Yang terjadi pada tubuh Anda akibat seringkali bergadang

Tahukah Anda bergadang tidak baik dilakukan setiap hari? Ini yang terjadi pada tubuh Anda akibat kebiasaan bergadang.

717 views   |   12 shares
  • Di tengah kesibukan yang membuat waktu tidak terasa berjalan sangat cepat, kita kerap kali harus memotong waktu tidur dengan bergadang untuk menghabiskan lebih banyak waktu. Entah untuk bekerja lembur, atau melakukan aktivitas melepas penat kerja seperti membaca, menonton atau berkumpul dengan teman-teman hingga larut malam.

  • Namun perlu diketahui, bergadang tidak baik dilakukan setiap hari. Ini yang terjadi pada tubuh kita jika kerap dipaksa untuk tidur larut malam.

  • Stres dan daya tahan tubuh menurun

  • Secara normal, waktu tidur manusia dewasa adalah minimal delapan jam sehari. Ketika melakukan aktivitas, tubuh dan pikiran kita terus bekerja, karenanya perlu mengistirahatkan tubuh dan pikiran serta metabolisme tubuh kita dengan cara tidur. Sering bergadang dan tidak memenuhi kebutuhan tidur, ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita. Akibatnya tubuh akan lebih lelah dan mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, demam dan lainnya. Ini karena kita memaksa tubuh kita bekerja melebihi kepasitas atau kemampuannya.

  • Susah berkonsentrasi dan pelupa

  • Tidur kurang dari 6 jam dapat menyebabkan seseorang kehilangan fokus atau sulit berkonsentrasi dan seringkali melupakan hal-hal yang penting. Karena daya tahan tubuh melemah, seringkali hal ini juga menimbulkan rasa pusing di pagi hari saat kita bangun dari tidur. Rasa pusing tentu membuat Anda tidak bersemangat, letih, lesu dan lemah, kan? Anda pun jadi sulit berkonsentrasi penuh pada aktivitas yang akan Anda jalani di hari itu.

  • Muka pucat dan mempercepat penuaan dini

  • Salah satu ciri fisik yang tampak jelas pada seseorang ketika bergadang adalah muka terlihat pucat dan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini terjadi karena ketika tidur kurang dari 6 jam, tubuh tidak mampu melepaskan hormon kortisol dan hormon stres secara maksimal. Kedua hormon inilah yang berfungsi sebagai pemecah kolagen dan protein dalam kulit sehingga kulit tampak sehat berseri.

  • Mudah mengantuk dan tidak produktif

  • Ketika kurang tidur, tidak hanya merasa lemas tapi Anda juga akan mudah mengantuk karena kebutuhan istirahat yang belum tercukupi secara baik dan sempurna. Alhasil Anda akan merasa sering mengantuk ketika melakukan aktivitas. Tentu akan merugikan diri Anda sendiri, karena sulit bekerja secara produktif. Banyak juga kasus kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian si pengendara yang berkendara saat mengantuk. Jangan sampai Anda menjadi salah satu korbannya ya.

  • Membunuh gairah seks

  • Advertisement
  • Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada 2002 menunjukkan bahwa rata-rata pria dengan gangguan tidur memiliki level testosteron yang rendah. Peneliti pola tidur juga mengemukakan kesulitan tidur pada wanita dan pria dapat menurunkan libido dan keinginan untuk melakukan hubungan seksual.

  • Usahakan untuk selalu tidur cukup setiap hari dan bangun dengan tubuh yang sudah lebih segar. Dengan demikian Anda siap menghadapi segala aktivitas hari ini.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Yang terjadi pada tubuh Anda akibat seringkali bergadang

Tahukah Anda bergadang tidak baik dilakukan setiap hari? Ini yang terjadi pada tubuh Anda akibat kebiasaan bergadang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr