Kapten Budi, pilot yang menjelma menjadi malaikat bagi ratusan anak yatim piatu

Ia mendirikan panti asuhan bagi ratusan anak terlantar di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kapten Budi, pilot sukses maskapai besar Singapore Airlines ini menyisihkan gajinya dan menjadi ayah untuk tangan-tangan kecil yang membutuhkan kasih sayang.

2,117 views   |   23 shares
  • Aktris Hollywood, Kate Hudson menyebutkan namanya dari atas podium sebagai penerima penghargaan 'The Real Heroes' yang dinobatkan oleh dari kantor berita Amerika Serikat, CNN.

  • Budi Soehardi, pria asli Yogyakarta ini memiliki 'panggilan' luar biasa. Di tengah kesuksesannya berkarier sebagai pilot di maskapai raksasa Singapura, Singapore Airlines, ia menyisihkan penghasilannya untuk mendirikan panti asuhan bersama sang istri di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

  • Captain Budi Soehardi - Bukan Pilot Biasa

    Captain Budi, bukan pilot biasa. Mari kita dukung perjuangan Captain Budi mengembangkan Panti asuhan Roslin dengan berdonasi via: ktbs.in/roslin (Donasi online melalui kitabisa dengan pilihan transfer ke 5 bank dan kartu kredit + dapat laporan via email) Atau transfer langsung ke: Bank BNI Cabang Kupang No rek: 44986115 a/n Yayasan kasih Roslin Swift code BNINIDJAKPA

    Posted by Kitabisa.com on Tuesday, September 13, 2016
  • Dengan guratan wajah penuh kerendahan hati ia maju ke atas panggung dan mengucapkan pidatonya. "Bukan saya pahlawannya...saya ingin anda mengenal pahlawan sebenarnya dalam hidup saya -isteri saya, Peggy."

  • Cerita menakjubkan dalam hidup Budi, istri dan ketiga anaknya dimulai ketika suatu hari pada tahun 1999 ia menyaksikan tayangan di televisi tentang situasi Timor Timur yang penuh dengan pengungsi. Mereka tinggal di kardus dan makan seadanya, demikian kenang Budi. Setelah menyaksikan tayangan itu, Budi kemudian menatap istrinya dalam-dalam. Tanpa banyak berkata-kata, mereka kemudian sepakat untuk berbuat sesuatu.

  • Singkat cerita, mereka kemudian melakukan aksi sosial sebagai langkah awal paling sederhana. Di atas tanah konflik itu, ia bersama keluarganya mendapati banyak hal yang mengenaskan termasuk orang-orang yang sengsara di kamp-kamp pengungsian. Niat baik pun tak kepalang, Budi Soehardi dan isterinya Peggy Lakusa memutuskan untuk membuat sebuah panti asuhan untuk anak-anak korban konflik.

  • Advertisement
  • Dengan menggunakan uang tabungan sendiri, mereka membangun Panti Asuhan yang kemudian dinamakan Roslin. Nama ini diambil dari nama seorang anak yang pertama kali mereka tampung.

  • Selain mendirikan panti asuhan, Budi dan Peggy juga masih melakukan berbagai kegiatan sosial lain, seperti keliling kampung membagikan pakaian dan makanan. "Kami juga membawa buku ke desa-desa dengan dua mobil perpustakan kami, ini kami lakukan supaya anak-anak di desa itu tetap bisa mendapatkan pengetahuan," ujar Budi. Saat ini anak asuh yang langsung berada di bawah Panti Asuhan Roslin berjumlah sekitar 400 anak dari total 1.300 anak di berbagai desa di Nusa Tenggara Timur.

  • Dedikasi Budi dan keluarganya untuk bangsa Indonesia ini kemudian dinominasikan oleh CNN. Namanya masuk dalam nominasi The Real Heroes tahun 2009. Panti asuhan Roslin dihuni oleh 47 orang anak di samping terdapat ratusan anak lainnya yang ikut mereka tanggung di luar panti asuhan. Untuk biaya, ia menggunakan penghasilannya sebagai pilot dan kadangkala bantuan dari teman-teman.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

Kapten Budi, pilot yang menjelma menjadi malaikat bagi ratusan anak yatim piatu

Ia mendirikan panti asuhan bagi ratusan anak terlantar di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kapten Budi, pilot sukses maskapai besar Singapore Airlines ini menyisihkan gajinya dan menjadi ayah untuk tangan-tangan kecil yang membutuhkan kasih sayang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr