Ayah, inilah 8 hal yang paling diharapkan oleh Ibu dari dirimu

Menjadi mitra pengasuhan bersama Ibu, Ayah mengemban amanat besar untuk mendidik dan membentuk anak menjadi karakter yang kuat. Sebagai suri tauladan, hendaknya Ayah melakukan 8 hal yang paling diharapkan Ibu berikut ini.

440 views   |   6 shares
  • Predikat Ayah dapat Anda dapatkan secara alami, dengan mewariskan keturunan bersama istri tercinta. Namun, tidak semua Ayah memiliki sifat "kebapakan". Akhirnya, Ayah ada namun seperti tiada. Kehadiran fisik Anda tidak dibarengi dengan kematangan mental dan kesiapsediaan Anda menjalankan tanggung jawab sebagai pemimpin serta teladan.

  • Seorang Ayah tidak hanya berperan sebagai pencari nafkah keluarga. Ayah menentukan kemana keluarga akan berlayar mengarungi kehidupan. Ayah adalah contoh dan suri tauladan. Ayah juga berperan besar di dalam pengasuhan, mendukung Ibu dalam mendidik anak-anak.

  • Anda seorang calon Ayah atau telah menjadi seorang Ayah, cermati 8 hal dari calon Ayah yang diidamkan para istri untuk membangun keluarga bahagia ini.

  • 1. Mendukung pemberian ASI

  • Menyusui adalah sebuah proses alami yang dijalani oleh ibu dan bayi. Namun, keberhasilan pemberian Air Susu Ibu (ASI) juga dipengaruhi oleh faktor dukungan dari orang-orang terdekat Ibu, dimulai dari sang Ayah. Menjadi seorang "Ayah ASI", sangat berarti besar bagi istri Anda. Ia menjadi lebih tenang, percaya diri, dan efeknya, ASI pun lebih lancar serta proses menyusui menjadi lebih menyenangkan untuk dijalani. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan dukungan Anda, di antaranya :

    • Menyemangati istri Anda, termasuk mengapresiasi usahanya, menghiburnya di kala ia merasa down, dan mendampinginya di waktu-waktu "kritis".

    • Berdiskusi tentang perasaan dan ekspektasi masing-masing tentang pengasuhan, khususnya pemberian ASI.

    • Aktif terlibat dalam proses pengasuhan dan pemberian ASI. Tak ada salahnnya Anda rajin melakukan pijat oksitosinuntuk istri guna membantu kelancaran produksi dan pengeluaran ASI.

    • Meringankan beban pekerjaan rumah tangga, saat istri Anda disibukkan dengan anak.

    • Memastikan istri Anda mendapatkan asupan makanan dan minuman bergizi seimbang dengan jadwal teratur.

    • Mendampingi istri Anda menemui konselor laktasi saat menghadapi tantangan menyusui yang tak dapat Anda atasi berdua.

  • Advertisement
  • 2. Ringan tangan membantu pekerjaan rumah tangga

  • Seperti halnya kapal yang dinahkodai dua gender berbeda, acap kali pria merasa jengah terlibat dalam pekerjaan rumah tangga. Padahal, dengan Ayah turun tangan membersihkan rumah, memasak, atau pekerjaan lain yang identik dengan peran Ibu, akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Seperti penelitian dari British Columbia Universityini. Ayah yang tak segan turun tangan membantu pekerjaan rumah dan pekerjaan lain yang identik dengan pekerjaan wanita, membuat anak-anak perempuan tertarik untuk memiliki karir. Singkatnya, Anda turut mendorong penyetaraan gender dalam angkatan kerja dan membentuk pola pikir generasi muda yang lebih fleksibel.

  • 3. Mendampingi anak bertualang dan belajar dari dunia

  • Anak ditakdirkan menjadi petualang dan pembelajar tanpa batas. Rasa ingin tahu yang luar biasa perlu mendapatkanpendampingan dan arahan tepat untuk mendatangkan ilmu bermanfaat. Hadirlah selalu di sisi mereka, menunjukkan hal-hal terbaik dari dunia, sekaligus menyadarkan mereka akan hal-hal yang ada di luar zona nyaman. Hidup terdiri dari sisi hitam, putih, bahkan abu-abu. Tak ada sosok yang paling sesuai untuk mengajarkan anak tentang arti kehidupan, selain Ayah, pemimpin keluarga tercinta. Manfaatkan bakat dan minat Anda untuk mendukung proses pembelajaran ini. Namun, bukalah juga kemungkinan Anda untuk belajar hal-hal baru bersama buah hati tercinta. Keterlibatan Ayah akan menjadikan anak, seorang pribadi yang terbuka, bersahabat, percaya diri, dan terhindar dari pengaruh negatif di dunia.

  • 4. Menerima berubahnya arti kebebasan hidup

  • Banyak lelaki merasa takut, menikah kemudian memiliki anak, akan merenggut kebebasan yang selama ini terbentang luas. Tak perlu cemas, perjalanan sebagai Ayah akan menghadirkan kesenangan baru dalam hidup Anda. Waktu istirahat atau menjalankan hobi sangat mungkin berkurang, sementara waktu. Jagalah komunikasi dan koordinasi dengan pasangan, istri Anda juga mengalami hal serupa, bukan? Setelah anak hadir, mayoritas pasangan akan menikmati setiap detik yang dihabiskan bersama buah hati. Mengenai hobi, Anda dapat tetap menjalankannya, termasuk melibatkan keluarga dalam hobi Anda. Menghabiskan waktu dengan kegiatan kesukaan dan orang-orang tersayang tentu membawa arti lebih dari sekadar bersenang-senang.

  • Advertisement
  • 5. Mengelola stres dengan bijak

  • Keluarga menjadi salah satu penyebab stres pada pria dewasa. Seringkali, stres yang tidak terkelola baik membawa kepada hal-hal negatif, seperti merokok, kebiasaan makan tak sehat, bahkan ketergantungan zat berbahaya (alkohol dan narkoba). Padahal, seperti dikutip dari American Psychological Association(APA), orang tua yang mampu mengelola stres dengan baik, akan membantu membangun karakter anak dan menghindarkan mereka dari terjerumus ke dalam hal-hal merugikan. Para ayah yang berkegiatan fisik bersama anak, akan terbantu dalam penanganan stres sekaligus menerapkan gaya hidup sehat bersama anak. Aktivitas fisik dapat memicu pelepasan hormon endorfin, menjadikan tubuh lebih rileks dan terasa bahagia.

  • 6. Menjadi pahlawan yang realistis

  • Sudah kodratnya, Ayah akan hidup di dalam ekspektasi Si Kecil untuk menjadi pahlawan favoritnya. Hadirlah dalam momen-momen penting hidupnya dan ciptakan memori indah bersamanya. "Selamatkan" ia dari kesulitan, sembari semangati dirinya untuk turut menjadi pahlawan di masa mendatang. Di sisi lain, Anda pun patut bersikap realistis. Akui dengan jiwa ksatria, saat Anda merasa tak mampu menjawab pertanyaannya. Tawarkan ia untuk mencari jawabannya bersama dan berikan kesempatan pada Si Kecil untuk sekali waktu menjadi pahlawan bagi Anda.

  • 7. Menghargai kaum Hawa

  • Sebagai sosok yang dikagumi, Ayah akan menentukan bagaimana kelak anak-anak akan tumbuh dan berkembang. Caranya, dengan menghargai Ibu sebagai rekan pengasuhan dan wanita secara umum. Seorang pria yang menghargai wanita, menanamkan sebuah pemikiran positif kepada keturunannya. Sang anak lelaki akan memahami bagaimana caranya memperlakukan pasangan. Si anak perempuan akan tumbuh percaya diri dan tidak serta merta terlena kepada pelukan sembarang lelaki, demi memenuhi hausnya perhatian yang menderanya.

  • 8. Berdamai dengan ekspektasi

  • Memilki cita-cita adalah hal yang positif sebagai pembangkit motivasi. Namun, adakalanya dunia berputar tidak seperti apa yang kita harapkan. Sebagai Ayah, mengelola ekspektasi menjadi sangat penting. Anda merelakan untuk mengurangi tuntutan-tuntutan kejam yang nantinya (sadar atau tidak sadar) akan Anda bebankan kepada pasangan dan anak-anak. Menjadi pendorong semangat, itulah peran Anda. Tentu berbeda dari memaksakan ambisi Anda untuk tercapai sesuai keinginan. Saat Anda melepaskan dengan ikhlas, justru Anda sedang meraih sebuah kedamaian yang kekal terpelihara di dalam keluarga Anda.

  • Advertisement
  • Besarnya tanggung jawab Ayah, membutuhkan karakter-karakter kuat untuk dapat menjalankan amanat dengan baik dan konsisten. Perjalanan Anda tak selamanya mulus. Keikhlasan dan kekompakan Anda bersama pasangan akan mempertahankan perjuangan Anda untuk menciptakan masa depan bahagia anak dan keluarga.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Ayah, inilah 8 hal yang paling diharapkan oleh Ibu dari dirimu

Menjadi mitra pengasuhan bersama Ibu, Ayah mengemban amanat besar untuk mendidik dan membentuk anak menjadi karakter yang kuat. Sebagai suri tauladan, hendaknya Ayah melakukan 8 hal yang paling diharapkan Ibu berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr