Tahukah Anda? Peran Anda sangat penting untuk setiap ibu menyusui

Sudahkah Anda mendukung para ibu menyusui? Tunjukkanlah dengan cara-cara sederhana

355 views   |   1 shares
  • Jika Anda termasuk sebagai seseorang yang berada di sekeliling ibu menyusui, itu artinya ini saatnya Anda tahu betapa pentingnya peran Anda bagi para 'busui' di sekeliling Anda.

  • Hal inilah yang coba disampaikan pada acara temu wicara yang digagas oleh Lactamil, Minggu (18/9) lalu di Hotel Sultan, Jakarta. Persisnya, tema yang mereka angkat adalah "Dukung Ibu Menyusui untuk Awal yang Baik bagi Si Kecil".

  • Seperti yang telah kita tahu, menyusui adalah tahapan yang paling penting dalam proses pertumbuhan bayi dan proses membangun hubungan antara ibu dan bayi.

  • Tapi, menyusui di jaman modern seperti sekarang ini tampaknya justru semakin tabu. Belum lagi 'pesona' susu formula yang luar biasa seringkali membuat banyak ibu akhirnya menyerah pada proses menyusui (yang memang rumit, melelahkan dan menyakitkan).

  • Dengan tagar #mamapasti bisa, Lactamil mencoba membangkitkan semangat para ibu menyusui untuk tetap memperjuangkan ASI untuk anak-anak mereka—yang nantinya juga akan menjadi generasi penerus bangsa.

  • Untuk mendukung para Mama untuk dapat memberikan ASI Ekslusif bisa dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan diri Mama terutama melalui dukungan dari lingkungan sekitar seperti suami, keluarga, teman-teman, hingga kerabat di tempat kerja yang diberikan secara terus-menerus.

  • Wujud dukungan yang diberikan Lactamil, seperti disampaikan Brand Manager Lactami, Widita Sukma Wimala, dilakukan dengan menghadirkan Lactasis—yang mengandung ADIK+, Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi dan Kalsium serta ekstrak daun katuk sebagai salah satu pilihan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Mama selama masa menyusui. Selain itu juga menghadirkan para ahli laktasi untuk melengkapi pengetahuan para ibu akan pentingnya menyusui.

  • Sementara itu, Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, "Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurangnya dukungan terhadap Mama bisa melemahkan frekuensi menyusui, sehingga rentan gagal dan menyerah memberi ASI kepada anaknya. Intensi ibu untuk menyusui sangat dipengaruhi oleh suami atau ayah bayi, dibandingkan orang lain, walaupun tentunya dukungan keluarga besar, tetangga dan teman juga sangat dibutuhkan."

  • Menurut Anna, dukungan kepada para Ibu bisa diterjemahkan dalam banyak aksi seperti membantu mengurus bayi dan mengerjakan tugas rumah tangga, "Dukungan juga dapat diberikan dengan mendengarkan keluh kesah dan meyakinkan Mama bahwa ia adalah Mama yang baik untuk bayinya, sehingga ia lebih semangat dalam menyusui si Kecil," ujarnya.

  • Advertisement
  • Seperti yang telah kita ketahui bersama, ASI memiliki manfaat jangka panjang bagi si kecil seperti halnya; mengurangi risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular saat dewasa (Horta, 2007).

  • Sedangkan untuk para busui, ASI juga bermanfaat mengurangi risiko stres (Groer, 2005), risiko osteoporosis (Karlsson, 2005), dan risiko obesitas (Kac G, 2004).

  • Faktanya, Indonesia dengan angka kelahiran yang cukup tinggi—yaitu lebih dari 4 juta per tahun, tidak diimbangi dengan jumlah Ibu yang berkomitmen memberikan ASI Eksklusif untuk anak-anak mereka. Berdasarkan data hasil riset Riskesdas tahun 2013 mengungkapkan cakupan ASI di Indonesia atau ibu yang memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan hanya sebesar 42 persen. Angka ini masih jauh di bawah target WHO yang mewajibkan cakupan ASI mencapai 50 persen dari angka kelahiran.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

Tahukah Anda? Peran Anda sangat penting untuk setiap ibu menyusui

Sudahkah Anda mendukung para ibu menyusui? Tunjukkanlah dengan cara-cara sederhana
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr