5 cara menghibur teman yang sulit mendapatkan tambatan hati

Sahabat yang baik adalah seseorang yang selalu ada bukan hanya di masa senang namun juga di masa sedih. Bagaimana sikap Anda jika mempunyai sahabat yang tak kunjung menemukan tambatan hati?

497 views   |   2 shares
  • Jika ada teman yang bersusah hati, Anda sebagai sahabat tentu juga akan merasa risau. Teman Anda mungkin bersedih karena hal-hal yang umum terjadi pada manusia umumnya, namun ada juga beberapa hal yang di luar perkiraan kita yang menjadi ganjalan hatinya. Sebagai sahabat tentu Anda juga ingin dapat menghibur atau bahkan memberikan solusi terbaik untuk mengurangi beban yang dirasakan olehnya.

  • Bagaimana jika sahabat terdekat kita tiba-tiba bercerita tentang perasaannya yang risau tentang pasangan hidup yang belum juga didapatkannya? Sedangkan mungkin di mata sahabat Anda adalah seorang yang sering bergonta-ganti pacar? Tentu hal ini dapat menjadi jurang pemisah yang cukup serius jika terlalu lama dibiarkan terjadi.

  • Berikut beberapa tips jika Anda memiliki sahabat yang sulit menemukan tambatan hatinya:

  • 1. Tunjukkan bahwa Anda selalu ada untuknya

  • Apapun masalahnya, selalu ada dan mau mendengarkan adalah hal paling penting untuk dilakukan terhadap seseorang yang sedang memiliki masalah. Karena biasanya mendengarkan dengan sungguh-sungguh jauh lebih berarti dibandingkan dengan bahasa tubuh yang lain. Katakan pada sahabat Anda bahwa Anda dapat dihubungi kapanpun ia mau, dengan menjadi sahabat berarti selalu ada walaupun pada saat-saat yang tidak menyenangkan.

  • 2. Lewatkan waktu bersamanya

  • Jangan biarkan sahabat Anda hanya menyendiri atau bahkan menjauh dari Anda, tetap jaga hubungan Anda bersamanya walaupun Anda sendiri telah memiliki kekasih yang juga membutuhkan perhatian. Dengan meluangkan waktu untuk tetap bersama sahabat Anda, ia akan merasa nyaman dan jauh lebih tidak memikirkan hal-hal yang negatif.

  • 3. Jangan menjadi 'perantara'

  • Kebanyakan yang terjadi seorang sahabat yang memiliki teman belum memiliki pacar, mereka berusaha mencarikan kekasih untuk sahabatnya. Hal ini mungkin dapat menjadi solusi ketika segalanya berjalan dengan baik namun juga dapat melukai perasaan sahabat Anda ketika Anda justru terlihat terlalu bersemangat mencarikannya pasangan.

  • 4. Berempati bukan bersimpati

  • Bersimpati terhadap situasi yang sedang dialami seseorang khususnya situasi yang tidak menyenangkan seringkali lebih condong kearah sikap kasihan, bukan turut merasakan situasi yang dialami olehnya. Apa yang harus dirasakan oleh sahabat Anda adalah bahwa ia mengetahui bahwa masalah yang dihadapinya bukan hanya milliknya sendiri tetapi ada Anda yang juga seperti menerima permasalahan yang sama.

  • 5. Berikan kritik yang membangun

  • Advertisement
  • Mengkritik seseorang bukanlah perkara yang mudah, tetapi sebagai seorang sahabat Anda wajib memberikan hal ini pada sahabat Anda sebagai suatu pemecahan masalah yang dihadapinya. Dengan memperhatikan momen dan kata-kata yang baik tentu hal ini akan menjadi jalan keluar yang baru bagi sahabat Anda, dan Anda pun akan merasa senang jika sesuatu dapat berubah menjadi lebih baik karena peran Anda.

  • Sebenarnya, berusaha ataupun tidak berusaha jodohpun sudah lebih dulu ditetapkan. Jodoh tetaplah Tuhan yang menentukan sama seperti rezeki dan takdir seseorang. Dengan upaya yang baik dan niat yang bersih tentu segalanya juga akan berakhir dengan baik, bahkan akan menjadi jauh lebih baik dibandingkan dengan orang lain yang jauh lebih dulu memiliki pasangan.

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 cara menghibur teman yang sulit mendapatkan tambatan hati

Sahabat yang baik adalah seseorang yang selalu ada bukan hanya di masa senang namun juga di masa sedih. Bagaimana sikap Anda jika mempunyai sahabat yang tak kunjung menemukan tambatan hati?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr