Coba 5 panduan ini ketika kamu nego gaji

Jangan sampai menyesal. Pertimbangkan baik-baik saat menego gaji pada wawancara pekerjaan.

272 views   |   2 shares
  • Saat pertama kali wawancara kerja, menentukan besaran gaji seringkali menjadi masalah dan dilema. Tidak jarang seseorang merasa menyesal saat telah menerima suatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan upah atau gaji yang diterimanya. Karenanya, untuk menghindari penyesalan di kemudian hari, nego gaji di awal wawancara kerja sangatlah penting.

  • Meskipun demikian, Anda juga tetap harus mempertimbangkan berapa besar kemampuan perusahaan membayar Anda. Carilah jalan tengah yang menguntungkan bagi dua belah pihak. Semuanya, tergantung kelihaian Anda menego gaji. Berikut 5 panduan yang dapat Anda intip:

  • 1. Cari tahu terlebih dahulu standar gaji

  • Setiap daerah punya ketetapan sendiri mengenai Upah Minimum Regional (UMR). Setiap pekerjaan atau perusahaan juga telah memiliki standar gaji rata-rata. Sebelum melamar kerja, cobalah mencari informasi dari mana saja, seperti pengalaman orang lain atau internet. Penting mengetahui berapa standar gaji pada posisi yang akan Anda lamar. Informasi ini sangat berguna sebagai dasar Anda mengajukan seberapa besar gaji yang diinginkan.

  • 2. Percaya diri

  • Setiap perusahaan senang memperkerjakan orang yang penuh percaya diri. Karenanya, percaya dirilah dengan kualtas Anda saat melangsungkan wawancara kerja. Indikatornya percaya diri yang dimaksud di antaranya, gaya berpenampilan yang rapih dan terlihat professional, yakin dan tegas saat memberikan jawaban, berjalan dengan penuh keberanian, bahkan yakin saat menanyakan gaji. Sikap ini tentu berbeda dengan sikap overacting atau lebay, jadi Anda harus berhati-hati dalam menyikapi hal ini.

  • Ketika Anda dengan percaya diri dapat menunjukkan kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan tersebut, maka kesempatan untuk diterima dalam posisi tersebut tentu akan lebih besar. Bahkan dapat memperoleh gaji sesuai dengan ekspektasi yang Anda inginkan.

  • 3. Hormati lawan bicara dan bersikaplah profesional

  • Ini adalah nilai plus saat hendak menego gaji. Bersikap sopan dan profesional ketika sedang melakukan wawancara kerja, dapat memberikan kesan yang baik pada perusahaan. Berbicaralah saat diberi kesempatan, jangan menyela terutama saat membicarakan masalah gaji. Tunjukan rasa hormat Anda dan biarkan perusahaan menjelaskan perihal gaji yang ditawarkan untuk posisi tersebut. Ingat pula agar tidak buru-buru dalam menerimanya agar tidak menyesal nantinya. Jika gaji yang ditawarkan tidak sesuai dengan ekspetasi Anda, tetaplah santun dalam menolaknya. Sikap seperti ini dapat menunjukan bahwa Anda adalah pekerja yang professional yang tidak semerta bekerja hanya untuk menerima gaji seadanya.

  • Advertisement
  • 4. Hindari Kata "Terserah"

  • Ketika melamar suatu pekerjaan, pastikan Anda telah siap secara kualitas kompetensi maupun mental. Artinya Anda sudah mematutkan diri menerima pekerjaan tersebut. Pastikan pula Anda telah mempersiapkan range gaji yang diharapkan agar tidak terjebak oleh tawaran perusahaan yang terlalu rendah. Jangan pasrah dan hindari kata "Terserah" dalam menego gaji. Hal sepeti ini justru membuat kualiatas atau kemampuan diri Anda menurun karena terkesan kurang percaya diri.

  • 5. Pertimbangkan fasilitas diluar gaji

  • Ada beberapa perusahaan yang telah memiliki standar gaji tertentu dan sudah tidak dapat diubah. Jika Anda mengalami demikian, sangat sulit untuk dapat menegosiasi gaji sesuai harapan Anda. Namun perhatikan tunjangan-tunjangan yang disediakan, seperti kesehatan, bonus tahunan, bonus pencapaian target, liburan gratis, uang makan dan sebagainya. Hal ini bisa dipertimbangkan dan nilainya mungkin melebihi gaji yang Anda harapkan.

  • Jangan terburu-buru dalam memutuskan. Minta waktu untuk mempertimbangkan yang terbaik untuk Anda. Tidak perlu ragu meminta waktu untuk menjawab nanti, karena masa depan dan kesejahteraan Anda dipertaruhkan di sini.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Coba 5 panduan ini ketika kamu nego gaji

Jangan sampai menyesal. Pertimbangkan baik-baik saat menego gaji pada wawancara pekerjaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr