Usia rawan di 5 tahun pertama pernikahan. Benarkah?

Tahun-tahun pertama pernikahan adalah masa penyesuaian. Anda harus bisa beradaptasi dengan pasangan Anda, menyamakan tujuan pernikahan Anda dan belajar menyatukan persepsi Anda dengan pasangan.

3,257 views   |   31 shares
  • Sesungguhnya usia rawan pernikahan ada di sepanjang usia pernikahan. Bahkan ada juga pernikahan yang mengalami gesekan dalam usia pernikahan yang sudah menua. Namun, dari beberapa pengalaman dan kenyataan yang terjadi banyak pasangan suami istri yang mengalami goncangan hebat di 5 tahun pertama usia pernikahan mereka. Di usia pernikahan tersebut masalah kerap kali muncul karena ketidakpahaman antara satu dengan yang lainnya.

  • Tahun-tahun pertama pernikahan adalah masa penyesuaian. Anda harus bisa beradaptasi dengan pasangan Anda, menyamakan tujuan pernikahan Anda dan belajar menyatukan persepsi Anda dengan pasangan. Setiap hari dalam pernikahan merupakan proses pembelajaran. Tetapi untuk 5 tahun pertama, Anda harus belajar lebih ekstra. Banyak hal yang belum Anda ketahui tentang pernikahan. Bagaimana membangun pernikahan yang sempurna? Bagaimana membangun hubungan yang baik dengan pasangan? Dan bagaimana menyelesaikan setiap masalah yang datang?

  • Nah, itu sebabnya mengapa usia rawan pernikahan biasanya ada di 5 tahun pertama. Itu karena kita masih kaget dengan dunia rumah tangga yang sebenarnya. Masalah bukan hanya menyangkut ego saja, tetapi banyak hal dapat menimbulkan benturan dalam pernikahan, misalnya masalah ekonomi, masalah anak, pekerjaan, pembagian tugas dan tanggung jawab, perbedaan kebiasaan dan lainnya.

  • Lalu, bagaimana dengan Anda, benarkah usia rawan pernikahan di 5 tahun pertama?

  • " Memang benar, seperti itulah yang saya dan suami rasakan. Masa di 5 tahun pertama itu terasa berat bagi saya. Apalagi di tahun pertama dan kedua pernikahan. Hampir setiap hari ada percekcokan di antara kami. Masalah yang seharusnya tidak ada jadi ada, masalah yang kecil jadi besar. Beberapa bulan setelah menikah, kebiasaan dan karakter kami berdua banyak berubah. Mungkin karena kami sudah tidak jaim lagi di depan pasangan kami. Kami tidak malu lagi menampakkan karakter asli kami. Dan hal-hal itulah yang sering menyebabkan pertengkaran terjadi." ( Irma, 29 tahun, wiraswasta)

  • "Rawan tidaknya tergantung pasangannya sih. Jika mereka konsisten untuk tetap menjaga komunikasi, komitmen, kemesraan dan menjaga kepercayaan. Saya pikir pernikahan mereka akan adem ayem saja kok. Saat kita berani untuk mengambil keputusan menikah, itu artinya kita harus sudah siap menghadapi setiap risikonya. Jangan membayangkan yang indah-indahnya saja. Bahkan saat mengucapkan janji suci pernikahan dulu, kita tahu bahwa nantinya akan ada suka dan duka bukan? Rawannya pernikahan tidak bergantung pada usianya, tetapi tergantung pada sikap pasangan suami istri yang menjalaninya." ( Arif, 33 tahun, Nganjuk)

  • Advertisement
  • " Di 5 tahun pertama pernikahan memang adalah usia rawan. Rawan pertengkaran, percekcokan, rawan beda pendapat dan rawan kebosanan. Mengapa? Karena suami istri sudah terjebak dalam rutinitas rumah tangga yang lebih kompleks. Yang di dalamnya bukan hanya mengenai keintiman berdua saja. Akan ada banyak kebiasaan pasangan yang membuat Anda tidak nyaman dan mungkin beberapa cara pandang pasangan yang tidak sesuai dengan pandangan Anda. Semuanya itu yang perlu Anda sikapi dengan positif. Setiap hari dalam pernikahan adalah proses menuju pendewasaan. Untuk mencapainya Anda harus belajar menerima dan memperbaiki segala kekurangan pasangan." ( Angga, 35 tahun, Kediri )

  • Kuncinya untuk dapat menyelesaikan setiap masalah yang muncul atau untuk mengantisipasi masalah itu datang, Anda harus memahami status dan posisi Anda dalam rumah tangga, menghargai pasangan Anda sebagai orang yang telah Anda pilih, menerima setiap kekurangannya, dan ingat komitmen awal pernikahan Anda berdua.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Usia rawan di 5 tahun pertama pernikahan. Benarkah?

Tahun-tahun pertama pernikahan adalah masa penyesuaian. Anda harus bisa beradaptasi dengan pasangan Anda, menyamakan tujuan pernikahan Anda dan belajar menyatukan persepsi Anda dengan pasangan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr