Sebenarnya apa yang membuat Anda menunda-nunda untuk melakukan sesuatu?

Apakah Anda seorang yang suka menunda-nunda sesuatu? Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

906 views   |   4 shares
  • Apakah Anda seorang yang suka menunda-nunda sesuatu? Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

  • "Nak, apakah kamu sudah siap menghadapi ujian nanti?" tanya seorang Ibu kepada putranya yang sedang asyik main video game. "Ah, nanti aja, mama, ujian masih sebulan lagi, udah diributin dari sekarang." "Eh," lanjut Ibunya setengah kesal, "Kan ujiannya untuk semua pelajaran, kalau tidak dicicil mulai sekarang, kapan lagi?" "Iya, iya, mama gak boleh liat orang senang! Game-nya kan lagi seru-serunya nih!"

  • Percakapan di atas umum terjadi di antara orangtua dan anak. Si anak yang gemar menunda-nunda berkata bahwa dia sudah merasa siap biarpun belum belajar. Tetapi seminggu sebelum ujian dia kalang kabut mencari bocoran dan bahan untuk latihan. Penyakit menunda-nunda banyak menghinggapi orang sekarang. Apa alasannya?

  • Waktu sulit diukur

  • Walaupun sudah diberi ukuran melalui jam, hari, minggu, bulan dan tahun, tetap saja waktu adalah relatif. Bila kita sibuk, rasanya waktu hilang begitu saja, terbang tanpa dapat kita cegah. Tetapi bila tidak ada pekerjaan waktu terasa lama sekali. Seperti bila kita pergi ke dokter dan harus menunggu 2 jam baru dipanggil, rasanya seperti 2 abad, lamban sekali, sebentar-sebentar kita melihat jam, baru 5 menit lewat, sampai rasanya tidak betah duduk.

  • Sesuatu yang kurang kita sukai

  • Dibanding dengan belajar untuk ujian, tentu bermain video game lebih menyenangkan. Karena itu seperti anak di atas, dia lebih mengutamakan bermain daripada belajar. Yang ada di otaknya adalah pikiran, "Nanti sajalah kan masih lama." Tanpa terasa sebulan lewat begitu saja karena keasyikan main game. Waktu tidak dapat diputar balik, sekali berlalu tidak mungkin mengembalikannya.

  • Kurang menghargai waktu

  • Waktu adalah sesuatu yang sangat bernilai dalam kehidupan kita, hendaknya kita gunakan sebaik-baiknya. Jangan mengisinya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Terutama ketika masih muda, anak-anak menganggap waktunya masih banyak sehingga berleha-leha. Sesudah menjelang tua barulah mereka menyesal mengapa tidak rajin menimba ilmu sehingga masa tuanya menderita.

  • Cara mengatasi

  • Biasakan untuk selalu membuat jadwal. Jika kita tidak pandai-pandai membagi waktu, pekerjaan akan terbengkalai. Misalnya bagi murid-murid sekolah, pagi-pagi berangkat sekolah sampai siang. Pulang sekolah terus makan dan membantu cuci piring. Selesaikan dulu PR supaya masih banyak waktu untuk mengerjakannya. Bila PR sudah selesai barulah sisa waktu di petang itu dapat dipakai bersantai seperti nonton televisi, bermain video game, atau mencari hiburan lain.

  • Advertisement
  • Buatlah prioritas

  • Bagi seorang Ibu rumah tangga yang pekerjaannya bertimbun, harus selalu ada susunan prioritas. Mana yang lebih diutamakan, belanja ke pasar atau menyiapkan anak-anak ke sekolah dulu. Mencuci baju atau memasak, membersihkan rumah atau menyetrika baju. Semua itu harus dikerjakan dan sama pentingnya. Jangan mampir ke rumah tetangga pagi-pagi, nanti ngobrol keterusan sampai siang. Akhirnya anak-anak pulang sekolah tidak ada makanan di rumah, rumah masih berantakan. Akibatnya anak-anak jajan bakso, PR juga tertunda, saat menjelang senja mereka masih sibuk belajar, karena sudah mengantuk akhirnya belum selesai sudah masuk kamar dan tidur.

  • Pikirkan akibat buruknya

  • Sikap menunda-nunda akan berkurang jika kita mau mempertimbangkan akibat buruknya. Bukan saja bagi diri kita namun juga bagi orang-orang di sekitar kita. Ada peribahasa Belanda yang bila diterjemahkan artinya "Sesuatu yang ditunda-tunda akhirnya batal." Misalnya perkawinan, bila ditunda-tunda akhirnya tidak jadi dilaksanakan.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sebenarnya apa yang membuat Anda menunda-nunda untuk melakukan sesuatu?

Apakah Anda seorang yang suka menunda-nunda sesuatu? Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr