5 hal yang perlu Anda ingat ketika berencana berlibur di kapal pesiar

Liburan dengan kapal pesiar memang identik dengan kemewahan. Namun kini mulai marak dinikmati oleh banyak orang. Jika Anda ingin juga berwisata pesiar, jangan lupa hal-hal penting yang perlu dilakukan sebelum memesan tiket perjalanannya.

221 views   |   shares
  • Cruise atau kapal pesiar adalah gaya traveling yang sudah ada sejak abad ke-19 sebelum kapal terbang diciptakan. Menikmati pelayaran bisa dibuat senyaman dan semewah mungkin. Kapal pesiar awalnya ramai di Eropa dan Amerika, namun kini Asia pun menjadi salah satu rute ramai untuk wisata kapal pesiar.

  • Dari puluhan kapal pesiar, ada yang dianggap sebagai yang terbaik, terbesar, pelayanan paling oke dan lain-lain. Rata-rata ada 1.500-2.000 penumpang dibawa dalam sekali pelayaran dengan kapal pesiar. Sekali berlayar bisa berminggu-minggu, bolak-balik dari Eropa ke Mediterania dan Alaska ke Karibia dan dari Asia Tenggara ke Asia Timur. Dan kini, wisata kapal pesiar pelan-pelan akan menjadi gaya traveling baru yang semakin banyak dilakukan traveler Indonesia juga. Ketika budget tersedia, menikmati kemewahan di atas lautan adalah pilihan yang istimewa.

  • Namun ada beberapa hal yang wajib diingat ketika memutuskan berlibur dengan kapal pesiar:

  • 1. Budayakan memesan jauh hari

  • Untuk wisata pesiar, disarankan memesan atau booking minimal tiga bulan sebelum keberangkatan. Johnny Judianto, Cruise consultant dari Best tourindo bahkan menyarankan enam bulan sebelum keberangkatan. Intinya, semakin jauh waktu memesan, semakin baik harga yang didapat.

  • Budaya masyarakat Indonesia yang masih suka 'besok-berangkat' berbahaya karena wisata kapal pesiar perlu dipersiapkan dengan matang. Ditambah lagi jika tidak memesan jauh-jauh hari, godaan mengambil pilihan liburan lain akan banyak berdatangan mendekati hari H.

  • 2. Jangan memesan perjalanan liburan dengan kapal pesiar hanya karena harganya semata

  • Pertimbangkan banyak hal untuk booking kapal pesiar. Misalnya acara di kapal, dan demografis. Menurut Johnny, orang biasanya tidak nyaman berada jauh-jauh dari rumahnya. Maka untuk 'first-timer' ia menyarankan untuk mencoba dulu mengambil trip mengelilingi Asia. Ini akan membuat penumpang merasa lebih tenang dan percaya diri karena dekat dengan 'rumah'.

  • Maka, pilihlah kapal yang sesuai dengan rasa nyaman Anda. kemudian jangan lupa juga untuk memastikan paket apa saja yang termasuk dalam biaya yang harus Anda bayarkan tersebut. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, namun sebetulnya tidak banyak yang bisa Anda nikmati.

  • 3. Rencanakan kegiatan di kapal

  • Biaya yang dibayar untuk naik kapal pesiar itu biasanya melingkupi akomodasi dan sebagian besar faslititas. Artinya selain kamar tidur dan makan, pengunjung dapat menggunakan beragam wahana dalam kapal seperti kolam renang, bioskop, dan spa. Pengunjung dapat memilih aktif mengikuti beragam kegiatan dan sarana, atau sekadar bersantai di balkon dan menikmati nuansa laut selama berjam-jam, siapa tahu jika beruntung akan bertemu hewan laut seperti lumba-lumba atau ikan paus yang naik ke permukaan.

  • Advertisement
  • Karena itu, menurut Sid Lipsey dari Yahoo travel, cara terbaik untuk menikmati berpesiar adalah dengan mencari tahu, dan merencanakan kegiatan di dalam kapal. Namun penting untuk diingat; tidak perlu memadatkan jadwal agar dapat menyaksikan dan melakukan semua fasilitas yang ada di kapal. Ini hanya akan membuat Anda tidak bisa menikmati liburan dengan tenang, karena terburu-buru jadwal. Prioritaskan hal-hal yang sangat ingin dinikmati saja.

  • 4. Rencanakan kegiatan di negara singgah

  • Kapal pesiar biasanya tak akan bermalam di satu pelabuhan. Artinya waktu yang dimiliki untuk menjelajah sekitar hanya dari pagi hingga petang. Jangan habiskan waktu untuk tersesat atau bingung, pastikan membuat perencanaan di negara singgah, semakin detail semakin baik, seperti ingin berkunjung ke mana saja, menggunakan kendaraan apa, waktunya berapa lama.

  • Biasanya, agen-agen tur yang memberikan jasa wisata kapal pesiar biasanya akan menawarkan jasa tur di negara-negara tujuan. Jika sulit membuat perencanaan dan memiliki uang lebih, bisa menggunakan jasa tur dari mereka. Namun jika ingin berpetualang sendirian, Fran Golden, cruise blogger untuk Porthole Magazine dan USA Today mengingatkan agar banyak-banyaklah membaca tentang negara singgah tersebut sebelum memesan tiket.

  • 5. Pergi beramai-ramai

  • Jika ini bukan wisata bulan madu, maka pergilah beramai-ramai atau bersama keluarga. Jika hanya berdua, potensi jenuh dan bertengkar bisa tinggi. Selain itu jika berwisata berkelompok, biaya yang dikeluarkan untuk jalan-jalan di kota akan lebih murah, karena bisa patungan menyewa kendaraan atau makan dengan porsi keluarga.

  • Carolyn Spencer Brown dari Cruisecritic.com juga mengingatkan, jika pergi beramai-ramai, Anda bisa memesan kabin untuk banyak orang. Sebab, banyak kapal pesiar yang memang di desain untuk itu, dengan menyediakan kabin dengan empat tempat tidur, atau tempat tidur tingkat dan sofa bed.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

5 hal yang perlu Anda ingat ketika berencana berlibur di kapal pesiar

Liburan dengan kapal pesiar memang identik dengan kemewahan. Namun kini mulai marak dinikmati oleh banyak orang. Jika Anda ingin juga berwisata pesiar, jangan lupa hal-hal penting yang perlu dilakukan sebelum memesan tiket perjalanannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr