5 cara memperbaiki hubungan untuk Anda yang cenderung introvert

Sulit untuk memulai pembicaraan dan sering merasa canggung berada di tengah keramaian. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

512 views   |   7 shares
  • Menurut seorang psikolog dari Swiss, Carl Jung, ada tiga jenis kepribadian manusia yakni introvert, extrovert, dan ambievert. Masing-masing kepribadian memiliki pandangan berbeda dalam hal mengambil keputusan, bersosialisasi, respon terhadap masalah, komunikasi verbal dan non verbal, serta dalam hal lainnya.

  • Dalam hal berkomunikasi tentunya sering kita dengar bahwa seorang introvert cenderung untuk menyendiri karena sulit baginya berkomunikasi dengan orang lain. Berikut adalah mitos dan fakta seputar Anda, Sang Introvert, sehubungan dengan cara memperbaiki hubungan dengan orang lain.

  • Mitos 1 : Seorang introvert adalah pemalu

  • Faktanya, introvert dan rasa malu adalah dua hal yang berbeda. Seorang introvert terlihat pemalu karena cenderung berpikir dulu sebelum berbicara. Bagi Anda yang cenderung malu untuk memulai pembicaraan dengan orang lain, sebaiknya melatih diri untuk berani mengungkapkan pendapat atau isi hati, dimulai dengan sering mengobrol dengan pasangan atau keluarga terdekat. Anda dapat menonjolkan salah satu kelebihan Anda sebagai seorang pendengar yang baik dibalik rasa malu yang muncul.

  • Mitos 2 : Seorang introvert tidak suka berbicara

  • Faktanya, introvert akan lekas berbicara mengenai topik yang menarik baginya, tidak suka berbasa-basi dan berbicara hanya menyangkut hal yang perlu dibicarakan. Tidak ada salahnya jika Anda tidak suka berbasa-basi, Anda dapat menunjukkan perhatian dan kepedulian dalam bentuk yang lain dan bukan sekedar basa-basi.

  • Mitos 3: Seorang introvert tidak menyukai orang lain

  • Faktanya, introvert sangat menghargai dan mencintai teman yang dimiliki. Meskipun sedikit, Anda akan memiliki sahabat yang berkualitas, mereka yang dapat mengenal dan mengerti Anda sepenuhnya.

  • Mitos 4 : Seorang Introvert selalu ingin sendirian

  • Faktanya, introvert akan merasa sangat senang dan setia serta mau berbagi dengan pasangan atau sahabat. Apakah Anda merasa nyaman dengan pikiran sendiri? Anda lebih suka berpikir dan merenung sendiri dalam memecahkan suatu masalah. Tidak ada salahnya karena Anda memiliki kelebihan pikiran yang cenderung luas dan imajinatif.

  • Mitos 5 : Seorang introvert adalah orang aneh

  • Faktanya, introvert sering bersikap individualis yang membuat mereka dianggap aneh bagi orang lain karena jalan pikiran yang cenderung tidak lazim dan bertentangan dengan aturan. Anda tidak perlu terganggu dengan orang yang menatap dengan pandangan aneh karena sebenarnya Anda lebih tekun, mandiri, dan bertanggung jawab dalam menghadapi suatu masalah.

  • Advertisement
  • Jika Anda adalah orang tua dari anak yang introvert, alangkah baiknya Anda mulai memupuk kepercayaan dirinya sedari dini. Bangun hubungan yang nyaman dan hangat dengan anak. Biasakan untuk mendengarkan cerita anak dimulai dari hal-hal sederhana misalnya menceritakan kegiatannya di sekolah.

  • Dibalik kekurangan selalu ada kelebihan yang Anda miliki. Karenanya, jangan merasa minder dengan pandangan bahwa Anda adalah seorang introvert. Banyak orang hebat di dunia -ilmuwan, seniman, dokter, musisi, dan sebagainya- yang terlahir sebagai seorang introvert. Tidak ada salahnya menonjolkan kelebihan-kelebihan yang Anda miliki dalam pergaulan sehari-hari.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 cara memperbaiki hubungan untuk Anda yang cenderung introvert

Sulit untuk memulai pembicaraan dan sering merasa canggung berada di tengah keramaian. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr