4 Nasihat dalam Mengajar Anak Laki-Laki tentang Kesucian

Kita bisa mengajarkan kepada anak laki-laki kita sejak usia dini bahwa mereka harus suci secara moral, bersih dalam pikiran, kata-kata dan perbuatan mereka.

15,607 views   |   8 shares
  • Sebagian besar fokus yang kita baca mengenai kesucian ditujukan kepada putri kita. Namun, putra kita juga perlu memahami pentingnya menjaga diri mereka tetap suci sama seperti yang dilakukan oleh para remaja putri. Abaikan pesan-pesan duniawi yang mengatakan tidak masalah menonton pornografi dan tidur dengan gadis-gadis sebelum mereka menikah. Hidup seperti itu menciptakan ketidakstabilan dan sakit hati.

  • “Hanya para pria dan wanita yang saleh mampu menciptakan cinta yang sejati.” Ujar Paus Yohanes Paulus II. Mengajar anak laki-laki kita pentingnya menjaga kesucian bisa membuat perbedaan antara kehidupan yang bahagia dan frustasi. Berikut adalah 4 gagasan untuk membantu para orang tua.

  • 1. Mengajar tentang kesucian sejak usia dini

  • Kita bisa mengajarkan kepada anak laki-laki kita sejak usia dini bahwa mereka harus suci secara moral, bersih dalam pikiran mereka, kata-kata dan perbuatan. Ketika mereka masih muda, kita bisa mengajarkan kepada mereka bagaimana untuk merawat tubuh mereka dan bagaimana untuk berpakaian dengan sopan. Jika pelajaran ini dimulai sejak awal, maka pada saat mereka beranjak remaja kesucian akan tertanam dalam benak mereka dan pengertian mereka akan benar dan salah dalam memperlakukan perempuan dengan kebaikan dan rasa hormat akan selalu diingat.

  • 2. Memilih teman-teman yang baik

  • Memilih teman-teman yang baik sangatlah penting bagi anak laki-laki agar tetap suci. Dari kebijaksanaan mereka yang menoleh ke belakang ke kehidupan di masa SMA mereka - memilih teman-teman yang baik adalah kunci agar tetap suci. Tekanan dari teman sebaya bisa membuat kewalahan. Jika teman anak Anda mengajaknya ke arah yang tidak benar, maka anak Anda akan mengikutinya. Menerima tantangan untuk melakukan hal-hal yang bodoh bisa berakibat menyakitkan dan kadang-kadang tidak bisa diubah. Teman yang baik bisa membuat perbedaan dalam kehidupan anak laki-laki, akan membuatnya aman dan senang.

  • 3. Ajari anak laki-laki bagaimana untuk menghormati para wanita dan gadis

  • Ada banyak gadis yang berpakaian sekadar untuk mendapatkan perhatian. Dengan pemahaman bahwa perempuan adalah makhluk bermoral yang harus merawat tubuh mereka dan berpakaian secara sopan, anak laki-laki bisa memahami bahwa kesucian yang dilibatkan melebihi dari sekedar hubungan fisik. Kesucian melibatkan menjaga pikiran kita murni dan memperlakukan wanita dengan kebaikan dan rasa hormat. Contoh-contoh ketidaksopanan yang kita lihat di media harusnya dibahas dengan anak laki-laki kita dengan harapan mereka bisa memahami kebenaran arti dari memperlakukan para gadis dengan baik. Mengajarkan tata cara berpacaran yang benar meliputi tata krama yang baik kepada anak laki-laki Anda sehingga mereka bisa memahami kebenaran berkencan yang penuh hormat dan berhasil, dan yang sebaliknya. Sebuah cinta yang suci adalah cinta yang murni dan anak laki-laki perlu untuk memahami gagasan ini ketika mereka beranjak remaja.

  • Advertisement
  • 4. Tunda kencan hingga usia 16

  • Cara ini bisa sangat membantu dalam mengajar anak laki-laki agar tetap suci. Tidak ada tekanan untuk mendorong hubungan yang melampaui batas, terutama ketika belum dewasa. Dukung kegiatan-kegiatan kelompok dengan teman-teman remaja untuk membentuk keluwesan dan merasa lebih nyaman. Kita bisa membantu mereka memahami bahwa kesucian berarti tidak melakukan hubungan seksual apapun sebelum pernikahan serta kesetiaan penuh kepada seorang wanita selama pernikahan.

  • Ada saran para ahli keluarga mengenai kegiatan kelompok, "Lebih baik mengatur kegiatan sekelompok remaja yang melibatkan sebuah kegiatan sehingga mereka bisa mengenal satu sama lain." Tak perlu diragukan bahwa pergi ke pesta atau acara-acara di mana minuman keras tersedia haruslah dihindari. "Mendorong aktivitas yang sehat untuk anak laki-laki Anda dan teman-teman remajanya akan sangat bermanfaat dalam membantunya agar tetap murni."

  • Dunia menyajikan begitu banyak tantangan kepada para remaja. Salah satu jalan di mana para orang tua bisa menolong adalah dengan mengajarkan betapa pentingnya menjadi suci. Mungkin susah bagi anak laki-laki untuk menjauhi godaan, terutama dalam situasi tertentu. Namun dengan didikan orang tua mereka dapat mengatasinya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli "4-tips-in-teaching-teenage-sons-about-being-chaste" karya Valerie Steimle.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Valerie Steimle is the mother of nine children who lives happily on the Gulf Coast of Alabama. She is the author of five books, all about strengthening the family, including "Thoughts from the Heart." Email: valeriesteimle@yahoo.com

4 Nasihat dalam Mengajar Anak Laki-Laki tentang Kesucian

Kita bisa mengajarkan kepada anak laki-laki kita sejak usia dini bahwa mereka harus suci secara moral, bersih dalam pikiran, kata-kata dan perbuatan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr