Menyedihkan! 5 hal ini dapat merusak pernikahan yang harmonis

Seringkali kita melakukan hal-hal kecil yang tanpa disadari dapat merusak pernikahan yang harmonis.

2,082 views   |   29 shares
  • Setiap orang tentu mendambakan sebuah pernikahan yang harmonis. Tidak penting berapa besar rumah yang kita huni, banyaknya harta yang kita miliki, namun jika dengan pernikahan yang tidak bahagia maka semua sia-sia saja. Ya, keharmonisan dalam pernikahan adalah sumber kebahagiaan kita.

  • Sayangnya seringkali, sadar maupun tidak, seseorang seringkali melakukan hal-hal yang dapat merusak keharmonisan dalam pernikahan. Bahkan mungkin kita semua pernah melakukannya. Apa sajakah itu? Berikut 5 hal yang dapat merusak sebuah pernikahan harmonis.

  • 1. Saling menjatuhkan satu sama lain

  • Sebagai rekan hidup, Anda dan pasangan adalah satu tim. Di dalam tim tentunya Anda dan dia harus saling mendukung dan menopang satu sama lain dalam segala hal, bukan malah saling menjatuhkan satu sama lain dengan kritik dan tidak ada bantuannya. Jika Anda menjatuhkan pasangan Anda hanya karena ingin terlihat lebih baik dan lebih sukses, tentu pernikahan kalian akan rusak secara perlahan. Ingat, pernikahan bukanlah kompetisi. Anda dan pasangan bukanlah musuh.

  • 2. Suka menceritakan kekurangan pasangan

  • Seringkali tanpa disadari, kita kerap menjelek-jelekkan pasangan sendiri di depan orang lain. Misalnya saja, suami yang curhat pada teman kantor "Istriku, kerjanya ngomel terus.." atau istri bergosip dengan teman-teman arisannya "Ih suamiku itu ya, kalau tidak karena aku mana bisa dia sesukses ini," dan lain sebagainya. Seringkali tanpa sengaja Anda mengeluarkan keluh kesah rumah tangga termasuk sifat buruk pasangan pada teman-teman Anda. Padahal itu tidak patut dilakukan loh! Pasangan Anda tentu akan merasa sakit hati saat mengetahuinya dan begitupula Anda.

  • 3. Selalu merasa diri benar

  • Selalu dipojokkan dan disalahkan tentu tidak menyenangkan rasanya. Ketika ada masalah, sebisa mungkin jangan mencoba untuk tidak merasa bersalah dan menutupi kesalahan kita hanya karena malu. Sikap tidak bertanggung jawab seperti ini, sangat mencerminkan keegoisan. Apalagi jika Anda selalu merasa diri benar dan menyalahkan pasangan untuk segala hal yang tidak berjalan sesuai keinginan Anda. Malah, Anda jarang meminta maaf kepadanya. Ingat, sikap seperti ini hanya akan menghancurkan pernikahan Anda. Mau salah atau tidak, rendah hatilah dalam menjalin hubungan pernikahan. Belajarlah untuk mudah meminta maaf meski Anda tidak bersalah sekalipun.

  • 4. Selalu mengungkit masa lalu

  • Tidak hanya meminta maaf tetapi juga Anda harus mudah memaafkan. Jangan menumpuk masalah dan mendendam atas kesalahan orang lain. Itu hanya akan menyakiti diri Anda sendiri dan akhirnya merusak pernikahan Anda. Ketika ada masalah, langsung bicarakan dan selesaikan saat itu juga. Lalu, tutup masalah yang sudah berlalu dan jangan pernah mengungkitnya kembali.

  • Advertisement
  • 5. Sering melupakan

  • Lupa memberi kabar, lupa mengucapkan kata cinta, lupa hari jadi pernikahan, lupa mengingat momen-momen indah bersama pasangan dan lain sebagainya. Mungkin terdengar sepele, namun lama-kelamaan hal tersebut dapat membuat Anda benar-bnar melupakan pasangan. Sikap ini juga menandakan kurangnya rasa menghargai dan sayang Anda terhadap pasangan sendiri.

  • Ayo, berusahalah untuk tidak melakukan 5 hal di atas ya! Jangan sampai hal-hal seperti itu justru merusak pernikahan Anda yang dulunya selalu berjalan harmonis.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Menyedihkan! 5 hal ini dapat merusak pernikahan yang harmonis

Seringkali kita melakukan hal-hal kecil yang tanpa disadari dapat merusak pernikahan yang harmonis.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr