Siapakah orang yang dijadikan panutan anak Anda? Pernahkah Anda bertanya?

Siapakah orang yang dijadikan panutan oleh anak Anda?. Pernahkah Anda bertanya?

507 views   |   3 shares
  • Setiap anak pasti mempunyai seseorang yang dijadikan panutan dalam kehidupannya. Panutan adalah orang yang diidolakan karena ada sesuatu yang spesial dalam diri orang tersebut, misalnya karakternya yang baik, sifatnya yang lembut atau kepribadiannya yang memang pantas diidolakan. Sebagai orang yang dijadikan panutan, memang harus memiliki kelebihan yang positif. Dari situlah anak dapat melihat, apakah orang tersebut pantas dijadikan panutan. Sehingga anak menjadi ingin seperti dia, ingin memiliki bahkan meniru kepribadian atau kebiasaan sang idola.

  • Meskipun Anda adalah orangtuanya, Anda jangan berbesar kepala dulu mengklaim bahwa Andalah orang yang diidolakan anak Anda. Tidak semua anak menjadikan ayah atau ibu mereka sebagai panutan. Dunia anak tidak sebatas dalam lingkungan keluarga saja, anak juga hidup dan bersosialisasi di lingkungan eksternal misalnya di sekolah. Di situlah anak bisa melihat dan memperhatikan siapa-siapa saja orang yang bisa dijadikan idola.

  • Sebagai orangtua, sudah sepatutnya Anda berusaha untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya Anda. Selalu memberi contoh yang baik agar Anda bisa menjadi idola anak Anda. Bila saat ini Anda masih menjadi idola bagi anak-anak Anda, mungkin Anda bisa sedikit lebih lega. Namun bila tidak?. Siapakah orang yang dijadikan panutan oleh anak Anda?. Pernahkah Anda bertanya?

  • " Saat saya bertanya tentang siapakah orang yang kamu idolakan, orang yang menjadi panutan dalam hidupmu kepada anak saya Kevin yang masih berumur 11 tahun, ia langsung menjawab papi (ayahnya). Kemudian saya kembali bertanya, kenapa papi? Alasannya apa?. Dia menjawab lagi " karena papi orang hebat, dia bisa menyembuhkan orang sakit, kalau besar nanti aku kepengen kaya papi". Mendengar jawaban Kevin, saya mengerti mengapa ia mengidolakan papinya. Mungkin bagi Kevin, apa yang dilakukan papinya adalah hal yang baik dan tidak semua orang bisa melakukannya. Kebetulan suami saya seorang dokter. Mudahan-mudahan profesi papinya sekarang bisa menjadi acuan bagi Kevin untuk mengejar cita-citanya sebagai seorang dokter juga". (Orpa, 35 tahun, PNS)

  • Ternyata untuk menjadi seseorang yang dijadikan panutan bisa saja melalui profesi atau bentuk pekerjaan.

  • " Orang yang menjadi panutan sekaligus idolaku adalah Mama. Mama sangat menyayangiku. Mama selalu mengajariku untuk berbuat baik kepada sesama. Mama selalu ada saat aku membutuhkan bantuan. Mamaku kadang marah, itu pun karena aku memang nakal. Tetapi, Mama tidak pernah sampai memukulku meskipun aku selalu berbuat salah. Dia Mama terbaik, guru terbaik dan teman terbaik. Dia pahlawan hidupku dan selalu menjadi idola kesayanganku". (Gladys, 13 tahun, pelajar )

  • Advertisement
  • Saat anak mendapatkan kenyamanan, hubungan yang kuat dan merasakan perhatian yang tulus dari seseorang, ia bisa menjadikan orang tersebut sebagai panutan yang baik untuknya.

  • "Saya pernah menanyakan hal ini kepada putra saya. Usianya waktu itu sekitar 6 tahun. Bisa dibilang masih anak-anak banget. Sempat lama dia berpikir untuk menjawabnya. Lalu dia menjawab 'tidak ada.' Saya sedikit kaget mendengarnya. Lalu saya jelaskan apa itu pengertian panutan yang sesungguhnya. Saya berpikir, mungkin dia belum mengerti maksud pertanyaan saya. Setelah dia mendengar penjelasan saya. Lalu dia menjawab 'aku pilih opa dan oma' alasannya simpel karena katanya opa dan oma baik dan tidak pernah marah". ( Melani, 33 tahun, Kediri )

  • Cara Anda bersikap akan memengaruhi anak dalam memilih siapa orang yang bisa dijadikan panutan atau idola.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Siapakah orang yang dijadikan panutan anak Anda? Pernahkah Anda bertanya?

Siapakah orang yang dijadikan panutan oleh anak Anda?. Pernahkah Anda bertanya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr