Ketika sang ayah sekaligus berperan sebagai ibu rumah tangga

Bagaimana ketika sang ayah berperan sebagai ibu rumah tangga juga? Apa pendapat Anda dan bagaimana Anda menyikapinya?

923 views   |   4 shares
  • Dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki peran dan kedudukannya masing-masing. Ayah berkedudukan sebagai kepala rumah tangga yang berperan sebagai pemimpin, pelindung dan pencari nafkah. Bertanggung jawab atas kesejahteraan seluruh anggota keluarga. Sedangkan Ibu berkedudukan sebagai istri dan ibu rumah tangga yang berperan sebagai pendamping suami, dan bertanggung jawab atas urusan rumah tangga dan keluarga.

  • Sudah seharusnya bagi ayah dan ibu menjalankan perannya masing-masing sesuai kedudukannya. Namun, seiring berkembangnya zaman, pergeseran peran antara ayah dan ibu bisa saja terjadi. Di sinilah ayah dan ibu dituntut untuk dapat multifungsi dan fleksibel menyesuaikan keadaan. Akan ada banyak keadaan tak terduga yang mau tidak mau mengharuskan seorang ayah untuk dapat berperan sebagai ibu rumah tangga begitupun sebaliknya.

  • Bagaimana ketika sang ayah berperan sebagai ibu rumah tangga juga? Apa pendapat Anda dan bagaimana Anda menyikapinya?

  • "Dalam situasi tertentu dan mendesak, ayah harus bisa berperan sebagai ibu rumah tangga juga. Misalnya saja, ketika ibu sedang sakit atau ibu sedang keluar kota untuk beberapa hari lamanya. Di sinilah peran ibu harus diambil alih ayah. Selama ibu tidak ada, semua pekerjaan dan tanggung jawab ibu menjadi tanggung jawab ayah. Mulai dari mengurus pekerjaan rumah, menyediakan makanan dan mengurus anak-anak (jika punya anak) harus bisa ditangani ayah. Apalagi bila keluarga tersebut tidak memiliki asisten rumah tangga. Sudah pasti akan merepotkan. Namun, ayah yang bertanggung jawab pasti akan melakukan apa saja sekalipun harus berperan ganda menjadi ibu rumah tangga." (Nico, pegawai swasta, Malang)

  • "Saat ini, peran ayah tidak sebatas pencari nafkah semata, ayah juga bisa mengurus anak, memandikan anak, mencuci piring, belanja atau bermain bersama anak. Apa pun yang menyangkut keluarga dan rumah tangga adalah tanggung jawab bersama. Saat ayah berperan sebagai ibu rumah tangga juga, saat itulah dia belajar dan merasakan bahwa peran ibu rumah tangga juga tidak ringan. Itu artinya peran ayah dan ibu memiliki kesetaraan." (Maria, 40 tahun, Malang)

  • "Perceraian dengan istri, mengharuskan saya berperan sebagai orangtua tunggal untuk dua anak saya. Kebetulan hak asuh anak jatuh ke saya. Jadi, siap tidak siap saya harus bisa berperan menjadi ibu juga buat mereka. Walau bagaimanapun, mereka masih membutuhkan sosok seorang ibu. Dalam kondisi seperti itu, saya harus bisa melakukan apa yang biasa mantan istri saya lakukan bersama mereka. Dengan begitu, mereka tidak merasa kehilangan perhatian dan kasih sayang dari ibunya. Perceraian ini juga berdampak pada pekerjaan saya. Saya terpaksa harus mencari pekerjaan lain yang memungkinkan saya memiliki banyak waktu bersama kedua anak saya." (Cahyo, Malang, wiraswasta)

  • Advertisement
  • Untuk kasus perceraian atau perpisahan, penyesuaian peran ibu rumah tangga memang tidak mudah untuk dilakukan ayah dan mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendalaminya. Karena semua tanggung jawab ibu diserahkan penuh kepada ayah. Di sini ayah harus lebih ekstra sabar menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

  • Seorang ayah harus bisa diandalkan dalam segala hal. Dia bukan hanya bisa menjadi ibu, dia juga harus bisa menjadi guru, sahabat, koki, menteri keuangan dalam rumah tangga. Ketika ibu tidak lagi bisa menjalankannya perannya karena sesuatu hal, ayahlah yang harus menggantikannya. Ke depannya, antara ayah dan ibu sebaiknya ada kesepakatan terlebih dahulu tentang pembagian peran.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ketika sang ayah sekaligus berperan sebagai ibu rumah tangga

Bagaimana ketika sang ayah berperan sebagai ibu rumah tangga juga? Apa pendapat Anda dan bagaimana Anda menyikapinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr