Kata-kata yang sebaiknya tidak dilontarkan kepada ibu hamil

Wanita hamil biasanya lebih sensitif dari biasanya. Maklum saja, saat mereka sedang hamil terjadi perubahan hormon yang drastis.

3,725 views   |   34 shares
  • Wanita hamil biasanya lebih sensitif dari biasanya. Maklum saja, saat mereka sedang hamil terjadi perubahan hormon yang drastis. Bagi wanita hamil, masa kehamilan merupakan masa membahagiakan tetapi juga masa sulit. Semuanya bercampur aduk. Perubahan hormon yang terjadi mengakibatkan emosi dan mood mereka kadang tidak stabil. Selain itu perubahan bentuk tubuh yang akan dialaminya, juga membuat mereka merasa cemas dan kurang nyaman. Itulah sebabnya mengapa wanita hamil harus dijaga perasaannya agar rasa cemas dan ketidaknyamanan yang dialami tidak menjadi beban bagi mereka.

  • Saat hamil, wanita lebih ingin dimanja, diperhatikan dan dituruti keinginannnya. Sebagai orang-orang yang berada di samping wanita hamil, Anda harus bisa menjaga perkataan Anda saat berhadapan dengan mereka. Walaupun Anda tidak bermaksud apa-apa atau sekedar bercanda, jangan sampai kata-kata atau ucapan Anda membuat wanita hamil tersebut malah tersinggung, sakit hati, tidak nyaman atau jangan-jangan menjadi mengamuk.

  • Meskipun tidak semua wanita hamil mood-nya seperti demikian, tetapi lebih baik mencegah daripada terjadi bukan? Berikut kata-kata yang sebaiknya tidak dikatakan kepada wanita hamil.

  • 1. "Badan kamu kok tambah gendut ya?"

  • Kalimat ini tidak pantas Anda katakan pada wanita hamil. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa saat hamil, seseorang akan mengalami kenaikan berat badan. Jadi untuk apa dipertegas lagi. Meskipun hamil, semua wanita sangat tidak suka dibilang gemuk loh!

  • 2. " Hamil kali ini, kamu terlihat jelek dan kurang menarik deh!. Jangan-jangan anak kamu nanti cowok loh!"

  • Daripada berkomentar tentang penampilannya yang terlihat kurang menarik, mending Anda berkata " Ke salon yuk, wanita hamil juga kan butuh perawatan!". Jangan keluarkan kata-kata yang dapat membuatnya minder dan kehilangan kepercayaan dirinya.

  • 3. " Apa makanan ini akan kamu habiskan semuanya? Memangnya yang tadi masih kurang ya?"

  • Sebaiknya perkataan ini Anda hindari, bisa-bisa nafsu makannya malah hilang saat mendengar perkataan Anda tersebut. Biarkan dia menikmati masa kehamilannya dengan menikmati makanan atau minuman kesukaannya. Jangan pernah protes dengan porsi makannya yang meningkat, ingat di dalam perutnya ada bayi yang juga memerlukan asupan makanan.

  • 4. " Wanita hamil tidak boleh makan inilah itulah, tidak boleh beginilah begitulah, wanita hamil banyak pantangannya loh!"

  • Halo, wanita hamil juga pasti sudah mencari informasi sebelumnya mengenai apa saja yang boleh dan apa saja yang tidak boleh ia lakukan, baik itu soal makanan atau pantang-pantangan lain yang berhubungan dengan kehamilan. Apalagi bila ia lebih berpengalaman dari Anda. Lebih baik jangan sok memberi saran.

  • Advertisement
  • 5. " Loh hamil lagi ya, padahal kakaknya masih kecil kan?"

  • Tidak ada yang tahu alasan dia hamil lagi. Jika Anda tidak mempunyai hubungan yang dekat dengannya, lebih baik hindari pernyataan di atas. Mungkin saja itu adalah kehamilan yang tidak direncanakannya. Daripada kaget atas kehamilannya, mending beri dia ucapan selamat. Katakan padanya bahwa anak adalah anugrah terbesar pemberian Tuhan.

  • 6. " Proses persalinan itu menyakitkan loh, apalagi persalinan normal. Ampun deh!"

  • Ketakutan semua wanita hamil adalah saat proses menjelang melahirkan. Itu sebabnya banyak juga wanita hamil yang memilih operasi Caesar daripada harus melahirkan normal untuk menghindari proses yang katanya menyakitkan. Daripada membuatnya semakin stres memikirkan proses melahirkan, lebih baik memberi dia semangat dan kata-kata yang yang positif.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Kata-kata yang sebaiknya tidak dilontarkan kepada ibu hamil

Wanita hamil biasanya lebih sensitif dari biasanya. Maklum saja, saat mereka sedang hamil terjadi perubahan hormon yang drastis.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr