Sudahkah Anda meluangkan waktu eksklusif berdua dengan pasangan? Coba 6 ide ini

Salah satu resep pasangan bahagia adalah menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama. Anda terbentur kepadatan jadwal atau sempitnya waktu? Mulailah mencoba 6 cara simpel ini untuk meluangkan waktu berkualitas dengan pasangan tercinta!

1,244 views   |   16 shares
  • Di awal pernikahan, Anda begitu menikmati kebersamaan dengan pasangan. Benar-benar merasakan nyata arti dari "dunia milik berdua". Namun, dengan bertambahnya anggota keluarga Anda, kini bermesraan berdua sudah menjadi kesempatan yang begitu langka.

  • Artikel The Guardian ini begitu mengejutkan. Terungkap bahwa pasangan menikah rata-rata menghabiskan hanya 2-3 jam per hari secara bersama-sama. Bahkan pasangan lansia yang telah pensiun pun rata-rata berkegiatan bersama hanya 4 jam saja. Kontradiktif dengan arti "menghabiskan hidup menua bersamamu", jika dalam keseharian pun kita jauh dari pasangan.

  • Padahal, seperti dikutip dari Psych Central, salah satu resep pasangan bahagia adalah menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama. Waktu berkualitas di sini, melibatkan interaksi aktif dari kedua pihak, bukan hanya sekadar duduk di depan televisi berdua. Sebuah studi dari Bringham Young University dan Colorado State University, mengungkapkan bahwa dari 318 pasangan menikah yang diteliti, pihak wanita atau istri lebih fokus untuk membangun komunikasi saat bersama dengan pasangan. Para istri cenderung ingin ada pembicaraan interaktif dalam menghabiskan waktu bersama suami.

  • Seperti saran Tammy Greene, yang telah menjalani 18 tahun rumah tangganya, menghabiskan waktu berdua saja dengan pasangan sangatlah penting. Anda akan dapat membangun kembali koneksi, membumbui hubungan yang mulai terasa hambar, dan membangkitkan lagi gairah yang menjaga api cinta Anda menyala.

  • Anda risau dengan sempitnya waktu yang Anda miliki untuk berduaan dengan suami atau istri tercinta? Mulailah mencoba 6 cara ini untuk menemukan kembali gelora cinta menggebu seperti masa bulan madu dulu.

  • 1. Bangunlah lebih pagi

  • Sekali waktu, bangkitlah dari tempat tidur Anda lebih dini dari biasanya. Cukup mulai hari Anda 20-30 menit lebih awal dari biasanya. Minum kopi atau teh bersama, sambil berbincang hangat tentang hal-hal ringan yang menyenangkan. Atau, bermalasan berdua, bercengkrama di balik selimut, bisa membangun keintiman yang merekatkan Anda.

  • Advertisement
  • 2. Ciptakan kembali kencan pertama

  • Sekali waktu, cobalah kembali ke masa lalu. Segarkan ingatan Anda tentang rasa jatuh cinta pertama kali dengan mengulang kencan pertama Anda bersama pasangan. Alternatif lain, jika Anda berdua memiliki kencan pertama impian, yang dulu belum sempat terwujud, lakukanlah sekarang. Anda pun akan terkenang, apa saja hal-hal indah yang membuat Anda ingin terus bersamanya. Di mana waktu seakan terhenti dan Anda tak ingin segera menyudahi hari.

  • 3. Putuskan koneksi dunia maya

  • Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Ungkapan ini sangat tepat disematkan kepada teknologi komunikasi dan internet. Sebagai generasi milenial yang begitu akrab dengan gadget, tanpa terasa, hubungan dengan orang-orang terdekat pun merenggang akibat tersedotnya waktu dan perhatian Anda kepada perangkat kesayangan Anda. Buatlah kesepakatan dengan pasangan, untuk memutuskan koneksi gadget. Habiskan waktu tanpa koneksi internet ini untuk membangun koneksi yang sejati dengan pasangan. Anda dapat mengisi waktu dengan hal sederhana, seperti berbincang di teras atau berjalan dan duduk-duduk di taman. Berinteraksi dan berkomunikasilah dengan sepenuh jiwa raga. Jadikan pasangan sebagai fokus utama Anda dan nikmati indahnya dunia tanpa distraksi teknologi.

  • 4. Menikmati hobi bersama

  • Hobi adalah sebuah kesenangan, sesuatu yang membuat kita tetap merasa "hidup". Anda dan pasangan mungkin saja memiliki hobi yang sama, atau bisa jadi berbeda. Cobalah untuk melakukan hobi Anda dan pasangan secara bersama-sama. Anda dapat memulai dari kegemaran Anda yang turut disukainya, dan sebaliknya. Kekompakan Anda pun terlatih di area ini, sekaligus toleransi terhadap kegemaran yang kadangkala dituding menjadi "perebut perhatian dan waktu" satu sama lain.

  • 5. Pelarian singkat di tengah hari

  • Bagi Anda yang bekerja atau begitu sulit menemukan waktu luang, ciptakan kesempatan berkencan di tengah hari. Atur pertemuan makan siang, di kala anak-anak masih di sekolah, sembari melepaskan penat Anda. Pertemuan singkat, namun bermakna, akan mengembalikan semangat Anda melanjutkan rutinitas dengan senyum mengembang. Pilihan lain, titipkan dulu anak-anak dengan tenaga pengasuh atau lembaga penitipan anak (daycare) terpercaya selama Anda menikmati kebersamaan dengan pasangan tercinta.

  • Advertisement
  • 6. Manfaatkan celah waktu Anda

  • Setiap detik kebersamaan Anda begitu berharga. Oleh karenanya, manfaatkan kesempatan ini sepandai mungkin. Melihat istri yang sibuk mencuci piring setelah makan malam? Bagaimana jika Anda, para suami, menemani dan membantunya sambil mengobrol atau bercanda dengannya? Ini dapat Anda terapkan pada beberapa pekerjaan rumah lainnya. Selain beban menjadi lebih ringan, Anda pun mencuri hatinya, karena telah berbesar hati menyingsingkan lengan baju untuk membantu dan mendekatkan diri dengannya.

  • Berapapun usia pernikahan Anda, tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki hubungan Anda. Segera singkirkan riak-riak dalam rumah tangga Anda dengan membangun kemesraan dan keintiman interaksi yang konsisten. Waktu berkualitas akan hadir dari ketulusan hati Anda untuk berkoneksi sepenuhnya dengan pasangan tercinta.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Sudahkah Anda meluangkan waktu eksklusif berdua dengan pasangan? Coba 6 ide ini

Salah satu resep pasangan bahagia adalah menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama. Anda terbentur kepadatan jadwal atau sempitnya waktu? Mulailah mencoba 6 cara simpel ini untuk meluangkan waktu berkualitas dengan pasangan tercinta!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr