7 hal yang menjadikan hubungan dengan kekasih memburuk

Hubungan dengan kekasih tidak selalu indah, seperti dalam film. Banyak hal yang dapat terjadi seiring dengan waktu. Meski pada umumnya, ada beberapa hal yang patut diketahui dan mungkin bisa dicegah sebelum terjadi.

619 views   |   6 shares
  • Hubungan percintaan tak selalu berjalan mulus. Semua hubungan pasti pernah diwarnai dengan pertengkaran, salah paham, bahkan saling menyakiti. Meski sebetulnya setiap masalah dalam percintaan selalu ada jalan keluarnya, namun tak sedikit pasangan yang mengakhiri hubungan karena terasa hubungan terus memburuk.

  • Salah satu penyebab hubungan asmara tak berjalan mulus, menurut Janelle Alex, seorang konsultan dari Inward Oasis adalah kurangnya komunikasi yang baik antara masing-masing pasangan. Rutinitas Anda dan pasangan seringkali membuat kualitas maupun kuantitas komunikasi berkurang. Seringkali aktivitas Anda berdua lebih sering dihabiskan di kantor dan saat ada waktu senggang, baik Anda maupun pasangan sudah cukup lelah dan memilih beristirahat saja di rumah.

  • Ketika terus terjebak dalam rutinitas seperti ini, hubungan Anda dan pasangan bisa semakin renggang. Namun ternyata tak hanya itu. Berikut 7 hal yang menjadikan hubungan dengan kekasih memburuk:

  • 1. Diam saat marah

  • Dalam kasus ini, pepatah 'Silence is Golden' jelas tidak berlaku. Saat marah atau kesal dengan kekasih, diam seribu bahasa bukanlah jalan keluarnya. Diam ketika bertengkar, hanya akan menambah masalah. Jangan berharap ia mau meminta maaf, malah dia akan semakin kesal. Cobalah ungkapkan apa yang ada di pikiran Anda agar masalah cepat terselesaikan. Tapi bila Anda termasuk tipe yang cenderung lebih memilih diam untuk meredakan emosi, ada baiknya memberi tahu si dia. Katakan kalau Anda perlu waktu sendiri dulu, sebelum membicarakan masalah. Jangan mengabaikannya.

  • 2. Emosi di masa lalu

  • Belum move on atau masih memendam perasaan kesal dengan mantan kekasih tentu saja memengaruhi hubungan Anda saat ini dengan kekasih. Masih membawa emosi di masa lalu membuat Anda tidak bisa menjalani hubungan asmara dengan baik. Bayang-bayang mantan kekasih masih ada, bahkan kenangan buruk pun masih Anda ingat. Move on tak hanya sekedar bisa menghilangkan cinta untuk mantan kekasih tapi juga melupakan segala kejadian buruk saat bersama sang mantan.

  • 3. Menghindari masalah

  • Menghindari pembicaraan tentang sebuah masalah yang sedang dihadapi dengan pasangan, bisa menjadi penyebab Anda berhenti bicara dengannya. Pembicaraan yang membuat Anda merasa tidak nyaman, seringkali mendorong Anda untuk membangun dinding pemisah yang menjadi jarak antara kalian berdua. Awalnya Anda mungkin merasa nyaman dengan situasi ini, tapi sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama karena hal ini bisa membuat hubungan memburuk. Hadapilah masalah tersebut, jangan didiamkan. Bicarakan baik-baik dengan pasangan dan carilah jalan keluar bersama sehingga masalah selesai dan hubungan kembali membaik.

  • Advertisement
  • 4. Bohong

  • Berbohong menjadi penghancur hubungan asmara. Entah itu dibohongi atau membohongi sama saja dapat menghancurkan kepercayaan seseorang. Sementara hubungan harus dipondasi dengan kepercayaan.

  • 5. Merasa selalu benar

  • Ketika Anda bertengkar dengan pasangan, seringkali komunikasi menjadi ajang kompetisi untuk menemukan siapa yang benar dan salah. Sebaiknya, komunikasi menjadi jembatan untuk menemukan sebuah solusi, bukan malah menjadi ajang dominasi. Cobalah untuk melihat kembali apa yang menjadi masalah Anda berdua. Kemudian, lihat masalah tersebut dari perspektif Anda maupun pasangan. Carilah letak ketidakcocokan dalam masalah itu dan secara bersama-sama mencari solusinya. Tidak ada yang menang dan yang kalah, kualitas komunikasi Anda berdua lebih penting daripada itu.

  • 6. Ekspektasi terlalu tinggi

  • Berharap kekasih akan seromantis seperti di dongeng, dan terlalu berharap banyak dari kekasih hanya akan membuat Anda merasa tidak puas hingga berakhir dengan kekecewaan. Hubungan yang sehat adalah saling menyadari bahwa masing-masing pasangan memiliki kekurangan. Tak ada manusia dan hubungan asmara sempurna, yang ada pada hubungan adalah saling bekerja keras demi hubungan.

  • 7. Posesif dan cemburu

  • Tidak banyak orang yang mampu bertahan dalam hubungan yang selalu bertengkar karena kecemburuan atau ada salah satu pihak yang super posesif dan pengatur. Jika pada awalnya pasangan atau Anda menerima begitu saja, lama-kelamaan 'tembok'' pertahanan akan runtuh dan berubah menjadi kesal.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

7 hal yang menjadikan hubungan dengan kekasih memburuk

Hubungan dengan kekasih tidak selalu indah, seperti dalam film. Banyak hal yang dapat terjadi seiring dengan waktu. Meski pada umumnya, ada beberapa hal yang patut diketahui dan mungkin bisa dicegah sebelum terjadi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr