Seberapa perlukah merayakan ulang tahun pernikahan bagi Anda dan pasangan?

Ulang tahun pernikahan sudah di depan mata. Perlukah merayakannya setiap tahun?

798 views   |   6 shares
  • Perempuan adalah makhluk yang (ajaibnya) mampu mengingat hampir semua hal termasuk tanggal-tanggal penting dalam hidupnya.

  • Mulai dari tanggal 'jadian', tanggal pertama kali putus, tanggal ulang tahun suami, anak, orangtua, hingga—tentunya—tanggal pernikahan.

  • Sedangkan pria, hampir tidak mengingat semua tanggal ini. Seringkali hal ini memicu konflik suami istri. Karena bisa jadi, hal seperti ini bagi istri penting, tapi biasanya bagi suami biasa saja.

  • Saya suka memperhatikan beberapa teman wanita saya memposting peringatan tanggal bersejarah mereka di sosial media. Bahkan tidak sedikit yang merayakannya setiap bulan di tanggal yang sama. "Happy monthversary, beb" begitu tulis sang perempuan di semua akun sosial medianya dengan foto dan quote yang berbeda.

  • Sedangkan sang pria hanya satu postingan di salah satu akun sosial medianya. Saya suka tersenyum geli melihat hal ini. Saya kemudian berpikir kenapa sang pria hanya memposting 1 sosial media sementara sang wanita begitu hebohnya. Apakah rasa cinta sang wanita lebih besar sedangkan prianya biasa-biasa saja?

  • Jangan-jangan sang pria sebenarnya lupa. Saya juga pernah menonton sebuah iklan di televisi yang menceritakan bagaimana sang suami yang panik karna belum membeli hadiah padahal hari itu adalah ulang tahun pernikahan mereka sedangkan sang istri sudah mengharapkan kejutan spesial dari suami. Lalu, terlintas sebuah pertanyaan "Sebegitu pentingkah merayakan ulang tahun pernikahan?" Perlukah dirayakan setiap tahun?

  • Sebagai makhluk penyayang wanita pastilah ingin disayang dan dimanja serta diperhatikan. Setiap istri tentu menyukai perhatian dari sang suami termasuk dalam hal mengingat ulang tahun pernikahan kita.

  • Terkadang dengan hanya dia mengingatnya dan memberi ucapan duluan saja sudah cukup dan membuat hati kita bahagia. Permasalahanya hal ini penting buat kita tapi buat pria biasa saja. Jangankan kado atau bunga atau ucapan manis, mengingat tanggalnya saja tidak. Ini membuat kita uring-uringan sepanjang hari.

  • Apalagi jika melihat postingan teman kita yang diajak dinner romantis oleh suaminya untuk memperingati ulang tahun pernikahan mereka, foto hadiah-hadiah mereka, membuat kita mulai membanding-bandingkan suami kita dan menjadi istri yang tidak bahagia.

  • Lantas, apakah kado mahal, ajakan dinner di restoran mewah atau liburan ke luar negeri menjadi ukuran rasa sayang dan perhatian suami terhadap kita? Sejak kapan perayaan ulang tahun pernikahan menjadi penentu dari kebahagiaan kita? Terlalu kejam kalau kita menilai rasa cinta suami dari ingat atau tidaknya dia akan ulang tahun pernikahan kita.

  • Advertisement
  • Daripada kita bersedih hati dan membanding-bandingkan suami kita lalu akhirnya menjadi orang yang tidak bisa bersyukur, lebih baik bicarakanlah dengan suami jika memang buat Anda merayakan hari jadi pernikahan itu penting. Karena, bukannya pria tidak mau tapi bisa jadi dia tidak tahu bahwa hal itu penting buat Anda.

  • Jika suami bukan tipe yang super romantis, turunkan harapan Anda yang muluk semacam drama romantis Korea. Terkadang memang harapan tidak seindah kenyataan. Nah, daripada hari spesial Anda malah berakhir tragis, lebih baik Anda coba cara lain.

  • Misalnya, Anda bisa ingatkan dia 1 minggu sebelum hari jadi Anda berdua sehingga siapa tahu sang suami tergerak hatinya untuk membelikan kado dan merencanakan bersama-sama bagaimana kalian akan merayakannya. Anda bisa merencanakan liburan ke tempat favorit Anda berdua, movie time atau mengajaknya mencoba restoran baru atau mencoba resep baru bersama.

  • Dengan begini Anda bahagia dan suami juga bahagia. Win win solution. Namun, jika Anda memang sangat menginginkan kejutan spesial dari suami, tidak ada salahnya mengutarakannya kepada suami. Ceritakan bagaimana Anda menyukai dan mengharapkan kejutan dari dia. Tapi, Anda juga perlu menyiapkan diri dan hati jika sang suami masih saja lupa atau kejutannya tidak seperti bayangan Anda.

  • Well, penting atau tidaknya merayakan ulang tahun pernikahan itu kembali lagi kepada masing-masing pribadi kita dengan pasangan. Sama seperti merayakan ulang tahun kita. Toh, Anda bisa mengenang hari pernikahan setiap hari. Namun, tidak ada salahnya juga jika memang Anda mempunyai kebiasaan merayakannya setiap tahun sebagai wujud ucapan syukur Anda berdua.

  • Happy Anniversary! Semoga cinta Anda berdua semakin kuat sampai maut memisahkan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Seberapa perlukah merayakan ulang tahun pernikahan bagi Anda dan pasangan?

Ulang tahun pernikahan sudah di depan mata. Perlukah merayakannya setiap tahun?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr