RIP Brangelina. Apa kesalahan pasangan yang tidak bisa Anda toleransi hingga cerai menjadi pilihan?

Sejauh apakah batas toleransi kesalahan yang berlaku diantara Anda dan pasangan? Pernahkah Anda membicarakannya?

1,616 views   |   8 shares
  • Selama ini, rasa percaya kita pada kekuatan cinta sejati mungkin masih bisa selalu terselamatkan dengan melihat pasangan-pasangan 'langgeng' semacam Brad Pitt dan Angelina Jolie. 'Brangelina', demikian julukan yang kemudian disematkan pada pasangan serasi ini oleh para penggemar mereka di seluruh dunia—karena memang, begitu banyak yang memuja hubungan mereka berdua.

  • Tapi,sayangnya, akhirnya pun hubungan mereka berujung pada perceraian.

  • Melihat berita tentang mereka berdua berseliweran di timeline media sosial beberapa hari belakangan, saya yang tadinya tidak terlalu menyimak, lambat laun jadi berpikir; "Kesalahan pasangan apa sih yang melampaui batas toleransi kita? Perselingkuhan-kah? Masalah finansial-kah? Masalah perbedaan klise seperti prinsip-kah? atau tindak kekerasan dalam rumah tangga?

  • Jika janji yang diucapkan pada saat menikah berbunyi, "Ada dalam suka maupun duka, ada dalam sakit maupun sehat" ternyata tidak berlaku di kemudian hari karena kesalahan salah satu pihak, lalu apa yang bisa membuat sebuah pernikahan kokoh?—sekalipun kesalahan tidak lagi bisa dimaklumi apalagi dimaafkan.

  • Mundur sedikit ke belakang, Anda pasti ingat skandal perselingkuhan yang dilakukan Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton pada 1995 silam dan terlanjur menjadi konsumsi publik. Pada saat itu, masyarakat dunia berspekulasi bahwa istrinya, Hillary tidak akan memaafkan perbuatan sang suami dan mereka mungkin memilih jalan perpisahan (baca: cerai).

  • Hillary sempat mengatakan dirinya sangat syok, hatinya hancur dan merasa dibodohi ketika suaminya mengaku memiliki hubungan dengan stafnya, Monica Lewinski.

  • Tapi kenyataannya, pernikahan mereka bertahan hingga saat ini. Skandal itu tidak menggoyahkan janji pernikahan antara Bill dan Hillary. Bahkan karier Hillary dalam bidang politik semakin bersinar. Ia kini menjadi sosok wanita yang kuat di mata banyak orang.

  • Well, itu artinya (bisa jadi) perselingkuhan atau pengkhianatan yang dilakukan suaminya belum melampaui batas toleransi yang dimiliki Hillary.

  • Di buku "Kisah-kisah Perempuan yang Bertahan dalam Perkawinan", seorang suami yang berselingkuh mengatakan begini; "Mengapa perempuan tidak bisa mengerti bahwa perselingkuhan itu tidak ada artinya? Itu sekadar hubungan seks. Hanya sebuah hubungan jangka pendek dan tidak akan mempengaruhi rasa cinta saya padanya dan pernikahan kami."

  • Advertisement
  • Bagaimana kalau soal KDRT? Nah, kalau kasus yang satu ini, tidak hanya mempengaruhi fisik tetapi juga psikologis korbannya. Tapi tidak sedikit pula mereka yang bertahan dalam pernikahan dengan KDRT. Ini yang biasanya menjadi alasan mereka; kurangnya dukungan sekitar seperti teman dan keluarga. Kemudian rasa takut yang lebih dulu menguasai diri mereka—misalnya rasa takut akan penilaian orang lain di luar rumah tangga.

  • Kemudian, ada pula perasaan takut sendirian di kemudian hari. Ya, ada kalanya wanita berpikir bahwa mereka tak bisa sendirian dan tak yakin jika nantinya mereka bisa bersama dengan orang lain.

  • Bagaimana dengan masalah finansial dalam rumah tangga? Apakah ini juga bisa menjadi pemicu perceraian? Istri yang memiliki penghasilan jauh lebih tinggi dari suami adalah salah satu problem dalam rumah tangga. Entah istri yang jadi cenderung sombong karena merasa membiayai seluruh kebutuhan atau suami yang merasa harga diri dan tanggung jawab mereka diragukan—padahal mungkin sang istri tidak pernah mempermasalahkan.

  • Ya, banyak alasan yang bisa menjadi latar belakang pasangan untuk memutuskan bercerai. Tapi tetap saja, apapun permasalahannya, cerai atau tidak cerai, tentunya setiap kita harus bisa memilih dengan bijaksana.

  • Cinta sejati adalah cinta yang mampu membuat setiap individu tidak cepat menyerah terhadap pasangannya.

  • "True love stories never have endings." - Richard David Bach, penulis berkebangsaan Amerika

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

RIP Brangelina. Apa kesalahan pasangan yang tidak bisa Anda toleransi hingga cerai menjadi pilihan?

Sejauh apakah batas toleransi kesalahan yang berlaku diantara Anda dan pasangan? Pernahkah Anda membicarakannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr