Anda jago masak? Sudahkah Anda mempraktikkan 7 aturan masak ini?

Apakah Anda berminat memasak untuk pasangan atau anak-anak tercinta tapi bingung untuk memulai darimana? Berikut adalah pengetahuan dasar memasak bagi Anda.

668 views   |   3 shares
  • Memasak saat ini bukan lagi hanya menjadi kewajiban seorang Ibu rumah tangga namun sudah menjadi suatu dunia yang menarik bagi banyak orang. Bukan hanya bagi kaum wanita tetapi juga kaum pria tertarik untuk menjadi profesional dalam dunia memasak. Memasak merupakan suatu aplikasi panas terhadap makanan sehingga makanan tersebut dapat dimakan, aman, dan menarik untuk dimakan. Memasak bukan juga sekedar hobi tapi juga dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan karena makan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Jika Anda mempunyai hobi atau gemar berkreasi di dapur dan tertarik untuk menggeluti dunia memasak, sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut sebelum memulainya:

  • 1. Alat memasak

  • Ada banyak perabotan yang ada di dapur Anda, tentunya Anda harus mengetahui setiap alat memasak dan kegunaannya supaya dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam proses memasak. Beberapa diantaranya panci, wajan, pisau, talenan, kukusan, sutil atau sendok kayu, dan lain-lain. Masing-masing alat tersebut juga memiliki beberapa tipe yang dapat digunakan tergantung apa yang akan Anda masak. Talenan misalnya, ada dua jenis yaitu talenan yang terbuat dari plastik dan kayu.

  • 2. Teknik memasak

  • Untuk menjadi profesional dalam memasak ada baiknya Anda mengetahui teknik-teknik dalam memasak. Misalnya boiling (memasak dengan cara direbus dengan air banyak), steaming (memasak dengan cara dikukus), sauteing (memasak dengan cara menumis dengan sedikit minyak/mentega), frying (memasak dengan cara menggoreng dengan minyak banyak), baking (memasak di dalam oven), dan lain sebagainya.

  • 3. Bumbu-bumbu

  • Ada banyak bumbu yang kita kenal untuk memasak. Yang paling sering digunakan adalah bawang merah, bawang putih, dan garam. Masih banyak lagi bumbu lainnya, misalnya kunyit, jahe, ketumbar, kemiri daun bawang, kayu manis, lada, dan sebagainya. Takaran bumbu masakan yang tepat dan pas sangat menentukan untuk menghasilkan citarasa masakan yang maksimal. Semua itu terbangun dari pengalaman memasak Anda, semakin sering Anda memasak semakin ahli Anda meracik bumbu-bumbu masakan tersebut.

  • 4. Proses memasak

  • Segala sesuatu yang kita kerjakan selalu ada prosesnya, begitu juga dengan memasak. Dimulai dari persiapan alat, bumbu, bahan-bahan hingga masakan dapat dinikmati. Ketika memasak masakan berbahan daging perlu melalui proses tertentu untuk menambah rasa dan aroma, misalnya marinating (merendam daging dalam cairan berbumbu). Proses-proses inilah yang perlu Anda pelajari untuk menjadi profesional dalam dunia memasak.

  • Advertisement
  • 5. Teknik memotong

  • Untuk menghasilkan masakan yang bukan hanya enak tapi juga menarik untuk dimakan, mengetahui teknik memotong juga tidak kalah pentingnya. Bagaimana cara memotong sayur dan memotong daging tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ketika masakan yang dihidangkan itu terlihat menarik pasti akan menggugah selera orang yang akan menikmatinya.

  • 6. Mengasah pisau

  • Menurut salah seorang Chef Internasional yang terkenal dalam dunia memasak, Gordon Ramsay, pisau yang tajam adalah kewajiban semua chef yang bekerja di dapur. Menurutnya, kunci memelihara pisau adalah menajamkannya saat akan digunakan. Pisau memang akan selalu digunakan dalam proses memasak, jadi Anda harus benar-benar menguasai pisau yang akan digunakan. Hal ini juga menyangkut keamanan ketika menggunakannya.

  • 7. Memasak nasi

  • Karena nasi merupakan makanan pokok kita, maka memasak nasi juga menjadi poin penting. Kunci untuk memasak nasi yang enak adalah perbandingan yang pas antara beras dengan air. Memasak nasi dapat menggunakan rice cooker, kukusan ataupun panci. Beras yang sudah dicuci bersih dapat juga dibumbui dengan sedikit garam lalu diberi air secukupnya dan dimasak hingga matang.

  • Nah, semoga bermanfaat ya pengetahuan dasar memasak ini. Ciptakan kreasi masakan Anda dimulai untuk dinikmati anggota keluarga. Masakan berkualitas adalah makanan yang bersih dan sehat, mengandung gizi yang seimbang dan enak untuk dinikmati. Selamat memasak!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Anda jago masak? Sudahkah Anda mempraktikkan 7 aturan masak ini?

Apakah Anda berminat memasak untuk pasangan atau anak-anak tercinta tapi bingung untuk memulai darimana? Berikut adalah pengetahuan dasar memasak bagi Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr