Nyaman menyusui di tempat umum? Bisa!

Tak ada alasan untuk menunda pemberian ASI di tempat umum. Kesuksesan Ibu menyusui adalah tanggung jawab kita bersama.

217 views   |   shares
  • Apakah yang Anda rasakan saat melihat Ibu menyusui di tengah keramaian? Tidak nyaman? Tahukah Anda saat merasa lapar, bayi akan menuntut tanpa memandang apa dan di mana Ibu sedang beraktivitas. Kadang seorang Ibu merasa sulit melakukan aktivitas luar ruangan karena hal ini.

  • Memang, saat ini sudah banyak tempat-tempat umum yang menyediakan ruangan khusus untuk balita menyusui dan mengganti popok. Tetapi saat tidak ada, bukan berarti seorang Ibu menyusui tidak dapat melakukannya loh!

  • Bagaimana caranya agar membuat para Ibu tetap nyaman menyusui selama di tempat umum, ini dia tips nya!

  • Siapkan kain penutup

  • Apron/celemek menyusui adalah senjata wajib Ibu menyusui. Tidak punya? Anda bisa menggantinya dengan selendang lebar atau selimut bayi yang terbuat dari bahan tipis agar bayi tetap mudah dan nyaman bernapas saat tertutup kain. Siapkan selalu di tas agar Anda siap menyusui kapanpun dan di manapun. Bagi Ibu yang berkerudung, tentu akan lebih mudah lagi tanpa harus membawa penutup tambahan. Tinggal cari pojok yang tenang dan jauh dari pusat perhatian orang, duduk dan biarkan bayi Anda memuaskan rasa laparnya.

  • Memompa ASI sebelum bepergian

  • Perhatikan rentang waktu perjalanan ke tempat tujuan, lokasi yang dituju dan berapa lama Anda akan berada di lokasi tersebut. Jika lokasi yang Anda tuju tidak kondusif untuk menyusui, atau tidak menyediakan ruang menyusui, Anda bisa memerah ASI sebelum bepergian dan masukkan ke dalam wadah botol susu. Letakkan asi perah di cooler bagagar dapat bertahan selama perjalanan. Jangan lupa susui anak sampai ia puas sesaat sebelum bepergian agar waktu menyusui berikutnya memiliki rentang yang cukup panjang.

  • Jadikan suami sebagai pelindung

  • Menyusui adalah hak sang anak. Kesuksesan memberikan ASI bukan saja tugas Ibu, tetapi juga peran Ayah untuk membantu dan mendukung. Tidak ada salahnya meminta ayah menjadi pelindung untuk menutupi saat Ibu terpaksa menyusui di depan umum. Berlindung di balik punggung sang Ayah tentu akan membuat Ibu lebih nyaman dan terbantu.

  • Menghindari keramaian sejenak

  • Tentu tidak nyaman rasanya, saat terpaksa menyusui di tengah keramaian di mana banyak pasang mata yang mungkin dapat melihat. Jika kain penutup tidak terbawa, botol susu pun tidak disiapkan, tidak ada salahnya Anda menyingkir sejenak dari keramaian, berlindung di balik semak, tembok atau meminjam ruangan tertutup agar Anda dan buah hati merasa lebih nyaman dengan proses menyusui.

  • Advertisement
  • Tak ada alasan untuk menunda pemberian ASI kepada bayi meski sedang berada di tempat umum. Dengan persiapan yang baik seorang Ibu menyusui bisa dengan tenang bepergian dengan bayi tanpa merasa khawatir jika tiba-tiba bayi merasa lapar saat sedang berada di keramaian.

  • Bayi sehat adalah masalah semua orang, tidak hanya Ibu dan keluarga. Karenanya masyarakat umum juga diharapkan untuk membantu mendukung kenyamanan Ibu dan bayi menyusui di manapun dan kapanpun. Anda melihat seorang bayi menangis kelaparan dan Ibu yang kesulitan menyusui karena tidak nyaman? Tawarkan diri Anda untuk membantu menutupinya. Pemerintah pun sebaiknya makin menggalakkan penyediaan bilik menyusui di ruang publik untuk mendukung program bayi ASI ini.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Nyaman menyusui di tempat umum? Bisa!

Tak ada alasan untuk menunda pemberian ASI di tempat umum. Kesuksesan Ibu menyusui adalah tanggung jawab kita bersama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr