Bingung menjelaskan tentang puber kepada putri Anda? Coba cara-cara ini

Setiap anak pada akhirnya akan sampai ke masa puber. Perubahan fisik juga emosi akan mendera, dan membuat putri kecil Anda berubah menjadi orang yang berbeda. Tanpa bekal pemahaman dari orangtua, anak Anda akan tersesat di tengah terpaan hormonnya.

342 views   |   1 shares
  • Menjadi orangtua bagi si kecil yang beranjak remaja, memiliki tantangan tersendiri. Sebab, anak manis yang dulu sangat membutuhkan Anda untuk melakukan segala hal kini bisa jadi berubah menjadi si pembangkang, dan mudah marah. Karena itu, segala bentuk disiplin, perihal sekolah, dan waktu bersama keluarga pun mengalami banyak perubahan.

  • Semua ini karena hormon yang mulai menguasai masa pubernya, ditambah tekanan dari peer group-teman-teman di sekitarnya. Namun, menurut Dr. Laura Markham, psikolog yang membuat AHA Parenting, seberapa pun ia terlihat menolak kehadiran Anda, sebetulnya ia masih sangat membutuhkan rasa aman dan nyaman dari orangtuanya. Sebab, perubahan yang terjadi itu sebetulnya membuatnya takut. Di sinilah pentingnya menguatkan ikatan antara orangtua dan putrinya.

  • Yang disebut pubertas, merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Perubahan tersebut tentu mengejutkan bagi anak, sehingga bimbingan dari orangtua diperlukan agar mereka mampu melewati masa ini dengan baik.

  • Sayangnya, sebagian orangtua merasa enggan untuk membicarakan hal ini, terutama pada anak perempuan mereka. Padahal menurut para pakar, penting hukumnya untuk membicarakan pubertas pada anak, bahkan sebelum mereka mengalaminya. Dr. Akua Afriyie-Gray, dokter kandungan dari Loyola University Health System di Maywood Ill mengatakan, kebanyakan anak perempuan memasuki masa pubertas tanpa pendidikan yang memadai tentang hal ini. Sehingga orangtua perlu proaktif membicarakan pubertas agar anak tahu akan ada perubahan pada tubuhnya.

  • Pubertas umumnya dimulai pada usia sekitar 8 atau 9 tahun dengan tumbuhnya rambut-rambut halus di daerah ketiak dan pubis. Pertumbuhan payudara umumnya terjadi setelahnya di usia 9 atau 10 tahun diikuti dengan menstruasi, yang rata-rata terjadi di usia 12 tahun. Pubertas biasanya terjadi selama tiga hingga empat tahun.

  • Afriyie-Gray mengatakan, orangtua perlu bertanya pada putrinya bila ada temannya yang mulai memakai bra, menstruasi atau bercukur. Pertanyaan ini kemudian akan mempermudah membuka diskusi tentang tubuh anak dan perubahan yang ia akan alami. Satu-satunya cara untuk membuat diskusi menjadi nyaman dilakukan adalah tetap membangun koneksi dengannya, layaknya di masa ia kecil dahulu.

  • Makan malam bersama, atau mengantar anak pergi sekolah, bisa juga saat jelang tidur, dapat dimanfaatkan sebagai momen memperkuat ikatan. Deraan hormon akan membuat fluktuasi mood-nya naik turun dengan tajam, bahkan sampai tantrum tanpa ia sendiri mengerti apa alasannya. Karena itu, jangan menyerah. Jelaskan perlahan bahwa Anda memahami betul apa yang kini dirasakannya. Beri waktu untuk ia menenangkan diri, lalu berikan pelukan dan jadilah pendengar yang baik, sebelum mengoreksi.

  • Advertisement
  • Di masa puber, anak juga biasanya penasaran dan akan bertanya tentang diri Anda di masa puber. Ini sebetulnya kesempatan yang baik untuk mengatakan bahwa Anda pun merasakan sama seperti dia, perasaan tidak aman. Lalu mulai tanamkan nilai-nilai kebaikan agar mencegah ia mencari perhatian dari luar keluarga sehingga menjerumuskannya pada hal buruk seperti narkoba atau seks bebas. Karenanya, memberikan rasa aman wajib dilakukan. Anak perempuan terkadang menunjukkan perasaan insecure tentang penampilannya, terutama ketika tanda-tanda pubertas pada tubuhnya muncul lebih awal daripada teman-teman sebayanya. Untuk mengembalikan rasa percaya dirinya, yakinkan gadis kecil Anda bahwa setiap orang memiliki periode pertumbuhan yang berbeda-beda-ada yang lebih awal dan ada pula yang lebih lambat. Tetapi satu hal yang pasti adalah semua anak perempuan akan melalui pula apa yang dialami olehnya.

  • Jangan kaget juga jika ia tiba-tiba mengalami begitu banyak kecemasan, karena perubahan tubuh dan emosinya. Tetaplah menjadi orangtua yang berempati pada hal-hal yang mengganggunya. Memulai pembicaraan lebih awal tentang pubertas juga baik dilakukan. Ketika anak menginjak usia 8 tahun, meski belum memasuki usia puber, tak ada salahnya Anda memulai pembicaraan tentang pubertas. Dengan ini, si pra-remaja sudah akan siap ketika perubahan-perubahan pada tubuhnya mulai muncul.

  • Kebanyakan anak perempuan lebih tertarik -dan seringkali lebih berguna pula bagi mereka, apabila Anda membicarakan langkah praktis kala menghadapi masa puber. Misalnya, bagaimana cara memilih bra yang pas dan apa yang harus ia lakukan apabila menstruasi muncul ketika ia sedang berada di sekolah. Akan berguna pula apabila Anda membekali gadis kecil Anda dengan pembalut dan pakaian ganti untuk disimpannya di dalam loker di sekolah, sekadar untuk jaga-jaga.

  • Hal terpenting di atas segalanya yakni di masa pubertas Anda menjadi temannya. Orang yang paling dipercaya oleh gadis remaja Anda untuk menceritakan segalanya, dan selalu ada membantunya melewati masa sulit perubahan dirinya. Disiplin tegas dan aturan mengenai hal penting tetap harus diberlakukan untuk hal-hal prinsip. Namun, menjadi pendengar yang baik dan penuh kasih sayang akan membuat dirinya tetap berada di jalur yang benar.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Bingung menjelaskan tentang puber kepada putri Anda? Coba cara-cara ini

Setiap anak pada akhirnya akan sampai ke masa puber. Perubahan fisik juga emosi akan mendera, dan membuat putri kecil Anda berubah menjadi orang yang berbeda. Tanpa bekal pemahaman dari orangtua, anak Anda akan tersesat di tengah terpaan hormonnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr