Manfaat "me time" bagi tubuh dan pikiran

Pernah merasa bosan dengan rutinitas Anda sehari-hari? Itu pertanda bahwa sudah saatnya Anda meluangkan waktu bagi diri Anda sendiri!

1,037 views   |   12 shares
  • Pernah merasa bosan dengan rutinitas Anda sehari-hari? Atau Anda mulai stres menjalani pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah yang tak habis-habisnya? Itu pertanda bahwa sudah saatnya Anda meluangkan waktu bagi diri Anda sendiri untuk menikmati saat-saat menyenangkan dalam upaya menenangkan pikiran dan tubuh Anda dari segala aktivitas yang biasa Anda jalani. Aktivitas ini sering Anda sebut dengan "me time". Saat itu Anda bisa melakukan apa saja yang Anda sukai tanpa harus diganggu, Anda bisa bersantai-santai, bermalas-malasan, beristirahat, dan memanjakan diri sejenak.

  • Banyak orang beranggapan bahwa "me time" hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki kesibukan yang padat atau orang yang tidak punya pekerjaan. Anggapan itu keliru, faktanya semua orang harus menyempatkan diri untuk memiliki "me time". Malahan orang dengan rutinitas padat dan kesibukan tinggilah yang sangat memerlukan "me time".

  • Aktivitas "me time" bukan berarti Anda harus pergi berlibur ke luar kota dan akhirnya Anda harus ambil cuti atau berbelanja sepuasnya demi memenuhi kepuasan pribadi. Banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menyenangkan diri Anda tanpa harus pergi ke tempat-tempat mewah membuang banyak waktu dan uang Anda. "Me time" tidak akan mengorbankan apa pun. Justru aktivitas "me time" memiliki segudang manfaat positif apalagi bagi pikiran dan tubuh Anda yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Berikut manfaat "me time" bagi tubuh dan pikiran :

  • Mengembalikan energi tubuh yang mulai hilang

  • Setiap hari energi Anda terkuras oleh beragam aktivitas Anda. Saat tubuh Anda mengeluarkan sinyal-sinyal "kelelahan", Anda harus berhenti sejenak untuk beristirahat. "Me time" mampu membuat Anda sejenak lepas dari kesibukan Anda dan membantu Anda mengisi energi tubuh sehingga Anda menjadi fresh kembali dan bersemangat melanjutkan aktivitas.

  • Menenangkan pikiran

  • Saat rutinitas yang Anda lalui setiap hari terasa menjadi beban bagi pikiran Anda, itulah saat yang pas untuk Anda segera menenangkan pikiran. Pikiran juga butuh rehat sejenak untuk memikirkan hal-hal menyenangkan selain tugas, beban dan tanggung jawab Anda sehari-hari. Aktivitas "me time" bisa menjadi solusinya. Anda bisa meluangkan waktu untuk mendengarkan lagu-lagu favorit Anda, membaca buku, nonton atau jalan-jalan.

  • Mengumpulkan pikiran positif

  • Pikiran manusia sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif. Tekanan dari dalam dan dari luar serta kehidupan bersosialisasi seringkali menjadi pemicu Anda jauh dari pikiran-pikiran positif. Untuk mencegah hal itu terjadi, luangkanlah waktu untuk beristirahat. Biarkan pikiran Anda istirahat. Saat pikiran Anda jernih maka akan mudah untuk Anda mengumpulkan kembali pikiran-pikiran positif. Dampaknya, mood Anda cenderung positif dan kehidupan sosial Anda terjalin baik.

  • Advertisement
  • Meningkatkan kreativitas

  • Kreativitas Anda mungkin akan muncul saat Anda berada dalam kesendirian. "Me time" adalah waktu yang tepat bagi Anda yang sedang mencari ide atau inovasi baru penunjang pekerjaan Anda. Anda bisa mencari tempat yang nyaman buat Anda untuk sejenak merelaksasikan pikiran Anda, merangsang kreativitas Anda dan membuka pikiran Anda sampai akhirnya Anda menemukan pemikiran-pemikiran yang bermanfaat bagi kehidupan Anda.

  • Mengendalikan kondisi psikologis yang mulai tidak sehat

  • Artinya dengan "me time" kondisi psikologis dan mental Anda menjadi lebih baik. Anda menjadi pribadi yang tidak mudah marah, lebih mudah mengendalikan mood dan emosi Anda. Saat rasa jenuh, lelah apalagi bila dicampur dengan masalah-masalah kehidupan yang datang silih berganti, terkadang membuat Anda menjadi stres sehingga kondisi psikologis Anda juga menjadi terganggu dan tidak stabil. Dampaknya mood Anda juga tidak stabil. Untuk itulah pentingnya punya "me time".

  • Meningkatkan kebugaran tubuh

  • Selain bermanfaat bagi kesehatan pikiran dan mental, "me time" juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Setiap hari tubuh Anda bekerja seiring Anda melakukan berbagai rutinitas pekerjaan Anda. Saat tubuh tidak mampu lagi menyeimbangi tuntutan pekerjaan Anda, maka rasa lelah itu muncul. Ketika rasa lelah itu muncul namun tubuh tetap dipaksakan untuk beraktivitas yang ada kondisi kesehatan Anda menjadi terganggu. Melalui "me time" Anda bisa meningkatkan kebugaran tubuh Anda kembali dan tentunya berdampak baik bagi kesehatan Anda. Anda bisa melakukan yoga, spa, joging, bersepeda atau apa saja yang Anda sukai yang dapat membuat tubuh Anda kembali bugar.

Bantu kami menyebarkan

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Manfaat "me time" bagi tubuh dan pikiran

Pernah merasa bosan dengan rutinitas Anda sehari-hari? Itu pertanda bahwa sudah saatnya Anda meluangkan waktu bagi diri Anda sendiri!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr