5 bekal mental yang harus dimiliki anak setelah lulus kuliah

Selesai kuliah saja belumlah cukup, persiapkan mental Anda guna berhasil dalam persaingan di bursa kerja.

534 views   |   18 shares
  • Pendidikan melepaskan belenggu kemiskinan dan membuka jendela masa depan. Kesempatan mengenyam bangku kuliah merupakan berkah di masa remaja. Menyelesaikan kuliah saja belumlah cukup. Mental harus dipersiapkan agar berhasil dalam persaingan di bursa kerja maupun menciptakan lapangan kerja sendiri. Inilah 5 mental yang perlu ada dalam diri Anda setelah lulus dari bangku kuliah:

  • 1. Percaya diri

  • Menyelesaikan kuliah adalah sebuah pencapaian dari perjuangan panjang. Di dalamnya terdapat kerja keras dengan malam-malam panjang menyelesaikan tugas, pergaulan yang luas dan banyak kegiatan lain yang memberi Anda bekal di masa depan. Semua ini memberi Anda rasa percaya diri untuk mencari pekerjaan atau menciptakan pekerjaan sendiri.

  • 2. Belajar, belajar dan belajar

  • Lulus kuliah bukan berarti Anda sudah mengetahui semuanya. Tentukan fokus apa yang ingin Anda dalami dari semua yang sudah Anda pelajari di bangku kuliah. Di jaman digital seperti sekarang, informasi tersedia luas di internet tanpa harus ke luar rumah. Membuat kelompok diskusi juga sangat bermanfaat untuk saling tukar menukar informasi.

  • 3. Hilangkan 'urat' malu

  • Segera setelah acara wisuda selesai, Anda melangkah ke dunia nyata yang sangat berbeda dengan dunia kampus. Di dunia baru ini persaingan yang 'ganas' terjadi, hampir mirip hukum rimba. Bila Anda seorang pencari kerja, calon majikan Anda mencari yang terbaik dari yang terbaik dari segi apa pun. Bila Anda tidak bisa menjadi yang terbaik, jadilah berbeda dari orang lain. Untuk menciptakan pekerjaan sendiri, produk Anda haruslah mengungguli apa yang sudah ada di pasaran. Jadi, hilangkan urat malu. Jelajahi 'rimba' masa depan. Lakukan yang ada sambil membangun pengalaman kerja dan reputasi.

  • 4. Semangat, semangat, semangat

  • Persaingan yang sangat ketat bisa membuat Anda tersingkir dalam merebut kesempatan. Tetap semangat dan optimis. Pelajari sebab musabab dari kegagalan Anda, lalu lakukan perbaikan atau buat inovasi. Dalam melamar pekerjaan, perkenalan pertama antara Anda dan calon majikan adalah melalui catatan riwayat hidup yang Anda kirimkan. Setelah kualifikasi Anda dipelajari, hal penting lainnya yang akan dilihat adalah apakah ada gap atau waktu jeda yang kosong dalam riwayat hidup Anda tanpa ada kegiatan. Bila ada, kemungkinan besar lamaran Anda akan tersisihkan. Jadi, pelihara semangat untuk selalu mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan yang bermanfaat dalam hidup Anda.

  • 5. Bertanggung jawab dan menghargai orang lain

  • Advertisement
  • Mental bertanggung jawab memang bukanlah produk instan. Karakter ini dibangun bahkan sejak masa kanak-kanak. Bertanggung jawab memiliki sifat proaktif. Selain melakukan apa yang diperintahkan, ia mencari kesempatan agar dirinya dan lingkungannya menjadi lebih baik. Sebuah nasihat bijak berbunyi, 'Karena yang dipaksa dalam segala hal adalah hamba yang malas dan bukan yang bijak, karenanya dia tidak menerima pahala'.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

5 bekal mental yang harus dimiliki anak setelah lulus kuliah

Selesai kuliah saja belumlah cukup, persiapkan mental Anda guna berhasil dalam persaingan di bursa kerja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr