahui, untuk bisa dicintai dan dihargai seseorang perlu terlebih dahulu mencintai diri mereka sendiri. Hal ini penting, agar Anda bisa mengetahui cara mencintai seseorang dengan tepat. Kenapa? Berikut penjelasan saya:

  • Untuk tahu, Anda pantas dicintai

  • Pantaskah diri Anda dicintai? Bagaimana mungkin orang lain mau menghargai, jika untuk menghargai diri sendiri saja Anda sulit? Dengan mencintai dan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki, maka akan tampil lebih percaya diri menunjukkan bahwa Anda pantas dicintai.

  • Agar dapat menerima orang lain apa adanya

  • Cinta tidak hanya indah saat pandangan pertama. Anda mungkin melirik dari faktor fisik yang rupawan, sifat yang baik, pembawaan yang dewasa atau hartanya yang melimpah. Namun ketahuilah, di balik itu semua orang pasti memiliki kekurangan. Jika Anda tidak pernah mencoba untuk mencintai diri sendiri dengan kekurangan yang Anda miliki, maka akan lebih sulit bagi Anda untuk terbuka dan menerima kekurangan orang lain.

  • Agar Anda tidak tergantung dengan orang lain

  • Pasangan tidak selamanya ada untuk Anda. Ia dapat sewaktu-waktu meninggalkan Anda, baik karena maut ataupun perceraian. Jangan pernah bergantung pada pasangan dan berpikir ia selalu ada untuk Anda. Ketika Anda tidak mencintai diri sendiri, sewaktu-waktu saat ditinggalkan bisa saja Anda melakukan hal-hal yang dapat menyakiti diri sendiri. Tidak jarang orang melakukan hal-hal nekat seperti bunuh diri atau tertekan secara kejiwaan karena terlalu mencintai seseorang tanpa melihat kemampuan dirinya bertahan tanpa orang tersebut.

  • Agar Anda dapat lebih bahagia

  • Dengan mencintai diri sendiri berarti Anda dapat menerima atau mensyukuri apa yang Anda miliki di dunia ini. Meski sudah salah mengambil keputusan dalam hidup ini, Anda dapat selalu menikmatinya dan bahagia akan pilihan Anda. Begitupun kelak ketika Anda mencintai sesorang. Anda akan bahagia dan mensyukuri pilihan yang telah Anda buat. Tidak akan ada kata menyesal untuk itu.

  • Mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain akan terasa lebih indah karena Anda tahu apa arti cinta yang sebenarnya.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Sudahkah Anda mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain?

Mengenal cinta dengan terlebih dahulu mencintai diri Anda sendiri. Sudahkah Anda menerima segala kelebihan dan kekurangan diri Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr