Yuk berkenalan dengan fenugreek, si herbal ajaib banyak manfaat

Jika Anda ibu menyusui, mungkin kenal akrab dengan khasiat tumbuhan herbal yang satu ini. Namun, masih ada banyak manfaat lain yang dimiliki fenugreek loh! Ini beberapa di antaranya.

311 views   |   shares
  • Ibu menyusui tentu akrab dengan fenugreek. Jenis tanaman yang berasal dari Yunani ini adalah salah saru jenis rempah kaya manfaat, salah satunya yang terkenal adalah fungsinya menstimulasi kelenjar payudara untuk memproduksi ASI.

  • Fenugreek kaya akan Vitamin A dan C, zat besi serta fosfor. Fenugreek kaya akan vitamin A dan C, zat besi serta fosfor. Biji fenugreek adalah sumber yang kaya galactomannan polisakarida (karbohidrat kompleks). Fenugreek ini juga sering kali dikaitkan dengan bumbu masakan kari dari India.

  • Dilansir dari laman Livestrong, Kelly Bonyata dari International Board-Certified Lactation Consultant (IBCLC) menyarankan wanita yang ingin mengonsumsi fenugreek agar menggunakannya minimal 3500mg (setara dengan 6 kapsul fenugreek) per hari untuk mendapat hasil yang diinginkan. Jika meminum dalam bentuk bubuk teh. Di bawah dosis yang dianjurkan, maka khasiatnya tidak akan efektif. Fenugreek membantu memperlancar ASI dengan meniru cara kerja hormon estrogen dan merangsang produksi prolactin sehingga ASI menjadi lebih lancar.

  • Saya pernah mencobanya langsung. Diminum dalam bentuk bubuk dicampur dengan susu kedelai. Salah satu efek yang saya rasakan disamping produksi ASI bertambah adalah timbulnya juga bau badan khas rempah rempah fenugreek. Bau ini akan hilang dengan sendirinya saat saya berhenti mengonsumsi fenugreek. Efek samping lain bagi sebagian orang, fenugreek dapat menyebabkan perut kembung dan diare.

  • Perlu diingat, fenugreek tidak dapat mempertahankan terus menerus produksi ASI ibu. Perlu dibarengi dengan stimulasi dari menyusui langsung untuk tetap merangsang produksi terus bertahan.

  • Selain untuk membantu membuat asi berlimpah, fenugreek juga ternyata mempunyai khasiat lain seperti membantu menormalkan kadar kolesterol dalam darah,atau sebagai bumbu masak. Tanaman fenugreek juga dapat dioleskan ke kulit yang luka untuk membantu mempercepat penyembuhan luka bakar ataupun gigitan serangga. Fenugrek dalam pengobatan tradisional Tiongkok dikenal dengan nama Hu Lu Ba, diyakini berkhasiat sebagai penghangat dan penguat ginjal, penghilang demam dan pereda sakit. Bahan ini digunakan sebagai kandungan utama dalam pengobatan hernia dan sakit tenggorokan. Untuk menurunkan gula darah Anda bisa merendam biji fenugreek dan meminumnya secara rutin.

  • Tidak ada salahnya jika Anda memiliki tanaman fenugreek, bisa mencoba buktikan khasiatnya. Saya sudah mencobanya sendiri, dengan produksi ASI yang lancar hingga anak saya lulus ASI 2 tahun dengan stok ASIP yang melimpah. Selamat mencoba!

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Yuk berkenalan dengan fenugreek, si herbal ajaib banyak manfaat

Jika Anda ibu menyusui, mungkin kenal akrab dengan khasiat tumbuhan herbal yang satu ini. Namun, masih ada banyak manfaat lain yang dimiliki fenugreek loh! Ini beberapa di antaranya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr