Apa yang Orang Tua Para Atlet Harus Ketahui

Anak Anda ingin menjadi atlet? Sebelum Anda mendukung keputusannya, ketahuilah hal-hal berikut.

2,094 views   |   1 shares
  • Anak Anda ingin menjadi atlet? Sebelum Anda mendukung keputusannya, ketahuilah hal-hal berikut.

  • Utamakan pendidikan, bukan medali

  • Pertama, pahamilah bahwa tidak semua anak adalah calon juara Olimpiade. Pada kenyataannya, kebanyakan anak tidak akan pernah bersaing di tingkat perguruan tinggi. Jangan mengorbankan pendidikan demi olahraga. Olahraga melengkapi pendidikan karena olahraga menambah variasi dan aktivitas fisik bagi siswa. Partisipasi olahraga mempromosikan kebiasaan sehat dan dapat meningkatkan harga diri seorang anak. Namun, dalam jangka panjang, kinerja pendidikan yang mantap akan menjadi alat kesuksesan terbesar.

  • Tertiblah di lapangan

  • Ingatlah bahwa pelatih tahu lebih banyak tentang melatih anak Anda daripada Anda. Namun Anda tahu pribadi anak Anda lebih baik daripada siapapun. Binalah hubungan baik dengan pelatih anak Anda. Pelatih bukanlah musuh Anda! Anda mungkin saja ingin memberikan wawasan motivasi yang tepat bagi anak Anda, tapi itu tidak berarti Anda berhak menentang keputusan pelatih. Jika Anda membina hubungan yang positif dengan pelatih anak Anda, dia akan mau mendengarkan masukan Anda.

  • Biarkan anak Anda berjuang keras untuk timnya

  • Ada nilai besar dalam kerjasama tim. Atlet belajar banyak pelajaran hidup dan kemampuan mengatasi masalah melalui olahraga bersama timnya. Di sisi lain, ada banyak kelebihan dari prestasi individu. Olahraga seperti gulat, lari, dan tenis memungkinkan atlet Anda untuk tampil sendiri. Belajar bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalannya sendiri akan membantunya menangani tantangan pribadi di kemudian hari.

  • Makanlah seperti atlet

  • Nutrisi sangatlah penting bagi semua anak yang aktif, tetapi kebutuhan spesifik sangat bervariasi tergantung pada setiap anak. Saya punya tiga orang pelari. Satu pelari memerlukan diet ringan yang baik untuk perutnya saat berlomba. Pelari yang kedua adalah pelari jarak jauh sehingga dia perlu lebih banyak kalori. Pelari ketiga punya banyak energi dalam tubuhnya sehingga dia bisa saja makan diet ringan selama berlomba, tapi dia lebih suka makanan berat. Semua pelari ini perlu hidrasi. Atlet perlu banyak minum air.

  • Belajarlah melakukan P3K

  • Rasa sakit seringkali menakutkan bagi seorang atlet muda, tetapi itu bukanlah alasan untuk menjadi panik. Seringkali rasa sakit adalah pertanda bahwa bagian-bagian tubuh sedang diuji dan diperkuat. Bawalah plaster, kantong es dan obat penghilang nyeri untuk membantu anak Anda menangani rasa sakit ringan yang disebabkan oleh aktivitas olahraga. Di sisi lain, terkadang rasa sakit adalah indikasi cedera olahraga yang serius. Berkonsultasilah dengan dokter keluarga Anda untuk membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk menjalani perawatan medis yang khusus.

  • Advertisement
  • Hiburlah anak Anda

  • Bahkan atlet terbaik pun punya saat-saat putus asa. Ada hari-hari ketika dia meragukan kemampuannya. Ketika anak Anda pulang ke rumah dari latihan dan ingin berhenti, tugas Anda adalah untuk mendukung dan memahaminya. Tingkatkan rasa percaya dirinya dan peliharalah hasratnya untuk menjadi unggul. Ingatkan dia bahwa keberhasilan memerlukan waktu. Jangan memarahi anak Anda jika dia tidak menang. Tidak ada piala yang lebih berharga daripada hubungan Anda dengan anak Anda.

  • Ingatlah, ini seharusnya menyenangkan

  • Di atas segalanya, jangan takut untuk membiarkan anak Anda mengubah keputusannya. Jika atlet Anda ingin mencoba olahraga lain seperti sepak bola atau lari jarak jauh, biarkan dia mencobanya. Sebagai orang tua, Anda dapat membantu anak Anda membuat keputusan terbaik. Dengarkan hati Anda dan dengarkan anak Anda, lalu dukunglah dia dalam usahanya. Ingatlah, anak Anda tertarik pada olahraga agar dia dapat meningkatkan dirinya dan bersenang-senang, bukan agar orangtuanya dapat menyombongkan keberhasilan anak mereka pada orang lain.

  • Dukunglah anak Anda

  • Pada akhirnya, atlet Anda perlu tahu bahwa Anda percaya dia dapat menjadi juara Olimpiade! Jadilah penggemar terbesar anak Anda. Ketika dia gagal, berikan pujian karena dia menerima kekalahannya dengan baik. Ketika dia menang, rayakanlah kemenangannya. Ketika dia berusaha semampunya, bersukacitalah dalam pertumbuhannya. Lakukan ini, dan anak Anda akan menerima kemenangan seumur hidup.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "What every athlete’s parent should know" karya Carol M. Green.

Bantu kami menyebarkan

Carol M. Green runs to stay healthy enough to enjoy her children and grandchildren. She lives in rural Idaho and loves the country life. Visit her blog at http://carolmgreen.blogspot.com/

Apa yang Orang Tua Para Atlet Harus Ketahui

Anak Anda ingin menjadi atlet? Sebelum Anda mendukung keputusannya, ketahuilah hal-hal berikut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr