7 hal penting yang wajib diketahui orangtua sebelum membersihkan telinga anak

Salah cara membersihkan telinga dapat beresiko fatal bagi anak loh! Perhatikan langkah di bawah untuk penanganan yang tepat.

1,799 views   |   6 shares
  • Ada banyak hal yang perlu kita ketahui sebelum membersihkan telinga anak yang masih bayi. Salah tindakan justru dapat merugikan kesehatan anak. Apalagi jika usia mereka sudah semakin besar dan mulai meniru tindakan orangtua, salah satunya kebiasaan membersihkan telinga. Melakukannya sendiri tanpa pengawasan bisa-bisa berbahaya bagi kesehatan mereka.

  • Ini 7 catatan penting yang harus diketahui orang tua sebelum membersihkan telinga anak:

  • 1. Sebelum membersihkan telinga bayi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara yang tepat dan benar dalam membersihkan. Ketahui alat-alat pembersih dan kapan waktu yang tepat. Kurang informasi dapat berakibatkan salah persepsi yang berujung pada salah penanganan.

  • 2. Jika Anda menemukan serumen atau kotoran telinga yang sulit dibersihkan segera hubungi ddokter dan meminta saran yang dapat mempermudah dikeluarkannya kotoran. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes yang harus Anda teteskan ke dalam telinga anak selama beberapa hari hingga kotoran telinga keluar dengan sendirinya.

  • 3. Jangan menggunakan benda yang tajam ataupun runcing untuk membersihkan. Menggunakan benda tumpul pun tidak boleh sembarangan. Berhati-hatilah saat memasukkan benda asing ke dalam telinga, karena jika mengenai gendang telinga dapat berakibat fatal dan berdampak sangat lama.

  • 4. Pilih kapas yang lembut dan gunakan baby oil untuk melembabkan untuk mempermudah kotoran lepas dari telinga. Lakukan metode ini hanya untuk membersihkan lekukan telinga bagian luar. Untuk telinga bagian dalam, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu. Jika hanya sedikit, maka kotoran tersebut dapat keluar dengan sendirinya. Tetapi jika sudah mulai mengeras, ada baiknya Anda mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

  • 5. Mulailah dengan membersihkan lekukan telingan bagian luar, kemudian perlahan demi perlahan membersihkan bagian dalam. Urutan-urutan dalam membersihkan telinga juga perlu Anda perhatikan.

  • 6. Serumen sebenarnya adalah kelenjar alami yang dihasilkan telinga untuk melindungi lapisan telinga dari benda asing yang dapat membuat luka. Dalam jumlah yang tidak mengganggu, serumen tidak harus dibersihkan kok.

  • 7. Ketika anak makan dan mengunyah, hal ini justru akan membantu kotoran telinga keluar dengan sendirinya. Pergerakan mulut dan rahang bagian belakang akan menggerakan telinga bagian dalam. Hingga akhirnya kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya.

  • Inilah hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum membersihkan telinga anak. Salah membersihkan malah dapat berbahaya bagi anak. Konsultasikan dengan dokter anak ataupun dokter spesialis THT jika ingin membersihkan di bagian dalam lubang, atau sekedar untuk mendapatkan informasi yang tepat. Karena telinga merupakan salah satu pancaindra terpenting bagi manusia.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

7 hal penting yang wajib diketahui orangtua sebelum membersihkan telinga anak

Salah cara membersihkan telinga dapat beresiko fatal bagi anak loh! Perhatikan langkah di bawah untuk penanganan yang tepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr