5 trik berkomunikasi dengan suami yang keras kepala

Jangan kehabisan akal bagaimana berkomunikasi dengan suami yang keras kepala. Ini 5 triknya.

6,883 views   |   33 shares
  • Lelah menghadapi sang suami yang keras kepala? Setiap komunikasi rasanya seperti menghadapi tembok? Berunding dengan suami menjadi pekerjaan yang melelahkan dan menghabiskan banyak energy sehingga membuat Anda malas dan berujung pada perang dingin.

  • Jika ini situasi yang Anda hadapi sehari-hari, berikut ada 5 kiat cara efektif untuk berkomunikasi dengan si kepala batu.

  • Hal pertama yang harus Anda ingat adalah batu yang keras sekalipun dapat dihancurkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya oleh tetesan air. Oleh karena itu, kiat pertama berkomunikasi secara efektif dengan si kepala batu adalah menjadi seperti air. Datang dengan kondisi yang tenang, hati dan pikiran Anda harus tenang. Jangan terbawa emosi. Dengan menjaga emosi dan ketenangan, Anda dapat berpikir lebih jernih sehingga dapat menyampaikan maksud Anda lebih baik.

  • Selayaknya para tukang batu menggunakan berbagai macam alat untuk menghancur batu, cara kedua dalam berkomunikasi dengan si kepala batu adalah gunakan taktik. Kita juga perlu menggunakan taktik untuk menghadapi si kepala batu ini. Ini tentu butuh jam terbang dan trial and error. Cara terjitu biasanya adalah dengan mengajak sang suami makan sambil mengobrol. Mulut terbuka, hati terbuka, perutpun kenyang. Atau ajak dia ke tempat favoritnya sehingga dia ada dalam mood yang baik. Jika dia ada dalam kondisi hati yang baik tentu dia akan mendengarkan Anda lebih baik.

  • Sebelum seorang tukang batu menghancurkan sebuah batu, ia perlu memahami karakteristik batu itu sehingga dia dapat menggunakan alat terbaik untuk menghancurkannya. Hal yang sama juga berlaku untuk menghadapi suami yang keras kepala. Anda perlu memahami cara dia berkomunikasi. Apakah dia tipe komunikasi lisan atau tulisan? Jika suami Anda termasuk tipe berkomunikasi secara tulisan, maka mungkin Anda perlu menyampaikan maksud Anda atau keluh kesah Anda secara tertulis. Jika Anda merasa cara ini merepotkan karena Anda adalah tipe lisan, berbesar hatilah dengan mengalah sekarang dan perlahan-lahan ajarkan dia untuk berkomunikasi secara lisan. Toh, tidak ada salahnya Anda mengalah demi keutuhan rumah tangga Anda.

  • Cara keempat adalah pintar-pintarlah membaca dan melihat situasi. Apakah ini saat yang terbaik untuk menumpahkan kekesalan Anda terhadapnya? Apakah ia sedang dalam kondisi hati dan pikiran yang baik untuk mendengar keluhan Anda? Jika ia sedang dalam kondisi stres karena pekerjaan kantor, lebih baik tundalah keluh kesah Anda dan jadilah pendengar yang baik buat dia. Sampai ia rileks, barulah Anda dapat menyampaikan isi hati Anda padanya.

  • Advertisement
  • Cara kelima adalah persiapkan fakta dan data jika memang diperlukan. Terkadang berbicara dengan pria, Anda perlu mempersiapkan data dan fakta-fakta yang logis buat mereka. Apalagi jika suami Anda adalah tipe pria yang sangat logis. Maka, Anda perlu membekali diri dengan sekumpulan data dan fakta tentang apa yang akan Anda kemukakan padanya. Misalnya Anda sedang berusaha membujuk dia untuk mendukung Anda untuk memberikan ASI Eksklusif kepada buah hati Anda. Jika selama ini Anda berdua tidak menemukan kesepakatan, maka kumpulkanlah fakta, data tentang pentingnya ASIX buat buah hati. Jelaskan padanya apa yang sudah Anda pelajari, paparkan detail setiap data, sehingga masuk dalam logikanya. Ingat bahwa pria adalah makhluk logika dan bukan makhluk perasaan seperti wanita.

  • Nah, semoga ke-5 cara di atas dapat menolong Anda dalam berkomunikasi secara efektif dengan suami Anda. Teruslah mencoba dengan penuh kesabaran dan senyuman tulus.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

5 trik berkomunikasi dengan suami yang keras kepala

Jangan kehabisan akal bagaimana berkomunikasi dengan suami yang keras kepala. Ini 5 triknya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr