5 Cara Sederhana untuk Melakukan Sejarah Keluarga

Mencari leluhur kita semakin populer sejak “Roots” disiarkan di televisi pada tahun 1977.

11,196 views   |   6 shares
  • Mencari leluhur kita semakin populer sejak “Roots” disiarkan di televisi pada tahun 1977. Ketertarikan berlanjut dengan program seperti “Who Do You Think You Are”, dimana para selebriti menemukan garis keturunan mereka. Sejarah keluarga bukan saja untuk acara TV atau untuk yang kaya dan terkenal. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memulai sejarah keluarga tanpa mengeluarkan banyak uang:

    1. Sering kali, cara yang paling akurat untuk mendapat informasi mengenai leluhur kita adalah dengan mewawancarai kerabat, khususnya kerabat yang lebih tua yang dapat menjembatani Anda dan leluhur Anda yang telah meninggal. Sering kali, mereka senang berkesempatan untuk berbicara mengenai kenangan mereka dan senang untuk merekam pembicaraan itu. Tidak hanya Anda akan memperoleh informasi, namun juga Anda akan merekam gambar kerabat Anda dan suara asli mereka.

    2. Tanyakan mengenai catatan keluarga seperti akta kelahiran atau buku keluarga. Dalam hirarki sumber informasi, catatan pribadi seperti ini lebih dipilih karena catatan ini adalah yang paling akurat.

    3. Sumber informasi daring, seperti ancestry.com dan new.familysearch.org, menjadikan pencarian informasi semakin mudah. Usai sudah hari-hari dimana mencari di tumpukan mesin pembaca mikrofilm di ruang redup. Banyak catatan penting menjadi digital dalam beberapa tahun terakhir, dan banyak catatan ditambahkan setiap harinya. Kemampuan komputer untuk mencari catatan dengan kecepatan cahaya menjadikan ini jauh lebih mudah. Akta kelahiran dan catatan sensus adalah catatan yang sempurna untuk melakukan pencarian karena berisikan informasi mengenai keluarga dari orang yang ditanyakan, dan tidak saja individu itu sendiri. Misalnya, akta kelahiran seringkali mencantumkan nama orang tua, dengan demikian menyediakan informasi lebih lanjut mengenai generasi leluhur.

    4. Formulir untuk memasukkan informasi baru Anda tersedia daring di new.familysearch.org dan tempat lainnya. Formulir ini dapat dicetak dan diisi dengan tulisan tangan atau Anda dapat memasukkan informasi ke komputer dan mencetaknya. Lebih baik lagi adalah program Pohon Keluarga di new.familysearch.org, yang memiliki fitur yang lengkap dan gratis untuk semua orang. Informasi Anda disimpan aman daring dan mudah dicari, fitur kunci bagi Anda sewaktu data Anda bertambah. Informasi Anda dengan mudah dibagikan dengan anggota keluarga lain yang ingin membantu dalam melakukan pencarian.

    5. Jangan lupakan mengenai generasi masa kini! Libatkan semua anggota keluarga dalam menjaga sejarah Anda saat ini. Ambil banyak foto dan video kegiatan keluarga dan pastikan mengambil foto peristiwa penting seperti kelahiran, baptisan, pernikahan, kelulusan, dan lain-lain. Generasi masa depan akan bersyukur!

  • Advertisement
  • Mempelajari mengenai leluhur Anda akan menambah kekayaan pengalaman keluarga Anda. Menemukan pencapaian mereka akan mengejutkan Anda, dan Anda dapat menemukan bakat yang diturunkan kepada Anda yang tidak Anda ketahui Anda miliki. Sejarah keluarga dapat dilihat sebagai pencarian harta karun yang menyenangkan, namun jika Anda melihat lebih dalam, Anda akan memahami dengan lebih baik siapa Anda sesungguhnya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "5 simple ways to do family history" karya Margot Hovley.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

5 Cara Sederhana untuk Melakukan Sejarah Keluarga

Mencari leluhur kita semakin populer sejak “Roots” disiarkan di televisi pada tahun 1977.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr