Ayo lindungi keluarga dari ancaman Zika

Dunia tengah mencekam akibat virus Zika. Selagi para ahli dan ilmuwan berjuang menemukan vaksin yang ampuh untuk virus ini, angkat tameng dahulu untuk keluarga Anda dengan melindungi mereka secara paripurna.

264 views   |   3 shares
  • Ketakutan mencekam dunia. Sebuah virus bernama Zika, menjadi penyebabnya. Virus yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang juga menyebarkan virus demam dengue dan chikungunya, menyita perhatian warga dunia. Penyebarannya yang melesat dalam setahun belakangan, membuat para wisatawan dan pekerja yang biasa berkunjung lintas negara bahkan benua, menjadi was-was. Peringatan perjalanan (travel warning) pun dikeluarkan kepada beberapa negara yang sedang terjangkit virus ini, yang terbaru adalah kepada negara tetangga, Singapura.

  • Virus ini dianggap berbahaya, khususnya bagi ibu hamil, dimana terjadi risiko kecacatan pada janin. Hingga kini pun, diklaim belum ada vaksin untuk menangkal virus ini. Yang dapat dilakukan sekarang adalah mencegah terjangkitnya virus, penularan, dan penyebarannya. Apa yang dapat Anda mulai lakukan? Inilah langkah-langkahnya.

  • Perlindungan pertama yang dapat Anda sekeluarga lakukan adalah dengan melindungi tubuh dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua spesies ini aktif di siang dan malam hari. Berarti, perlindungan pun wajib Anda lakukan sepanjang hari. Perlindungan yang bisa Anda mulai kerjakan :

    1. Memakai pakaian lengan panjang dan celana atau rok panjang. Lindungi juga tempat tidur Anda sekeluarga dengan kelambu, khususnya untuk bayi dan anak-anak.

    2. Menggunakan penangkal gigitan nyamuk, berupa minyak oles, krim, losion, stiker yang ditempelkan pada pakaian, maupun obat nyamuk yang digunakan pada ruangan rumah Anda.

  • Untuk menghindari efek samping dari bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam penangkal nyamuk (umumnya DEET), Anda dapat mencoba produk berbahan alam, seperti essential oils tertentu. Sebut saja citronella, lemongrass, lavender, rose geranium, lemon, di antara tanaman yang berkhasiat sebagai penangkal nyamuk alami.

  • Advertisement
  • Cobalah membuat spray anti nyamuk dan serangga alami seperti dalam resep ini.

    • Ke dalam botol semprot ukuran 240 ml, isilah dengan 120 ml air terdestilasi atau air yang telah dimasak matang.

    • Tambahkan natural witch hazel hingga hampir penuh.

    • Masukkan ½ sendok teh gliserin nabati (sesuai selera Anda)

    • Bubuhkan 30-50 tetes essential oils pilihan Anda. Kocok sebelum digunakan.

  • Sebagai catatan, produk penangkal nyamuk seperti ini sebaiknya digunakan pada anak usia 2 bulan ke atas dan untuk lemon eucalyptus sebaiknya digunakan pada anak usia 3 tahun ke atas.

  • Perlindungan kedua dapat Anda terapkan pada sekeliling rumah Anda, yaitu

    1. Memasang pendingin udara di kamar.

    2. Menutupi pintu, jendela, dan ventilasi dengan kasa nyamuk.

    3. Membersihkan rumah secara teratur, khususnya dari barang-barang yang dapat menampung air tergenang ataupun menjadi sarang nyamuk.

    4. Tidak membiarkan pakaian kotor tergantung berantakan.

    5. Membersihkan bak mandi, penampungan air, menutupnya dengan rapat, dan membubuhkan bubuk pembasmi jentik.

    6. Memilih satu anggota keluarga untuk aktif berperan dalam Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik) guna mengawasi kebersihan dan keamanan rumah dari jentik-jentik nyamuk Aedes

  • Perlindungan ketiga hadir dalam gaya hidup Anda, di antaranya

    1. Atur kembali rencana wisata Anda dengan menghindari negara-negara atau daerah-daerah yang mendapatkan peringatan perjalanan karena menjadi tempat penyebaran virus Zika. Anda dapat memeriksa negara-negara tersebut pada daftar yang dikeluarkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang selalu diperbaharui berkala.

    2. Jika Anda (terpaksa) tetap melakukan perjalanan ke negara atau daerah yang terjangkit virus Zika, maka lakukan perlindungan terhadap diri dan lingkungan Anda tinggal, termasuk menggunakan kondom saat berhubungan intim dengan istri/suami. Virus Zika juga menular melalui hubungan seksual, sehingga perlindungan pun wajib dilakukan pada kegiatan intim ini.

    3. Terapkan gaya hidup sehat untuk membangun daya tahan tubuh yang prima, melalui :

    4. Istirahat cukup dan berkualitas

    5. Menghindari rokok, minuman beralkohol, dan narkoba

    6. Berolahraga rutin, minimal tiga kali seminggu

    7. Menjaga higienitas dan kebersihan diri

    8. Rutin berjemur di bawan sinar mentari pagi selama 15-20 menit sebelum pukul 08.30

    9. Mengonsumsi bawang putih dan yogurt, yang akan membantu meningkatkan imunitas alami

    10. Jauhi stres yang menguras fisik dan mental Anda

  • Advertisement
  • Selagi para ahli dan ilmuwan berjuang menemukan vaksin yang ampuh untuk virus Zika, angkat tameng dahulu untuk keluarga Anda dengan melindungi mereka secara paripurna. Setiap penyakit pada dasarnya akan dapat teratasi dengan imunitas tubuh yang terjaga baik dan lingkungan bersih bebas dari sumber penyakit.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Ayo lindungi keluarga dari ancaman Zika

Dunia tengah mencekam akibat virus Zika. Selagi para ahli dan ilmuwan berjuang menemukan vaksin yang ampuh untuk virus ini, angkat tameng dahulu untuk keluarga Anda dengan melindungi mereka secara paripurna.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr