Kenapa bayi baru lahir harus segera menangis?

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa setiap bayi diharuskan segera menangis sesaat setelah dilahirkan?

5,601 views   |   22 shares
  • Ada banyak penjelasan mengenai hal ini, mulai dari penjelasan berdasarkan medis maupun kepercayaan. Tapi mungkin ini saatnya untuk Anda mengetahui alasannya dengan menggunakan kacamata sains:

  • Menangis setelah dilahirkan adalah fase terpenting untuk bayi bisa bertahan. Selama ini, bayi hidup di dalam Rahim, dimana oksigen ia peroleh melalui tali pusar-yang juga berfungsi membuang karbondioksida dari dalam darah. Ini artinya, bayi Anda tidak menggunakan paru-parunya untuk bernapas. Nah, ketika dilahirkan ke dunia, itulah saatnya ia harus berjuang sendiri untuk bernapas.

  • Setelah terlahir, bayi Anda akan menangis di antara jarak 30 detik sampai satu menit pertama. Menangis adalah tahapan paling esensial untuk ia bertahan. Karena dengan menangislah ia dapat membuang cairan amniotic dan sisa-sisa polusi atau sekresi yang terdapat dalam paru-paru serta hidungnya selama ia masih di dalam perut sang ibu.

  • Tapi, banyak kasus terjadi, bayi tidak segera menangis setelah ia dilahirkan. Biasanya dokter akan segera memberikan stimulasi agar bayi segera menangis. Caranya, dokter memegang kaki bayi dan menggantungnya terbalik dengan kepala berada di bawah kemudian memukul pantat bayi hingga menangis. Tetapi, prosedur ini bagaimanapun tidak lagi sering dipraktikkan karena menimbang faktor risiko bayi terlepas dari tangan dokter dan menyebabkan komplikasi.

  • Pada akhirnya, jika kasus ini terjadi di hari-hari ini, metode di atas kemudian digantikan dengan memijat telapak kaki atau punggung bayi.

  • Perbedaan lingkungan sekitar secara mendadak dari 'ruang' gelap dan nyaman serta hangat menjadi dingin, terang dan asing (di ruang bersalin) juga menjadi salah satu penyebab bayi merasa lelah dan lapar hingga ia menangis.

  • Temperatur di dalam kandungan ibunya tentu lebih hangat-yaitu 37 derajat Celcius. Sementara di dalam ruang bersalin, suhu ruangan bisa mencapai 22 derajat Celcius. Penurunan suhu secara mendadak ini juga menyebabkan bayi Anda yang telanjang dan basah merasakan dingin yang luar biasa dan inilah yang menyebabkan kebanyakan bayi kemudian menarik napas panjang dan akhirnya menangis kencang.

  • Proses ini adalah proses dimana sistem respirasi di dalam paru-parunya menjadi semakin efektif. Biasanya, akan memakan waktu 40 menit hingga bayi benar-benar bisa beradaptasi dengan lingkungan di luar Rahim ibunya.

  • Perbedaan kualitas dari tangisan pertama bayi Anda seperti diampaikan dalam studi ini:

  • Advertisement
    1. Jika bayi Anda menangis dengan sangat keras, itu bisa menjadi penanda bahwa tekanan intra-osseous sangat tinggi di dalam tempurung kepala.

    2. Jika bayi Anda menangis dengan suara serak, bisa jadi ada penyempitan di dalam ototnya.

    3. Jika tangisannya terdengar seperti jeritan kucing, itu adalah tanda bayi Anda mengalami gejala genetik.

    4. Jika suara tangisannya terdengar sangat lemah dan tidak bertambah kuat, itu bisa jadi tanda bahwa bayi Anda mengalami gangguan pada syaraf-nya.

  • Bayi-bayi yang tidak menangis segera setelah dilahirkan biasanya berpotensi mengalami:

  • Sering gelisah, biasanya juga menderita hidung mampet secara berulang-ulang dan mudah merasa kedinginan terutama di tahun pertamanya. Juga ada kemungkinan mengalami infeksi tenggorokan, telinga dan hidungnya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

Kenapa bayi baru lahir harus segera menangis?

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa setiap bayi diharuskan segera menangis sesaat setelah dilahirkan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr