Suami sulit menabung. Bagaimana menyiasatinya?

Ketika penghasilan suami terkesan selalu kurang untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan tidak ada yang dapat disisihkan sebagai tabungan, berikut tips bagi Anda para istri untuk menyiasatinya.

1,744 views   |   1 shares
  • Kita semua pasti akan merasakan, setelah menikah dan berumah tangga masing-masing individu yang terjalin dalam sebuah ikatan pernikahan akan dituntut untuk memainkan perannya dengan baik. Bagaimana seorang suami yang bertugas mencari nafkah dan seorang istri yang bertugas mengelola rumah tangga. Kebanyakan suami selalu mendambakan memiliki istri yang terampil dalam mengelola rumah tangga termasuk dalam hal keuangan. Sehingga penghasilan yang didapat oleh suami dapat terarah dan terkendali untuk memenuhi setiap kebutuhan dalam rumah tangga mereka.

  • Disinilah peran dan tanggung jawab seorang istri diuji, tidaklah mudah ketika dihadapkan pada situasi dimana harus dapat memutuskan bagaimana memenuhi kebutuhan keluarga dibandingkan untuk memuaskan keinginan-keinginan yang sebenarnya mungkin masih dapat ditunda.

  • Seorang istri yang bijaksana dalam mengelola keuangan keluarga akan dapat mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi kesejahteraan bersama dalam berkeluarga. Meski hal ini tidak mudah untuk dilakukan, bahkan seringkali memusingkan para istri, namun jika berhasil dilakukan dan dijalankan bukan tidak mungkin dari pendapatan yang tidak terlalu besar pun seorang istri dapat menabung untuk keluarganya.

  • Beberapa tips berikut ini dapat menjadikan Anda seorang istri yang pandai dalam mengatur keuangan:

  • 1. Keinginan VS kebutuhan

  • Sebagai aktor yang memiliki peran dalam keluarga, Anda tentu mengenal dengan jelas setiap kebutuhan-kebutuhan yang penting dan tidak untuk dipenuhi dalam keluarga. Buatlah daftar setiap kebutuhan primer yang harus terpenuhi setiap bulannya, lalu kaji daftar tersebut jika saja ada hal yang dapat ditunda ataupun yang mungkin hanyalah sebuah keinginan Anda saja. Setiap bentuk keinginan memiiki ciri yang apabila tidak dipenuhi maka tidak akan membawa kerugian bagi seseorang.

  • 2. Ukur kemampuan ekonomi

  • Jika Anda mengetahui dengan cukup baik kondisi keuangan dalam keluarga, maka sudah pasti Anda juga sudah memiliki tolak ukur yang jelas tentang seberapa jauhkah kemampuan ekonomi yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Jika memang untuk dapat memenuhi kebutuhan tertentu belum dapat dipenuhi dengan membayar sesuatu yang diluar jangkauan, sebaiknya digantikan dengan sesuatu yang lain yang lebih terjangkau namun terasa manfaatnya.

  • Advertisement
  • 3. Membuat rencana keuangan

  • Alokasikanlah penghasilan yang dimiliki agar dapat menjangkau seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam sebulan. Jika memang ada uang yang tersisa jangan langsung dibelanjakan untuk sesuatu yang tidak penting. Anggarkan uang tersebut untuk menabung. Menabung dapat dijadikan anggaran keuangan untuk masa depan, ataupun jika ada hal yang tidak terduga.

  • 4. Hindari belanja konsumtif

  • Biasanya hal ini terjadi ketika ada diskon atau potongan harga pada beberapa barang ternama yang jarang memberikan potongan harga. Hal inilah yang seringkali mengacaukan seluruh perencanaan yang sudah matang sebelumnya. Ada baiknya Anda membuat daftar belanja sebelum pergi membeli barang-barang kebutuhan keluarga Anda.

  • Demikian beberapa tips yang dapat Anda sebagai istri lakukan untuk membantu keluarga, khususnya suami untuk dapat memiliki anggaran keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan yang baik tentu akan menunjang kesejahteraan keluarga dan membuat kehidupan keluarga semakin harmonis karena suami pun tentu akan merasa senang dan bangga jika istrinya mampu mengelola bahkan menabung dari penghasilan yang didapat untuk rumah tangganya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Suami sulit menabung. Bagaimana menyiasatinya?

Ketika penghasilan suami terkesan selalu kurang untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan tidak ada yang dapat disisihkan sebagai tabungan, berikut tips bagi Anda para istri untuk menyiasatinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr