Ini 10 kebiasaan sederhana yang dilakukan orang-orang sukses

Segalanya bermula dari hal-hal kecil. Kegiatan sederhana yang dilakukan terus-menerus setiap hari, dengan sepenuh hati. 10 kebiasaan sederhana orang-orang sukses ini patut Anda terapkan setiap hari, demi masa depan cerah menanti.

4,212 views   |   39 shares
  • Roma tidak dibangun dalam sehari. Anda terpukau dengan pencapaian para tokoh sukses kelas dunia? Sebenarnya, Anda pun dapat bersinar seperti mereka. Sebut saja Mark Zuckerberg, Oprah Winfrey, atau J.K. Rowling, semua orang sukses awalnya bukan siapa-siapa. Namun, dengan tekad dan usaha konsisten, mereka berhasil meraih impian.

  • Segalanya bermula dari hal-hal kecil. Kegiatan sederhana yang dilakukan terus-menerus setiap hari, dengan sepenuh hati. Tirulah 10 kebiasaan sehari-hari para tokoh sukses ini, setidaknya sebagai langkah awal Anda meraih kesuksesan.

  • 1. Tuliskan tujuan Anda, setiap hari

  • Akuilah, Anda memiliki banyak impian. Terhimpit di antara tuntutan dan kewajiban yang harus dipenuhi. Fokus pada tujuan adalah kunci dasar kesuksesan. Kehilangan konsentrasi Anda dalam mengejar mimpi, akan membuatnya lepas dari genggaman dalam sekejap. Kenneth Chenault, bos besar American Express selalu memulai hari dengan 3 hal yang ingin ia capai hari ini, yang dituliskannya pada malam sebelumnya. Mulai dari tujuan utama hingga detail langkah Anda. Dengan demikian, Anda tahu persis apa yang akan Anda lakukan hari ini dan menggunakan waktu dengan bermanfaat serta bijaksana.

  • 2. Bangun pagi

  • Seringkali orang tua menasihati kaum muda untuk bangun pagi, supaya tidak kalah dengan ayam yang berkokok atau kehilangan rezeki. Petuah ini ada benarnya. Dengan bangun lebih awal di pagi hari, Anda mendapatkan waktu ekstra penuh kedamaian. Waktu ini berguna untuk mempersiapkan diri lebih baik tanpa diganggu hiruk pikuk sekitar Anda. Para CEO perusahaan wahid seperti Tim Cook dari Apple dan Jeffrey Immelt dari General Electric melakukan hal yang sama. Di pagi buta, Anda juga dapat memulai hari dengan ibadah. Khusyuk berdialog dengan Yang Kuasa, tentunya bak sarapan bergizi bagi jiwa Anda.

  • 3. Membaca

  • Tak salah jika pepatah berkata, membaca akan membuka banyak pintu dan aneka ilmu. Bahan bacaan yang berkualitas akan membuka cakrawala Anda dan menambah ide-ide. Inspirasi pun mengalir deras. Anda mampu mengambil banyak hikmah sebagai modal perjuangan Anda. Penulis ternama, J.K. Rowling membaca hampir apa saja, untuk membantu mengembangkan imajinasinya. Bill Gates memiliki ritual membaca satu jam sebelum tidur, untuk memberi asupan sel-sel otaknya.

  • Advertisement
  • 4. Banyak berbagi

  • Percayakah Anda, rezeki dan berkah yang Anda miliki akan tambah bermakna saat Anda tidak menikmatinya sendiri? Ini tidak hanya berlaku pada harta dan materi. Pengetahuan dan tenaga dari tubuh sehat Anda juga dapat berguna bagi sesama. Perhatikan Oprah Winfrey dan Mark Zuckerberg. Dengan giat, kedua tokoh beda generasi ini sama-sama menyumbangkan apa yang mereka punya untuk "mengubah dunia". Berbagai aksi sosial digerakkan melalui media, sebagai uluran tangan tak kasat mata. Mulailah mencari apa yang dapat Anda berikan. Singsingkan lengan baju tanpa ragu untuk membantu. Panti asuhan, rumah jompo, korban bencana, anak-anak putus sekolah atau beberapa bungkus nasi untuk tuna wisma yang Anda temui dalam perjalanan.

  • 5. Jangan ragu untuk beristirahat sejenak

  • Work-life balance semakin lama menjadi sebuah kemewahan. Entah karena ambisi menggebu atau ketidakmampuan mengelola waktu kerja dengan baik, Anda sering mengorbankan diri sendiri bahkan keluarga demi mengejar target-target yang terus berteriak. Sayangnya, Anda bukanlah robot. Mesin canggih sekalipun perlu "dimatikan" sejenak supaya dapat bekerja optimal. Sisihkan waktu Anda untuk meregangkan otot dan menenangkan pikiran. Padmasree Warrior, seorang petinggi Cisco Systems meluangkan waktu untuk sekadar bermeditasi dan menarik nafas, di sela kesibukannya memimpin 22 ribu karyawan. Beristirahat akan memulihkan fokus Anda sekaligus menyehatkan Anda secara fisik dan mental.

  • 6. Berani melakukan perubahan

  • Menjalani hari dengan rutinitas yang itu-itu saja jarang membawa Anda kepada sebuah perbaikan hidup. Anda perlu merengkuh dunia lebih erat. Caranya, lakukan satu perubahan setiap hari. Meskipun kecil, sesuatu yang baru akan membawa Anda kepada cara pandang berbeda. Mereka yang berani untuk menembus batas dan mendobrak rutinitas, biasanya akan lebih dekat pada kesuksesan. Seperti cerita Walt Disney, menjalani pekerjaan sebagai editor berita, ia tak ragu untuk mengikuti angin perubahan. Disney mengubah haluan menekuni pekerjaan yang membuat imajinasinya lebih hidup dan berwarna. Sesuatu yang membuatnya menjadi salah satu ikon budaya populer hingga kini.

  • 7. Tidurlah cukup dan berkualitas

  • Bagaimana mungkin Anda berharap untuk tetap berpikir jernih dan enerjik jika Anda kurang tidur? Jam tidur yang cukup (setidaknya 6 jam di malam hari) akan membawa dampak positif bagi tubuh dan pikiran Anda. Elon Musk (pencipta jenius dari Tesla Motors) menyempatkan tidur berkualitas selama 6 jam di malam hari. Sedangkan Arianna Huffington (kepala editor Huffington Post yang sedang in dewasa ini) terlelap selama 7 jam di malam hari. Lebih baik lagi, Anda pergi tidur sebelum tengah malam dan bangun pagi keesokan harinya dengan tubuh serta mood yang segar untuk memulai kembali perjuangan Anda.

  • Advertisement
  • 8. Catat apa yang telah Anda lakukan hari ini

  • Tak hanya membuat perencanaan, ada baiknya Anda juga merekam pencapaian Anda setiap hari. Eminem, Oprah Winfrey, dan J.K. Rowling mencatat apa yang mereka telah kerjakan dalam jurnal harian. Jurnal ini akan membantu melihat perwujudan dari rencana dan tujuan Anda. Sudah sedekat apakah Anda dengan garis finis? Apa saja kendala yang Anda hadapi? Apakah perubahan berarti yang dapat Anda lakukan esok hari? Segala perincian langkah Anda di masa lalu dan masa kini akan menjadi awal kejelasan masa depan yang lebih baik.

  • 9. Berolahraga

  • Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Luangkan setidaknya 30 menit waktu Anda (lebih baik di pagi hari) untuk melemaskan otot-otot dan memperkuat kebugaran. Olahraga ringan seperti jogging, berlari, berenang, atau bersepeda maupun olahraga berkelompok sangat berguna bagi Anda. Tak salah jika Presiden Barrack Obama menyempatkan untuk berolahraga setidaknya 45 menit atau berlari sejauh 3 mil selama 6 hari seminggu, demi kinerja optimal memimpin negara adikuasa.

  • 10. Katakan "tidak" jika diperlukan

  • Inilah prinsip yang diterapkan oleh Warren Buffet, yang didapuk sebagai investor terbaik dunia. Buffet menegaskan, Anda tidak akan mampu mengendalikan waktu yang berjalan, kecuali Anda mengatakan "tidak" pada hal-hal yang tidak perlu atau bukan menjadi prioritas saat ini. Adakalanya dalam perjalanan hidup, Anda dihadapkan pada kondisi yang tidak sesuai dengan hati nurani bahkan aturan. Peganglah teguh prinsip hidup Anda dan katakan "tidak" kepada hal-hal negatif yang mampu merusak hidup serta cita-cita Anda.

  • Dengan resep ampuh di tangan, mulailah hal-hal sederhana ini merasuki kehidupan Anda. Niscaya keberhasilan menghampiri Anda dengan sukacita.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Ini 10 kebiasaan sederhana yang dilakukan orang-orang sukses

Segalanya bermula dari hal-hal kecil. Kegiatan sederhana yang dilakukan terus-menerus setiap hari, dengan sepenuh hati. 10 kebiasaan sederhana orang-orang sukses ini patut Anda terapkan setiap hari, demi masa depan cerah menanti.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr