Trik membuat anak tertarik mempelajari sejarah

Mendengar kata sejarah memang cenderung yang terlintas adalah hal yang membosankan bagi anak-anak. Namun, sejarah dapat menjadi sesuatu yang menarik loh bagi anak-anak. Berikut ini tips bagi Anda untuk membuat anak tertarik mengenal sejarah. ,

247 views   |   1 shares
  • Pelajaran sejarah kebanyakan terlalu kompleks untuk di cerna anak-anak, karena sejarah melibatkan konteks dan waktu. Untuk itu perlu mengajarkan keterkaitan kepada anak dari sejarah yang dipelajari dengan masa kini yang sedang dijalani olehnya.

  • Bagi anak, sejarah seringkali dianggap tidak menarik untuk dipelajari. Penyebab diantaranya adalah karena dalam pikiran anak setiap kejadian yang terjadi di dalamnya tidak secara langsung melibatkan dirinya ataupun orang yang dikenalnya.

  • Begitu banyak hal-hal yang dapat dipelajari oleh anak dari pengalaman dan lingkungan sekitarnya, karena itu mempelajari sejarah menjadi sangat penting agar setiap orang dapat belajar dari kejadian-kejadian di masa lampau agar tercipta masa depan yang lebih baik. Dengan keterlibatan Anda langsung sebagai orang tua ataupun guru, hal-hal tersebut dapat bermanfaat untuk membentuk karakter dan memperkaya wawasan untuk si anak.

  • Berikut cara-cara agar anak tertarik mempelajari sejarah :

  • 1. Awali dengan diri anak

  • Untuk orang tua ataupun guru yang akan memulai mengajarkan sejarah pada anak, dapat menggunakan materi yang ringan terlebih dahulu. Memperkenalkan anak pada asal-usul dirinya akan sangat bermanfaat, ajak ia membuat pohon silsilah keluarga sederhana sehingga ia dapat mengerti serta mempelajari tentang keterhubungan dirinya dengan orang-orang di sekitarnya.

  • 2. Gunakan cara yang kreatif

  • Mempelajari sejarah akan menjadi sebuah hal yg menarik jika dikemas dengan cara yang menghibur namun mendidik. Melakukan wisata bersama sebagai sarana mengajarkan sejarah pada anak dapat menjadi pilihan yang baik. Berikan pengetahuan sejarah-sejarah singkat terhadap objek yang menarik perhatian anak saat berwisata bersama Anda. Berwisata ke kebun binatang atau museum dapat menjadi pertimbangan yang dapat mendukung.

  • 3. Gunakan media bantu

  • Gambar atau foto juga dapat dipergunakan untuk memudahkan memberikan informasi kepada anak. Gambar dapat mewakili banyak kata-kata yang Anda berikan sebagai pengajaran, gunakan fasilitas internet pada smartphone atau presentasi Anda sehingga anak dapat mengerti dengan baik apa yang ingin Anda sampaikan.

  • 4. Belajar sambil bermain

  • Banyak sekali permainan-permainan yang berkaitan dengan sejarah. Sambil bermain anak dapat menyerap pelajaran yang Anda berikan dengan baik dibandingkan dengan cara yang biasanya. Beritahukan informasi-informasi yang berisikan materi sejarah namun berkaitan dengan apa yang sedang dimainkan oleh anak. Misalkan, permainan menulis dengan pena bulu, jelaskan padanya seperti itulah asal-usul sebuah pena di jaman sekarang.

  • Advertisement
  • Apabila berikutnya anak mengajukan banyak pertanyaan pada Anda, itu artinya cara yang Anda lakukan sudah cukup berhasil membuat ia tertarik mempelajari sejarah yang Anda sampaikan. Tidak perlu meminta anak menghafal, bawa ia untuk terus belajar dari sejarah. Kembangkan materi yang Anda berikan sehingga membuat ia ingin terus mempelajari sejarah dan tertarik untuk mempelajarinya sendiri. Dengan metode yang menyenangkan tentu ia akan terus mengikuti apa yang Anda ajarkan, karena biar bagaimanapun dunia anak adalah dunia bermain.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Trik membuat anak tertarik mempelajari sejarah

Mendengar kata sejarah memang cenderung yang terlintas adalah hal yang membosankan bagi anak-anak. Namun, sejarah dapat menjadi sesuatu yang menarik loh bagi anak-anak. Berikut ini tips bagi Anda untuk membuat anak tertarik mengenal sejarah. ,
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr