Yang harus diperhatikan bagi Anda orangtua tunggal

Anda diharapkan menjadi pribadi yang tangguh, Ayah sekaligus Ibu bagi anak-anak Anda.

231 views   |   shares
  • Menjadi orang tua tunggal adalah perjuangan yang harus dijalani, suka maupun tidak, oleh sebagian orang. Menjadi ibu sekaligus ayah, bukan hal yang mudah. Jika Anda salah satu di antaranya, jangan sesali keadaan, lakukan hal-hal berikut:

    1. Berusaha menjadi ayah dan ibu sekaligus. Otomatis, Anda akan mengambil peran keduanya bagi anak-anak Anda. Perlu diingat, anak membutuhkan sosok seimbang antara ayah dan ibunya. Jangan sampai mereka kehilangan hal tersebut. Berlatihlah untuk menjadi tegas menggantikan peran ayah, namun selalu lembut layaknya seorang ibu jika diperlukan.

    2. Perhatikan kebutuhan anak. Mereka cenderung tidak mengutarakan kebutuhannya jika tidak ditanya. Berkomunikasi secara rutin dengan mereka, agar anak-anak dapat dengan nyaman mengutarakan perasaan mereka terhadap Anda.

    3. Jadilah teladan yang baik. Menjadi orang tua tunggal bukan berarti Anda gagal menjadi teladan bagi anak. Dengan menjalani hidup Anda secara baik, jujur, penuh kerja keras dan kasih sayang, maka dengan sendirinya anak akan menaruh hormat kepada Anda.

    4. Libatkan anak untuk bekerja sama dengan Anda melakukan hal-hal yang dapat dilakukan bersama seperti memasak, mencuci atau pekerjaan rumah lainnya. Apapun yang dilakukan bersama, tentu akan terasa lebih ringan dan cepat. Bonusnya, Anda dapat lebih dekat dengan anak.

    5. Libatkan orang terdekat untuk membantu mengawasi anak Anda. Misalnya orang tua atau kerabat dekat yang dapat menjadi peran pengganti bagi anak. Sesekali saat liburan, ajak anak mengunjungi saudara-saudaranya agar mereka tidak kesepian.

    6. Atur keuangan Anda. Menjadi orang tua tunggal berarti sumber pemasukan yang tunggal pula. Tentu berbeda dengan ketika Anda memiliki seseorang yang membantu keuangan keluarga. Tidak perlu menyesali, kencangkan ikat pinggang Anda dan atur keuangan sebaik mungkin agar hidup Anda dan anak dapat layak sambil tetap memiliki tabungan untuk dana pendidikan anak kelak.

    7. Atur emosi Anda. Tak jarang menjadi orang tua tunggal seseorang memiliki beban emosi dobel yang tidak bisa dibagikan sepertihalnya pasangan umum. Karenanya, sering-sering lakukan kegiatan yang dapat melepaskan stress Anda.

    8. Fokus pada apa yang Anda miliki saat ini. Kebanyakan orang melihat ke atas sehingga lupa pada apa yang dimiliki saat ini. Padahal dengan melihat keadaan Anda sekarang, Anda akan banyak bersyukur masih banyak yang lebih malang dari keadaan Anda.

    9. Bersabar dan bersyukur. Menjadi orang tua tunggal merupakan salah satu tantangan dan ujian bagi seseorang untuk bersabar dan terus bersyukur. Sabar akan keadaan yang dihadapi saat ini, dan terus bersyukur pada apa yang sudah dimiliki sampai saat ini.

    10. Penting bagi Anda untuk selalu bersyukur dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Cobaan demi cobaan dalam hidup telah membuat ANda kuat seperti sekarang ini, bahkan jauh lebih kuat daripada yang pernah Anda bayangkan.

    11. Menjadi orang tua tunggal, Anda diharapkan menjadi pribadi yang tangguh karena menjadi satu-satunya tumpuan bagi anak-anak Anda.

  • Advertisement
  • Jadilah orang tua yang terbaik bagi anak Anda, pribadi yang membuat mereka bangga. Jangan menyesali keadaan pernikahan dan hidup Anda, berfokuslah pada kehidupan Anda ke depan. Terus maju dan hiduplah berbahagia.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Yang harus diperhatikan bagi Anda orangtua tunggal

Anda diharapkan menjadi pribadi yang tangguh, Ayah sekaligus Ibu bagi anak-anak Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr