Kenali gejala 5 masalah kesehatan ini lewat dengkuran Anda

Mendengkur adalah gangguan tidur yang patut Anda waspadai. Dengkuran dengan frekuensi dan intensitas tinggi, mengirimkan sinyal tentang kesehatan tubuh Anda. Ini 5 masalah kesehatan yang berkaitan dengan kebiasaan mendengkur Anda.

578 views   |   3 shares
  • Anda mungkin mengira, mendengkur hanyalah pertanda Anda terlalu lelah atau menandakan tidur yang begitu lelap. Dengkuran terjadi karena tertutupnya sebagian jalan nafas pada bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan. Ketika otot leher terlalu melemas, penutupan ini terjadi dan jalan nafas yang tersisa terlalu sempit untuk dilalui udara menuju paru-paru.

  • Ternyata, mendengkur merupakan gangguan tidur yang perlu Anda waspadai. Dengkuran Anda, khususnya jika frekuensi dan intensitasnya tinggi, justru mengirimkan sinyal tentang kesehatan Anda yang bermasalah. Telusuri 5 masalah kesehatan ini yang dapat terindikasi dari dengkuran Anda.

  • 1.Sleep apnea

  • Sleep apnea adalah salah satu bentuk kelainan tidur yang merupakan manifestasi dari mendengkur tingkat keparahan tinggi. Pada sleep apnea, penderita dapat mengalami berhentinya nafas dan kemudian bernafas kembali. Biasanya penderita sleep apnea akan bangun dalam kondisi mulut dan tengorokan kering. Sleep apnea juga dapat diikuti oleh gangguan tidur lainnya seperti sulit tidur (insomnia) dan rasa kantuk berlebihan di siang hari (hypersomnia).

  • 2. Gangguan kardiovaskular

  • Sebuah penelitian di RS Henry Ford, Detroit, AS menemukan bahwa mendengkur berkaitan dengan penebalan dinding bagian dalam (intima media) pembuluh arteri karotid. Pembuluh arteri karotid mengangkut darah menuju otak. Penebalan ini merupakan pertanda awal dari penyakit arteri karotid dimana terjadi penyumbatan pembuluh tersebut dan meningkatkan risiko stroke. Selain itu, mendengkur keras dalam jangka panjang dapat membawa pada gangguan ritme jantung yang dinamakan atrial fibrillation. Kondisi ini dapat berkomplikasi fatal pada penggumpalan darah dan gagal jantung kongestif. Hal ini terjadi karena terjadi pembesaran atrium kiri pada jantung pada waktu yang lama.

  • Advertisement
  • 3. GERD

  • GERD atau Gastroesophangeal Reflux Disease adalah sebuah kondisi kronis di saluran pencernaan. Penderita GERD akan mengalami naiknya asam lambung atau isi lambung hingga mengalir kembali ke esofagus dan terjadi iritasi pada esofagus akibat peristiwa refluks ini. Mendengkur dan GERD saling berkaitan. Ketika tenggorokan menutup selagi terjadi pergerakan udara keluar-masuk di waktu tidur, terjadi perubahan tekanan yang mampu menyedot isi lambung hingga ke esofagus. Salah satu faktor yang menghubungkan adalah kelebihan berat badan. Oleh karena itu, pengaturan berat badan di angka normal, akan mengurangi risiko mendengkur sekaligus GERD.

  • 4. Alergi dan sinusitis

  • Suara dengkuran menunjukkan adanya hambatan pada saluran hidung Anda. Ini lumrah terjadi pada penderita alergi dan sinusitis. Terjadi kondisi yang dinamakan deviated septum, yaitu berubahnya struktur pada dinding hidung yang memisahkan nostril-nostril hidung Anda. Polip hidung juga dapat menyebabkan hambatan ini.

  • 5. Kelebihan berat badan (overweight)

  • Mendengkur dapat terjadi karena tubuh Anda memiliki kelebihan lemak di sekitar tenggorokan dan leher. Hal ini dapat mempersempit jalan nafas dan aliran udara yang terjadi menimbulkan suara dengkuran. Selain itu, massa otot Anda berkurang sehingga jaringan lunak di sekitar tenggorokan menjadi lebih lemah. Akibatnya, suara dengkuran Anda pun menjadi lebih nyaring. Hubungan lain terjadi sebaliknya. Mendengkur juga dapat menyebabkan Anda mengalami obesitas. Mendengkur akan menurunkan kualitas tidur Anda, terutama jika Anda mengalami tingkat keparahan tinggi yang mengarah ke sleep apnea. Anda dapat mengalami kekurangan waktu tidur. Sebuah studi di University of Chicago menyebutkan, kurangnya jam tidur akan mengubah metabolisme tubuh. Anda menjadi lebih mudah lapar dan nafsu makan menjadi tidak terkendali.

  • Advertisement
  • Menyembuhkan diri dari mendengkur tentu berawal dari menegakkan kebiasaan hidup sehat. Pengendalian berat badan, menghindari merokok, narkoba, dan minuman beralkohol, serta berolahraga teratur akan membentuk kesehatan tubuh yang prima. Tidur Anda pun menjadi lebih berkualitas dengan jam istirahat yang tepat.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Kenali gejala 5 masalah kesehatan ini lewat dengkuran Anda

Mendengkur adalah gangguan tidur yang patut Anda waspadai. Dengkuran dengan frekuensi dan intensitas tinggi, mengirimkan sinyal tentang kesehatan tubuh Anda. Ini 5 masalah kesehatan yang berkaitan dengan kebiasaan mendengkur Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr