Istri tidak nyaman berhubungan intim setelah melahirkan. Kenapa?

Anda kesal dengan penolakan yang terus menerus datang, dan istri yang terlihat sangat sibuk mencurahkan perhatian pada si buah hati. Merasa diabaikan? Jangan! Ketahui dulu alasannya.

2,432 views   |   10 shares
  • 9 Bulan kehamilan adalah sebuah perjalanan panjang yang terkadang menyakitkan dan melelahkan bagi seorang wanita. Ketidaknyamanan dirasakan tidak hanya dari perubahan fisik, kondisi dari dalam perut Ibu, tapi juga hingga perubahan hormon dan ketidaknyamanan lainnya. Hal ini juga berpengaruh pada kenyamanan berhubungan intim, dan dapat berlangsung lama hingga saat persalinan tiba.

  • Beberapa hal yang perlu Anda ketahui, para suami, adalah beberapa ketidaknyamanan yang dirasakan oleh Ibu hamil dan pasca melahirkan antara lain:

  • Organ kewanitaan belum sembuh total

  • Baik melahirkan secara normal ataupun operasi cesar, keduanya tetap memiliki pengaruh ketidaknyamanan yang sama saat harus segera berhubungan intim. Organ dalam kewanitaan belum menutup sempurna seperti sedia kala, begitupula dengan rasa sakit akibat jahitan di organ kewanitaan atau jahitan di bekas operasi cesar yang menyulitkan istri Anda bergerak bebas. Jahitan ini harus dipastikan sudah kering benar dan tidak terjadi infeksi.

  • Berhati-hati juga saat pertama kali melakukannya setelah melewati masa penyembuhan, karena kondisi organ intim kewanitaan yang mudah kering diakibatkan proses menyusui. Rasa nyeri saat pertama kali melakukannya lagi, wajar dirasakan.

  • Kondisi fisik Ibu masih sangat lelah

  • Kehadiran anak memang sangat membahagiakan tetapi juga membutuhkan adaptasi. Ada banyak perubahan yang terjadi dengan kehadiran anak, salah satunya adalah perubahan jam tidur, manajemen waktu yang berubah dalam mengurus rumah, kelelahan karena masih harus belajar banyak dalam hal mengurus bayi dan kurangnya waktu untuk istirahat. Terkadang hal ini membuat istri menjadi mudah lelah baik secara fisik maupun psikis.

  • Inilah yang terkadang membuat istri merasa cepat sekali merasa lelah dan ingin beristirahat ketika ada waktu luang. Jadi jangan langsung merasa kecewa ketika istri menolak diajak berhubungan intim. Bukan karena dia tidak mau, namun kondisi fisiknya yang kelelahan membuat ia memilih untuk tidur ketimbang berhubungan intim.

  • Jika kedua kondisi di atas terjadi, jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan baik bersama pasangan. Utarakan perasaan Anda, dan dengarlah alasannya dengan terbuka. Biasanya masalah terjadi karena kita dan pasangan sama-sama saling mengedepankan keinginan masing-masing sehingga lupa untuk memahami perasaan pasangan.

  • Selain itu, tentu tidak ada salahnya memberikan kesempatan kepada istri untuk beristirahat. Bantu ia mengerjakan pekerjaan rumah di saat Anda sedang libur bekerja. Manjakan istri Anda agar ia merasa tetap dicintai, walau frekuensi bersama jadi sangat berkurang. Ingatlah ketidaknyamanan istri saat berhubungan, jangan sampai menurunkan kualitas kemesraan Anda dan pasangan seperti sebelum kehadiran buah hati kalian.

  • Advertisement
  • Dan yang terakhir, jangan pernah berpikiran bahwa Anda telah diabaikan oleh istri yang terlalu sibuk mengurus si buah hati. Pahamilah bahwa istri Anda hanya membutuhkan waktu di mana ia benar-benar siap secara jasmani maupun rohani untuk kembali bercumbu dengan Anda. Ia tidak akan pernah ingin menyia-nyiakan waktu dan kesempatan saat bersama Anda. Bersabarlah, karena istri Anda selalu ingin memberikan yang terbaik dan tidak ingin mengecewakan Anda.

Baca, hidupkan, bagikan!

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Istri tidak nyaman berhubungan intim setelah melahirkan. Kenapa?

Anda kesal dengan penolakan yang terus menerus datang, dan istri yang terlihat sangat sibuk mencurahkan perhatian pada si buah hati. Merasa diabaikan? Jangan! Ketahui dulu alasannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr